Inilah Sejumlah Manfaat Kenapa Kalian Harus Tahu Bentuk Peta Indonesia



Lucu, ketika ada orang yang mengaku pancasilais dan nasionalis tapi tak tahu bagaimana bentuk kepulauan Indonesia. Bilapun tahu bentuknya, tapi mayoritas tak paham maksud peta itu. Alih-alih tahu lokasi NTB dan Maluku utara.


Malah untuk menggambar kepulauan Indonesia mereka tak bisa. Serta tidak tahu Indonesia berbatasan dengan negara, laut, dan kepulauan apa saja. Tentunya juga tidak tahu posisi kepulauan Indonesia di bumi ini terletkan sebelah mana.



Pembaruan Peta NKRI (sumber gambar)

Nah, dari pernyataan di atas pasti timbul pertanyaan. "Seberapa perlukah penduduk Indonesia harus tahu bentuk kepulauan Indonesia?" Pertanyaan lanjutan "Setelah tahu bentuk Kepulauan Indonesia apa kegunaannya?" Lalu "Apa kaitannya tahu peta Indonesia dengan aksi BELA NEGARA?"


Jawabannya pertanyaan di atas yaitu itu sangat diperlukan untuk penduduk Indonesia. Mereka wajib tahu bagaimana bentuk kepulauan Indonesia. Banyak manfaat yang diperoleh bila seluruh penduduk negara Indonesia tahu "rupa" wajah Indonesia.


Beberapa manfaat yang diperoleh adalah supaya penduduk Indonesia tidak mengalami kemunduran terhadap wawasan berkebangsaan. Dengan memahami peta pulau-pulau di Indonesia penduduk Indonesia akan tahu bagaimana kondisi geografis suatu daerah. 


Dengan itu mereka akan tahu ke mana mereka harus pergi. Serta dengan cara apa mereka harus pergi. Tentunya juga bisa memperkirakan berapa jarak tempuh antara satu daerah dengan daerah lain. Bagaimana kondisi alamnya, dan seterusnya. 


Dengan mengetahui hal-hal di atas penduduk Indonesia tidak akan "menutup" diri. Hanya tahu dan berkutat di daerah sekitar tempat tinggalnya. Merasa tempat tinggalnya yang paling baik, paling indah, dan paling nyaman untuk di tinggali. 


Padahal di pulau lain terdapat keindahan dan kenyamanan yang luar biasa untuk disinggahi meski sebentar saja. Kalau hal tersebut terjadi, komunikasi antar penduduk Indonesia bisa terjalin secara masif (besar-besaran). Harapannya kebersatuan justru makin kuat.




Manfaat lain mengapa penduduk Indonesia harus tahu bentuk peta negara Indonesia ialah bisa untuk antisipasi saat perang terjadi. Amit-amit, semoga perang di negara Indonesia tercinta ini tak pernah terjadi lagi. Sebab "Barangsa menguasi medan maka ia memenangi separuh perang".


Seperti pada zaman penjajahan dulu. Taktik perang gerilya terbukti ampuh membuat agresi Belanda pasca kemerdekaan jadi kewalahan. Hal tersebut lantaran para pejuang benar-benar menguasai medan. Mana tempat aman untuk sembunyi dan mana tempat strategis untuk serangan.


Meski sudah terbebas dari penjajahan terkutuk, tak ada salahnya rakyat Indonesia tetap menjaga kewaspadaan. Sebab berjaga-jaga dan antisipasi tetap diperlukan sampai kapan pun. Salah satunya ialah menyiapkan diri untuk terlibat dalam membela negara Indonesia.


Tentu, terlibat perang bukan hanya sekadar ikut perang. Namun harus berbekal wawasan kepulauan Indonesia. Bila hanya membantu seadanya tanpa persiapan matang, maka itu bunuh diri namanya. Bakal mati konyol dengan mudah di tangan musuh.


Pembela negara tahu di mana pulau yang sedang dikuasai musuh dan di mana pulau yang masih dikuasai negara. Dengan begitu, mereka tahu harus bagaimana dan ke mana ketika situasi perang diprediksi akan memanas. Mereka menjadi "tuan rumah" yang menguasai medan pertempuran.


Selanjutnya, manfaat yang didapat ketika penduduk Indonesia tahu bentuk kepulauan negara ialah mereka akan sadar betapa uniknya Indonesia. Sebuah negara kepulauan terbesar di Dunia. Di mana, jarak terpisahnya pulau satu dengan yang lain cukup lebar. 


Meski terpisah-pisah secara fisik, ternyata penduduknya bisa disatukan dalam satu bahasa dan negara kesatuan. Fenomena tersebut merupakan satu-satunya yang ada di dunia. Sebab negara kepulauan lainnya umumnya kecil dan jumlah pulaunya sedikit.


Setelah membaca artikel ini diharapkan kalian bisa lebih perhatian lagi pada peta Indonesia. Sebab, itu bisa menjadi salah satu indikator seseorang cinta atau tidak terhadap Indonesia. Jangan sampai "menyesal" di kemudian hari bila suatu saat "bentuk peta" Indonesia ini diklaim oleh negara lain. 


Kalau itu terjadi kalian pasti akan menjadi "buruh" di negara sendiri. Di mana negara lain ironisnya lebih tahu harus diapakan Indonesia setelah tahu kondisi geografisnya. Mari menjadi tuan di negeri sendiri diawali dengan tahu petah Indonesia.


Demikian tulisan ini dibuat. Mohon maaf atas segala kekurangan. Semoga bermanfaat.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Kumpulan Group WhatsApp Berbagai Komunitas Koleksi *Banjir Embun*

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)