Jangan Galau Ketika Tahu Pendapatan Google Adsense Menurun

Penurunan pendapatan Google Adsense merupakan hal yang wajar. Tak perlu dirisaukan. Itu sudah hukum alam. Ada musim panen ada pula musim menanam. Ada Kenaikan ada penurunan. Suatu saat peristiwa tersebut pasti terjadi. Cepat atau lambat dan signifikan atau tidak.


Ilustrasi pendapatan menurun (sumber gambar)


Ada tiga variabel yang menyebabkan pendapatan Google Adsense mengalami naik turun. Variabel pertama ialah si punya blog atau YouTube (publisher atau creator). Keduanya yaitu manajemen atau kebijakan baru Google Adsense. Serta yang ketiga adalah pihak pengiklan (pemasang iklan) yang memakai jasa Google Adsense.





Tiga penyebab berubahnya pendapatan Google Adsense di atas saling terkait satu sama lain. Misalnya bila performa atau content yang dipostingkan oleh Blogger atay Youtuber memiliki kualitas "super" otomatis pihak Google Adsense juga akan memberi iklan yang berkualitas super juga. Dengan itu pendapatan kalian akan meningkat.


Selanjutnya, bila manajemen Google Adsense mampu memberikan jasa periklanan yang memuaskan para pelanggan (pengiklan) maka mereka akan terus memakai jasa Google Adsense. Di tangan pengiklan inilah kunci utama para pemilik akun Google Adsense memperoleh pendapatan.


Mengetahui kenyataan itu, seharusnya para pemilik akun Google Adsense menyadari bahwa pendapatan mereka tiap harinya itu ditentukan oleh pasar. Serta sudah ditentukan oleh kebijakan manajemen Google Adsense. Baik itu secara otomatis maupun kebijakan manual. Di mana keduanya merupakan faktor eksternal atas naik turunnya pendapatan.


Adapun faktor internalnya tidak lain adalah pemilik akun Google Adsense itu sendiri. Selain membuat konten yang berkualitas para publisher atau creator harus jeli dalam mengatur/mengelola akun Google Adsense. Harus tahu aturan akun Google Adsense yang seperti apa yang cocok bagi blog atau YouTubenya.

 
Para pemilik akun Google Adsense tidak seharusnya putus asa mengetahui pendapatannya menurun. Sebab, penurunan itu tidak akan terus-menerus terjadi. Sekalipun itu kalian tidak mensetting akun Google Adsene suatu saat pendapat kalian bakal naik lagi. Dengan catatan kalian harus konsisten rutin memposting tulisan atau video ke blog atau YouTube.


Yakinlah, pihak manajemen Google Adsense bakal "terenyuh" melihat kejujuran dan komitmen kalian dalam membangun Blog atau Chanel Youtube. Pada titik tertentu mereka bakal memberi ganjaran yang pantas untuk kalian. Apalagi bila bukan memberi iklan yang CPC-nya tinggi serta memposisikan blog atau Chanel kalian di jajaran atas.


Ingat, Google Adsense tahu kalian jujur atau curang. Mereka tahu kalian menyebarkan link 'clickbait" ke media sosial. Mereka tahu kalian mempermainkan pihak Google dengan cara membodohinya. Mereka tahu semua itu. Cepat atau lambat bila melakukan pelanggaran akun Google Adsense kalian bakal kena Banned.


Jangan terpancing untuk berbuat curang ketika pendapatan kalian menurun. Jangan pula "grusa-grusu" menyetel ulang akun Google Adsense. Padahal setelan lama sudah bagus dan cocok dengan keadaan Blog atau Chanel kalian. Setelah kalian rubah maka konsekuensinya settingan Google Adsense kalian kembali ke awal lagi. Sedang untuk mengembalikan seperti semula butuh waktu lagi.


Langkah bijak saat mengalami penurunan pendapatan adalah melakukan wait and see. Yakni, menunggu dan melihat dulu keadaan sambil intropeksi hal ceroboh atau kesalahan apa yang pernah dilakukan. Bila penurunan itu berlarut-larut dan dalam jangka cukup lama maka langkah berikutnya ialah mengatur akun Google Adsense. Untuk caranya bisa kalian temukan di Google.



Bila yakin penyebabnya bukan karena kesalahan pengelolaan akun Google Adsense maka langkah selanjutnya ialah berhenti melakukan promo link tautan chanel atau blog. Fokuslah berkarya dengan membuat content. Masalah siapa yang nonton dan berapa jumlahnya serahkan semuanya pada Google. Yakinlah, Google tidak akan mengkhianati perjuangan para mitranya.


Bisa jadi promo link atau chanel yang kalian lakukan secara besar-besar itu dideteksi sebagai spam. Otomatis orang yang mengklik tautan kalian tersebut akan dianggap sebagai robot. Di mana pengunjung yang dianggap robot ini dapat menurunkan performa blog atau chanel. Akibatnya Google Adsense akan ogah-ogahan memberi iklan yang berkualitas.


Demikian tulisan ini dibuat. Mohon maaf atas segala kekurangan. Semoga bermanfaat.


Komentar

  1. Barusan saya baca artikelnya "Jangan helai ketika adsense turun" mantap sangat. Sangat membantu.
    Mampir juga ke blog daily saya di lm-ind.blogspot.com yaa
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Gan sudah mampir. Baik kami akan kunjungi

      Hapus
  2. hai kak rifqi amin.. saya sedikit menambahkan pendapatan google adsense turun ada sebab paling dominannya yaitu iklan sering blank, maksud blank disini bukan karena kena ban3d tp memang iklan sering tidak muncul atau kosong, trik biar iklan tidak blank bisa baca di website saya www.kirimartikel.com kunjungi balik yah....

    BalasHapus

Posting Komentar

Untuk sementara kolom komentar kami matikan dulu. Demi kenyamanan dan keamanan privasi pengunjung Banjir Embun. Silakan kunjungi website Banjirembun.com lagi di lain waktu untuk mendapat up date KONTEN KHUSUS terbaru kami.

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Hutangmu Menunjukkan Seberapa Besar Harga Dirimu

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece

Ngeri! Indonesia Punya DENHARIN, Pasukan Elit dari Terelit yang Ditakuti Dunia

Pernah Dengar Istilah "Kotak Pandora"? Inilah Kisah di Baliknya

Visi dan Misi dalam Bekerja