Membangun Usaha Google Adsense dengan Persaingan Sehat

Persaingan di Dunia Peradsensenan adalah Keniscayaan
Dalam usaha apapun itu ketika akan melakukan pengembangan yang namanya kendala pasti ditemui. Begitu pula dalam dunia peradsensenan. Kendala tersebut dapat ditemui baik dari sisi internal seperti rasa malas karena motivasi yang rendah. Hal seperti itu menjadi sifat buruk yang umum dimiliki oleh pemain Google Adsense.


 
Ilustrasi kreatif dalam menghadapi persaingan (sumber gambar)


Bisa juga disebabkan karena faktor eksternal misalnya terjadinya persaingan yang tak sehat. Bahkan tak jarang para pendatang baru Google Adsense menjadi korban penipuan oknum nakal yang "menyamar" menjadi master atau suhu. Itu semua menjadi kendala tersendiri bagi pemain Google Adsense dalam mengembangkan bisnis peradsensenannya.







Dalam dunia usaha apapun itu yang namanya persaingan merupakan hal wajar. Namanya juga usaha pasti ingin mengusahakan sesuatu agar membawa keberuntungan bagi pengusahanya. Begitu pula dalam dunia "usaha" Google Adsense. Para publisher/creator berusaha sekreatif mungkin dalam memproduksi content hingga dalam mengatur akun blog atau YouTube.


Dengan makin menjamurnya "pengusaha" Google Adsense makin banyak pula content bertebaran di internet yang ditawarkan kepada pengguna internet. Baik itu berupa tulisan atau video yang informatif, menghibur, berfaedah, dan inspiratif. Dampaknya, persaingan usaha sesama pemain Google Adsense makin ketat. Perjuangan untuk meraih hati pengguna internet mampir ke blog atau Youtube makin berat.


Fenomena persaingan ketat seperti di atas seharusnya patut disyukuri. Sebab dalam posisi demikian maka pengguna internetlah yang diuntungkan. Mereka jadi lebih dimanjakan untuk memelih dan memilih "menu" yang tingkat variasinya sangat tinggi. Pengguna internet benar-benar menjadi raja. Mereka dengan mudahnya bisa pindah dari satu website/chanel ke website/chanel yang lainnya.


Dalam kondisi seperti di atas, para pemain Google Adsense dipaksa untuk berjuang keras. Mereka harus mampu membuat content yang bisa diserap oleh pasar. Tentu harus menggunakan cara jujur (tanpa curang). Agar itu tercapai maka pemain Google Adsense harus melakukan inovasi dan pengembangan. Selain itu suasana persaingan sehat harus dijaga dengan cara berlomba-lomba dalam menghasilkan karya monumental.


Sayangnya, untuk mensiasati keadaan yang sedemikian pelik kadang ada oknum yang berbuat curang. Misalnya melakukan clickbait, melakukan pelanggaran hak cipta, dan yang semacamnya. Akibatnya kompetisi antar sesama pemain Google Adsense menjadi tidak sehat. Hukum rimba berlaku. Siapa yang kuat dia yang menang. Sedang yang kalah hanya menjadi tumbal kesuksesan bagi pemenangnya.


Dengan merebaknya tindak kecurangan itu maka kondisi pasar Google Adsense menjadi tidak baik. Para pelaku kecurangan itu bisa saja memonopoli pasar (pengguna internet) sehingga pengunjung situs/chanelnya menjadi banyak. Bagaimana tidak banyak pengguna internet telah kena tipu oleh oknum itu. Inilah yang pada akhirnya akan merusak iklim pasar dunia internet. Pasar tidak lagi stabil.


Seharusnya sesama pemain Google Adsense tidak ada lagi kemunafikan di antara kita. Biarlah calon master dan suhu di bidang peradsensenan tumbuh mekar dengan alami. Jangan dipangkas karena takut tersaingi. Bila pun kelak mereka tumbuh kekar kuat menjulang ke atas pasti secara tidak langsung kita juga akan terkena dampak positifnya. Sebab kededapannya nanti jumlah pengguna internet akan semakin lebih banyak. Di situ kita pasti juga akan ikut kecipratan berkahnya.


Tips Membangun Persaingan Sehat
Dalam bermain Google Adsense tetaplah fokus pada tujuan atau motivasi awal kalian dalam bermain Google Adsense. Jangan tergoda untuk mengekor pada pemain yang lainnya. Kalian harus fokus pada target pasar (pengguna internet) yang sudah ditetapkan. Sebab target pasar itu yang akan menentukan bagaimana strategi kalian dalam melakukan promosi laman/chanel maupun dalam mengembangkan content.






Perlu juga diperhatikan, persaingan sehat bukan hanya dilihat dari cara seperti apa yang digunakan untuk menjadi lebih unggul. Lebih dari itu harus juga dari segi inovasi. Sebab dengan inovasi maka content yang dihasilkan oleh pemain Google Adsense akan unik. Content yang unik itu akan mampu bersaing di pasar internet. Tidak hanya unik saja tentunya tapi juga harus berkualitas.


Untuk mencegah clickbait dan pelanggaran hak cipta maka lakukan modifikasi yang positif terhadap content. Gali dan temukan lagi hal-hal yang dapat kalian kembangkan. Jangan terpaku pada satu sudut pandang. Fokuslah pada suatu tema atau topik kontent secara konsisten. Inovasi content bisa dilakukan dari segi judul, gaya penulisan (bahasa), dan topik yang menjadi ciri khas website/chanel kalian.


Sebenarnya banyak peluang yang dapat dioptimalkan ketika ingin mengembangkan content. Semakin kalian inovatif dan kreatif maka peluang berkembangnya usaha Google Adsense kalian juga makin berkembang. Jangan sekalipun merasa puas ketika sudah menghasilkan content yang bagus. Sebab suatu saat content itu pada akhirnya juga akan ditinggalkan oleh pengguna internet. Oleh sebab itu teruslah beronavasi lagi, lagi, dan lagi.


Demikian tulisan ini dibuat. Mohon maat atas segala kekurangan. Semoga bermanfaat.


Komentar