Cara Menonaktifkan, Menghapus, dan Mengaktifkan Kembali Akun Facebook

Memilih untuk menonaktifkan ataupun menghapus akun Facebook kadang merupakan cara terbaik. Ada beberapa alasan. Misalnya karena aktivitas di Facebook telah mengganggu pekerjaan, kuliah, bahkan hingga mengalami gangguan psikologis.



Seharusnya Facebook berguna untuk hiburan, sumber informasi positif, bersua online secara asyik dengan teman lama, dan saling berbagi bahagia. Kenyataannya berbeda. Justru bikin kesel. Bagaimana tidak, interaksi yang terjalin di dalamnya sudah tidak lagi sehat.


Facebook memang platform aplikasi media sosial yang paling dinamis dan banyak penggunanya. Namun, tentu tidak semua orang menyukainya. Adakalanya orang memiliki akun Facebook hanya untuk mengimbangi zaman dan coba-coba sebagai obat rasa penasaran.


Berhubung masih banyak alternatif jejaring sosial yang dianggap lebih menarik dan menjanjikan maka tak jarang sebagian memutuskan bermigrasi. Sebelum itu tentu agar bisa "move on" dari Facebook perlu menonaktifkan atau bahkan menutup permanen akunnya.


Antara menonaktifkan dengan mengapus akun Facebook adalah dua hal berbeda. Dengan hanya menonaktifkan, di lain waktu hingga kapanpun pengguna masih bisa mengakses kembali akunnya. Semuanya akan seperti sedia kala.
Ilustrasi penghapusan akun Facebook (sumber gambar)

Adapun menghapus akun Facebook berarti pemilik akun tidak dapat mengaktifkan lagi apapun caranya. Baik menghapus maupun menonaktifkan, riwayat berkirim pesan yang sudah dilakukan tetap akan bisa dilihat atau diakses lawan obrolan di pesan.


Lalu bagaimana cara menutup sementara dan menutup permanen akun Facebook? Berikut langkah-langkahnya.


A. Menonfaktifkan Akun Facebook

1. Login ke akun Facebook yang ingin dinonfaktifkan. Untuk mempermudah jangkauan baca/penglihatan lebih baik gunakan komputer atau laptop.


2. Klik tombol navigasi Facebook berbentuk segitiga terbalik seperti gambar di bawah. Letaknya di pojok kanan atas.
3. Pilih Setting (dalam bahasa inggris) atau Pengaturan (mode Bahasa Indonesia). Setelah muncul gambar di bawah ini pilih menu "Informasi Facebook Anda".



4. Pilih sub menu "Penonaktifan dan Penghapusan". Dengan cara menekan tombol "Lihat" di samping ujung kanan. Lalu akan muncul halaman deactivate dan delete akun seperti di bawah ini.



5. Pilih "Nonaktifkan Akun". Kemudian tekan tombol "Lanjutkan ke Penonaktifan Akun". 


6. Masukkan kata sandi (password) akun Facebook yang ingin dinonaktifkan.


7. Kemukakan beberapa alasan spesifik dengan cara memilih "tombol" pilihan alasan. Lantas ketik alasan lebih lanjut pada kolom yang disediakan. 


Catatan: Berdasar pengalaman pribadi alasan diketik dengan kalimat pendek juga tak apa-apa.


8. Setelah semua pilihan diisi sesuai harapan tekan tombol "Tutup". Dilanjutkan dengan menekan tombol "Nonaktifkan sekarang".


9. Selamat akun telah berhasil dinonaktifkan ditandai dengan tampilan gambar berikut.




B. Menghapus Akun Facebook

Sebelum memutuskan untuk menghapus atau menutup permanen akun facebook lebih baik dipikirkan matang-matang dulu. Sekadar saran, jauh lebih bijak bila menonaktifkan akun saja. Daripada nanti menyesal tatkala sudah hidup sukses tidak bisa berbagai bahagia di FB.


Terkecuali memang bila akun Facebook tersebut merupakan akun "sampah". Sempat digunakan untuk membuly, berkata kotor, spam, dan perilaku negatif lainnya. Daripada "membebani" server Facebook memang lebih baik dihapus saja. Berikut ini caranya.


1. Ikuti langkah nomor 1 hingga nomor 4 tentang cara menonaktifkan akun Facebook di atas.


2. Pilih "Hapus Akun Selamanya". Disusul dengan menekan tombol "Lanjutkan ke Penghapusan Akun".


3. Muncul halaman delete account Facebook yang memuat kesempatan untuk menghunduh informasi/data di dalam akun. Meliputi foto, video, postingan, komentar, suka serta tanggapan, dan lain-lain. Bila ingin mengunduhnya tekan tombol "Unduh info".
4. Tekan tombol "Hapus Akun" seperti nampak pada gambar di atas.


5. Masukkan kata sandi akun Facebook yang ingin ditutup secara permanen.


6. Muncul halaman peringatan sebagai konfirmasi bahwa akun Facebook memang benar-benar ingin dihapus.



7.  Tekan tombol "Hapus Akun" seperti gambar di atas. 


8. Akun Facebook tidak benar-benar langsung dihapus secara permanen. Pihak Facebook masih memberi kesempatan maksimal 30 hari secara penghapusan akun untuk bisa diaktifkan lagi. Caranya cukup login kembali pada akun Facebook yang telah dihapus.



Sejak 30 hari pasca akun ditutup permanen pihak Facebook menghapus permanen data di dalam akun. Dengan itu pemilik akun tidak dapat mengambil lagi informasi atau data yang ada di dalamnya.


Sayangnya, penghapusan semua hal terkait apa yang ada di dalam akun yang sudah dihapus masih tersimpan rapi di server, komputasi cloud, atau penyimpanan cadangan milik Facebook. 


Artinya, kelak pihak Facebook masih bisa membuka data tersebut untuk kepentingan hukum atau masalah sosial lain. Namun demikian, dengan dalih apapun kalian tidak bisa menuntuk Facebook untuk mengaktifkan akun lagi.


C. Mengaktifkan Kembali Akun Facebook

Membuka lagi akun Facebook yang telah ditutup sementara caranya mudah. Pemilik akun dapat kembali mengaktifkan akun kapanpun tanpa kesulitan. Caranya hanya dengan login atau masuk lagi ke akun yang telah dinonaktifkan. 


Pengguna yang telah menonaktifkan akun Facebook tak boleh melupakan nomor ponsel, email, dan password untuk aktivasi ulang. Tanpa perlu langkah atau cara lain pemilik langsung bisa mengakses kembali akunnya.


Komentar

Posting Komentar

Untuk sementara kolom komentar kami matikan dulu. Demi kenyamanan dan keamanan privasi pengunjung Banjir Embun. Silakan kunjungi website Banjirembun.com lagi di lain waktu untuk mendapat up date KONTEN KHUSUS terbaru kami.

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece

Pernah Dengar Istilah "Kotak Pandora"? Inilah Kisah di Baliknya

Cara Memecah Sertifikat Tanah Hasil Hibah, Turun Waris, dan Bertujuan untuk Bisnis Tanah Kaveling Perorangan

Visi dan Misi dalam Bekerja