Arti SHP dalam Serial Anime One Piece



Bagi kalian penyuka Anime One Piece yang masih tergolong baru, pasti belum tahu apa itu arti istilah SHP, SBS, maupun DF? Singkatan itu bisa kalian dapati di YouTube maupun grup sosial media yang sering melakukan pembahasan khusus tentang One Piece.



Arti SHP itu apa?
 
Kalian sering mendengar ungakapan "kru SHP", "anggota SHP", atau "penggemar SHP". Lalu apa sih SHP itu? SHP merupakan singkatan dari bahasa Inggris. Yakni, Straw Hat Pirate. Artinya kurang lebih adalah "Bajak Laut Topi Jerami". Yups, siapa lagi kalau bukan kelompoknya Luffy, dkk.


Secara rinci, straw hat artinya topi jerami. Sedang pirate berarti bajak laut. Di mana secara runtut bergabung anggotanya terdiri dari 1. Monkey D Luffy, 2. Roronoa Zoro, 3. Sanji, 4. Nami, 5. Usopp, 5. Tony Tony Chopper, 7. Nico Robin, 8. Franky, 9. Brook, dan 10. Jinbei.

 
Arti SBS itu apa?

Lalu, kalau begitu apa arti SBS? Kan ada tuh yang menyebutkan "kolom SBS". SBS adalah singkatan dari bahasa jepang yaitu 質問 を 募集 する. Kurang lebih begini cara bacanya "Shitsumon o Boshū Suru". Di mana artinya kurang lebih "Silakan ajukan pertanyaan".

 
SBS merupakan kolom atau rubrik tanya-jawab antara pencipta One Piece yaitu Eiichiro Oda dengan penggemarnya di seluruh sudut dunia. Pertanyaan dikemukakan tentunya yang terkait langsung dengan seluk beluk One Piece. Bukan pertanyaan yang menyinggung kehidupan pribadi Oda.


(sumber gambar)


Pertanyaan atau usulan bisa diajukan dalam hal apapun. Baik yang terkait dengan masalah serius di One Piece maupun remeh temeh. Misalnya terkait berapa tanggal lahir salah satu tokoh One Piece, apa makanan kesukaannya, berapa jam tidurnya, apa warna favoritnya, dan lain-lain.  

Bisa dikatakan SBS merupakan sarana berbagi informasi dari Oda kepada penggemarnya. Sekaligus untuk membangun kedekatan. Tidak hanya kedekatan serius atau kaku tapi juga secara santai. Di mana, seringkali dalam SBS banyak sekali hal-hal yang berbau humor atau lucu.



Apa itu DF?

DF merupakan akronim (kependekan) dari istilah bahasa Inggris yaitu Devil Fruit. Artinya kurang lebih buah iblis atau buah setan. Di mana DF merupakan salah satu bentuk kekuatan unik yang dimiliki oleh beberapa tokoh One Piece. Konon kabarnya, kekuatan DF berasal dari reinkarnasi iblis lautan.



 
Sampai sekarang Buah Iblis masih menjadi hal misterius untuk didalami. Masih sangat minim sekali informasi yang didapat dari Oda terkait DF ini. Salah satu hal yang dapat diketahui secara umum bahwa kelemahan buah iblis ialah air laut dan batu laut. Otomais penggunanya tak dapat berengang di lautan.

 
Selain itu bila pengguna buah Iblis telah mati ternyata kekuatannya akan keluar dari mayat pengguna sebelumnya lalu pindah ke buah terdekat. Beberapa hal yang dapat diketahui terkait buah Iblis lainnya adalah bahwa DF dibagi ke dalam 3 tipe. Lebih lengkapnya sebagai berikut:


1. Devil fruit atau buah iblis tipe logia

Buah iblis tipe logia (bukan logika) merupakan buah iblis yang penggunanya bisa "menyatu" dengan kekuatan alam. Seluruh tubuh termasuk benda yang melekat padanya bisa berubah menjadi salah satu unsur dalam alam. Misalnya seperti air, api, udara, tanah, dan lain-lain. 


2. Devil fruit atau buah iblis tipe zoan

Zoan merupakan tipe buah iblis yang mampu merubah penggunanya menjadi bentuk hewan tertentu serta memiliki kemampuan layaknya hewan tersebut. Di mana secara rinci DF tipe Zoan dapat diklasifikasikan menjadi 1. Zoan Biasa, 2. Ancient Zoan, 3. Myth Zoan, dan 4. Awakened Zoan.

 
3. Devil fruit atau buah iblis tipe paramecia


Buah iblis jenis ini merupakan DF yang merubah penggunanya menjadi manusia super. DF ini paling banyak variannya serta punya kekuatan yang unik. Misalnya bisa merubah fungsi, struktur, atau bentuk tubuh menjadi kekuatan super. Selain itu bisa juga memanipulasi tubuhnya untuk menghasilkan sesuatu. Baik yang bersifat logis maupun tak masuk akal.






Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Hutangmu Menunjukkan Seberapa Besar Harga Dirimu

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Ngeri! Indonesia Punya DENHARIN, Pasukan Elit dari Terelit yang Ditakuti Dunia

Pernah Dengar Istilah "Kotak Pandora"? Inilah Kisah di Baliknya

Visi dan Misi dalam Bekerja