9 Alasan Laki-laki Tak Menikahi Gadis Pujaan Hati yang Disayangi

Banjirembun.com - Saling mencintai belum tentu berujung ke jenjang pernikahan. Begitu pula cowok yang jatuh hati pada gadis pujaan cinta pertamanya, tak mesti pasti kelak "mau" menikahinya. Sebaliknya, cewek yang sebetulnya juga cinta terhadapnya bukan serta-merta rela dinikahi begitu saja.


Ada banyak rintangan, tantangan, dan beban berat yang harus ditanggung oleh kedua insan beda gender tersebut. Ingin menggapai kenikmatan bermadu kasih secara halal, terkadang memang tak semudah diharapkan. Ada saja ujian (cobaan) dan musibah yang harus dihadapi, lantas dituntaskan.


Baca juga: 5 Kesalahan Terbesar Cowok di Mata Cewek yang Rela Dinikahi dan Mencintainya


Sayangnya, barangkali lantaran kemustahilan dilakukan pernikahan dengan "normal", membuat rencana nikah gagal total. Serta, bisa juga disebabkan si pria tidak memiliki jiwa pejuang sehingga berakibat menyerah sebelum berusaha sunguh-sungguh. Padahal, sebenarnya peluang menikahinya tetap terbuka.


Akhirnya, lelaki tersebut memilih undur diri pelan-pelan menjauhi perempuan yang telah dicintai mati-matian.


Berikut ini penyebab pria memutuskan tidak menikahi wanita yang dicintai:


1. Minder

Calon mertua yang kaya raya, berwibawa, tokoh disegani, tegas, dan overprotective sangat bikin minder lelaki yang masih minim pengalaman hidup. Jangankan berkunjung ke rumah orang tuanya gadis pujaan hati, bertemu ortunya di tempat umum saja langsung ciut nyali. Diperparah lagi, si cewek tidak memberi pengertian dan "pengarahan".


2. Ceweknya Tidak Mengajak Nikah

Seminder apapun pemuda, kalau ceweknya mampu meyakinkan serta ngebet terus-menerus mengajak nikah pasti cowok bakal percaya diri. Sebaliknya, walau di dalam isi hati cewek itu menyimpan rasa sayang begitu besar, akan sia-sia tatkala cowoknya ragu bakal mampu atau berpikir enggak sanggup membahagiakan gadis yang dicintainya. 


3. Belum Punya Bekal Berumah Tangga

Modal rumah tangga bukan hanya dicukupkan dengan uang dan memiliki pekerjaan. Lebih penting dari itu ialah bekal ilmu pengetahuan tentang agama, konseling pernikahan, hingga kecakapan dalam interaksi sosial kemasyarakatan. Nah, sambil menunggu persiapan tersebut (termasuk menguatkan mental) apesnya ditinggal nikah duluan sama gebetan.

Ilustrasi seorang laki-laki.

4. Berbakti Dulu Pada Orang Tua

Guna bentuk balas budi dan wujud berbakti pada orang tua, tentunya sebagai anak akan berusaha membahagiakan mereka. Salah satunya, mewujudkan keinginan orang tua. Alhasil, laki-laki itu harus menahan dan mengorbankan diri dulu untuk menunda segera nikah. Sebab, masih ingin menuruti kemauan ortu.


5. Belum Menemukan Jati Diri 

Jati diri adalah satu kesatuan dari identitas pribadi (suku, bangsa, budaya, karakter, kepribadian, usia, curriculum vitae, dll), prinsip hidup, minat, bakat, kesungguhan, keberanian, dan cinta kasih. Lelaki yang belum menemukan jati diri berisiko jadi peragu, plinplan, atau tanpa prinsip hidup. Dampaknya, dia tak tahu arah dan tujuan hidup seperti apa yang harus diperjuangkan.


Baca juga: Cara Menemukan Jati Diri


6. Pandangan dan Organisasi Keagamaan Bersebarangan

Meski agamanya sama, ketika nyatanya cara pandang dan komunitas keagamaan yang diikuti masing-masing dua manusia saling mencintai itu beda bukan hal mengherankan bikin gagal nikah. Setidaknya, haluan agama yang bersebarangan itu sudah mampu mengurangi minat untuk serius ke jenjang perkawinan.


7. Takut Cewek Idaman Jadi Istri Posesif

Istri yang tidak memberikan kebebasan suami untuk berkreasi, berkarya, atau beraktualisasi tentu membuat terkekang. Teramat betul bahwa seseorang antara sebelum dengan setelah nikah harus ada bedanya. Namun, saat perbedaan itu justru layaknya menjadikan suami seperti masuk penjara bukanlah sesuatu yang elok. Sedikit-dikit tanya kabar. Bagaikan bertanya pada kurir kapan paket tiba.


8. Gadis Incaran Belum Siap Jadi Ibu

Laki-laki yang siap menikah sangat menyukai wanita dewasa yang keibuan. Harapannya, dia mampu mengurus dan mendidik anak-anak dengan telaten serta tepat. Cewek yang kekanak-kanakan atau enggak mandiri, misalnya sediki-sedikit mudah mengeluh, bakal dijauhi pria matang. Alasannya, mereka suka cewek yang tangguh di waktu duka lara bahagia maupun susah senang.


9. Kondisi Tak Memungkinkan

Umumnya keinginan menikah dengan orang yang dicintai menjadi kandas gara-gara orang tua tidak merestui. Bukan itu saja, ada hal-hal lain yang melekat hingga pada akhirnya memilih tak menikahi seseorang yang disayangi. Contohnya meliputi punya penyakit tertentu, kecanduan alkohol, perokok berat, boros akut, atau aib serta kelemahan lain yang parah.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia