Ada yang Menyetir Mobil Sambil Main HP? Ini yang Harus Dilakukan

Kalian pasti pernah menemui laju mobil yang seenaknya sendiri. Misalnya jalannya terlalu pelan padahal ruang di depannya kosong. Kadang juga jalannya sleat-sleot alias tidak lurus seperti orang mabuk. Bisa pula mobil yang tidak begitu responsif saat lampu lalu lintas sudah berwarna hijau. Perilaku mobil semacam itu sungguh menyebalkan bukan? Terlebih lagi saat kalian lagi sedang buru-buru.


 
Ilustrasi kecelakaan gara-gara menyetir sambil main HP (sumber gambar)


Seringkali mobil yang memiliki pergerakan seperti di atas disebabkan karena pengemudi atau sopirnya sedang tidak konsentrasi. Salah satunya disebabkan karena sedang mengaktifkan hand phone. Sedang asyik-asyikan main HP di tengah ruwetnya jalur lalu lintas. Sungguh tidak punya empati. Bahkan pantas disebut sebagai orang yang tak punya pikiran waras.








Untuk membuat kapok sopir atau pengemudi mobil yang menggunakan hand phone saat berkendara maka perlu "ditindak". Salah satunya memberinya shock terapi agar perbuatan itu tidak dilakukan lagi. Lebih lengkapnya berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan pengguna jalan ketika menemui sopir mobil menggunakan hp saat berkendara:


1. Beri tanda atau kode peringatan

Sopir yang sedang asyik main hp harus diperingatkan. Mulai dari peringatan ringan hingga peringatan keras. Salah satu peringatan yang bisa diberikan ialah mengklakson dan menyorot spion mobil dengan lampu dim. Tanda peringatan itu digunakan supaya sopir kembali lagi berkonsentrasi dengan penuh untuk mengendalikan mobilnya.


2. Lalukan komunikasi verbal

Bila kalian menggunakan sepeda motor lebih baik langsung memepet ke sisi kanan mobil tepat di sebelah sopir duduk manis. Kemudian menegur mereka secara halus dan sopan. Sangat dianjurkan sambil menggunakan kamera hidup yang terpasang di helm. Hasil rekaman kamera itu sekaligus bisa menjadi bukti bahwa teguran yang kalian lakukan itu sudah benar. Beritahu bahwa apa yang sopir lakukan itu salah.


3. Lakukan komunikasi non verbal

Bila main hp yang dilakukan oleh sopir sudah keterlaluan sehingga menyebabkan laju mobil menganggu maka dahului dia selagi ada kesempatan. Lalu pelankan kendaraan. Bila kalian menggunakan sepeda motor lalukan hal itu sambil menggeber-geber gas. Bisa juga memepet mobil diberangi dengan memeloti sopir. Dengan itu sopir yang bener-benar waras bakalan kembali lagi fokus menyetir mobil.


4. Hentikan mobilnya

Bila kalian sedang bersama teman atau sedang membawa kamera yang terpasang di helm maka lakukanlah tips terakhir ini. Pun bila yang dilakukan oleh sopir itu sungguh keterlaluan sehingga di luar nalar orang normal. Hentikan mobil dengan cara memberi kode untuk mengajak berhenti. Lalu ajaklah pengemudi itu dialog. Buat pengemudi itu tersudut hingga benar-benar ia akan merasa menyesal telah bermain hand phone sambil menyetir.


Demikian tulisan ini dibuat. Mohon maaf atas segala kekurangan. Semoga bermanfaat bagi kita semua.






Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece

Pernah Dengar Istilah "Kotak Pandora"? Inilah Kisah di Baliknya

Cara Memecah Sertifikat Tanah Hasil Hibah, Turun Waris, dan Bertujuan untuk Bisnis Tanah Kaveling Perorangan

3 Kerugian Investasi di Perumahan Raksasa Berkonsep Kawasan Kota Mandiri

Visi dan Misi dalam Bekerja