Beberapa Kelebihan Transportasi Kereta Api


Salah satu sarana transportasi yang digemari penduduk Indonesia adalah Kereta Api. Banyak hal yang menjadi alasan kenapa jenis transportasi darat iini menjadi pilihan utama. Khususnya saat sedang melakukan perjalanan jarak jauh. Nah, untuk meyakinkan kembali pada kalian betapa unggulnya transportasi ini yuk kita simak apa saja kelebihan-kelebihan Kereta Api itu.



Perlu kami tekankan bahwa perbadingan kelebihan transportasi Kereta Api ini mayoritasnya dengan sesama transportasi darat lainnya. Misalnya seperti bus, mobil pribadi, mobil travel, truck, sepeda motor, dan lain-lainnya. Serta perlu digarasbawahi bahwa jarak tempuh perjalanan yang dilakukan juga merupakan jarak jauh (lebih dari 250 Km). Dengan penekanan seperti itu bisa dikatakan Kereta Api lebih banyak memiliki keunggulan dari pada kekurangannya.


1. Efisien

Untuk kelas ekonomi harga tiket dijamin lebih murah dari pada biaya menggunakan transportasi lain. Sedang untuk kelas eksekutif harganya cukup bersaing dengan yang lainnya. Selain itu tiket bisa dibeli secara online melalui aplikasi KAI Acces atau bisa juga lewat mini market. Dengan begitu calon penumpang tak perlu repot-repot ke stasiun untuk beli tiket atau hanya sekedar melihat jadwal.


Ilustrasi stasiun kereta (sumber gambar)



Bila kalian membawa koper dan bersama rombongan lebih baik menggunakan transportasi ini. Sebab koper bisa diletakkan di atas atau di bawah tempat duduk kalian kalian, sehingga lebih berasa amannya. Soalnya barang milik pribadi letaknya tidak lepas dari pantauan kalian. Colokan untuk me-charger (mengisi daya) bateri gawai milik kalian juga tersedia. Tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.


2. Efektif

Saat menggunakan kereta api kalian tidak perlu khawatir lagi berapa lama lagi akan sampai tujuan. Tidak perlu khawatir terjebak macet, banjir, atau faktor lainnya yang menyebabkan perjalanan makin molor waktunya. Pun, tidak usah risau rebutan tempat duduk dengan penumpang lainnya. Sebab saat memesan tiket secara online itu kalian bisa memilih tempat duduk sesuai selera. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tujuan pun lebih cepat dari jenis transportasi darat lainnya.


Suasana pemandangan lewat jendela yang disuguhkan Kereta Api tentu berbeda dengan bentuk transportasi lain. Kalian tidak akan merasa bosan karena tidak akan monoton memandangi jalan raya atau kendaraan lainnya. Berbagai jenis pemandangan hijau meneduhkan hati terutama saat musim hujan akan memanjakan mata kalian. Juga tak perlu khawatir pengemudinya akan ugal-ugalan dalam berkendara. Perlu juga kalian ketahui bahwa angka kecelakaan Kereta Api tergolong cukup rendah.

 

3. Fasilitas dan layanan

Banyak pilihan "kelas" yang diberikan oleh PT. KAI. Mulai dari kelas ekonomi, eksekutif, bisnis, hingga kelas mewah "sleeper" (ada ranjang tidurnya). Tentu fasilitas dan layanan yang diberikan juga beda. Ada harga ada rupa. Perlu diketahui bahwa sekarang ini tidak peduli mau kelas bisnis, eksekutif, maupun ekonomi tidak ada lagi penjualan tiket yang tanpa tempat duduk. Dengan begitu rasa nyaman dan aman makin terjamin.


Kini toilet di dalam kereta, lebih-lebih di stasiunnya tidak lagi sejorok jaman dulu kala. Petugas kebersihan secara rutin akan membersihkan toiletnya. Pun demikian dengan ruang tunggu, gerbong kereta, maupun area di stasiun kereta juga terjaga kebersihannya. Tidak ada lagi pedagang asongan, pengamen, maupun orang tanpa kepentingan untuk naik kereta api lainnya berlalu lalang di dalam stasiun dan Kereta Api kelas ekonomi sekalipun.


Semua gerbong kereta termasuk kelas ekonomi dilengkapi dengan pendingin udara (AC maupun kipas angin). Dengan begitu hawa sumpek atau gerah tidak akan dirasakan. Terutama saat terik matahari membara di tengah hari. Serta di setiap gerbong diberi kontak hubung kondektur yang bisa dihubungi setia saat ketika ada hal-hal penting yang perlu ditanyakan. Tidak hanya itu, baik di stasiun maupun di dalam rangkaian gerbong terdapat satuan polisi khusus kereta api.



Demikian tulisan ini dibuat. Mohon maaf atas segala kekurangan. Semoga bermanfaat.

Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Hutangmu Menunjukkan Seberapa Besar Harga Dirimu

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece

Ngeri! Indonesia Punya DENHARIN, Pasukan Elit dari Terelit yang Ditakuti Dunia

Pernah Dengar Istilah "Kotak Pandora"? Inilah Kisah di Baliknya

Visi dan Misi dalam Bekerja