5 Kelebihan Mailing List Dibandingkan Media Diskusi Elektronik Lain


Milis yang merupakan akronim dari mailing list adalah sejumlah alamat surat elektronik yang tergabung dalam sebuah grup yang memiliki tujuan tertentu. Di dalam grup setiap anggota bisa berdiskusi, mengobrol, hingga berbagi jenis file seperti dokumen, foto, audio, dan video.



Dalam milis seringkali terdapat tanya jawab. Sebelum ada pertanyaan biasanya akan didahului oleh salah satu anggota grup yang mengirim surat berisi topik tertentu. Lalu ada anggota lain yang menanggapinya, bertanya, atau bahkan mengirim surat lain dengan topik sama untuk perbandingan.



Tatkala hendak bergabung pada milis topik tertentu caranya mudah. Pemohon tinggal mengirim surat khusus alamat email milis ke pemilik atau moderatornya. Misalnya alamat email milis ini banjir_embun@yahoogroups.com. Bisa juga langsung tekan tombol "+ Join Group" pada tautan ini:



Sebelum adanya smartphone dengan berbagai fasilitasnya seperti sekarang, keberadaan milis sangat diandalkan. Yakni, sebagai media pembangunan komunitas berbagai bidang. Mulai dari pelajar atau mahasiswa Indonesia di luar negeri hingga para pejabat.


Sayangnya pada zaman dulu banyak penyedia atau pemilik server mailing list yang berbayar. Namun, berangsur-angsur hingga masa kini banyak penyedia milis bebas akses. Beberapa di antaranya seperti di Google Group dan Yahoo Group. Bahasan tentang itu akan kami ulas di lain waktu.

Ilustrasi kiriman surat di milis (sumber gambar)


Memilih milis sebagai media diskusi kelompok secara maya terdapat banyak kelebihan. Setidaknya ada 5 keuntungan memilih mailing list sebagai media diskusi. Di antaranya sebagai berikut:


1. Hemat memori internal

Seperti halnya mengirim email, menggunakan milis juga tidak akan berpengaruh pada ukuran daya simpan ponsel. Terkecuali bila kalian mendownload file yang cukup besar dipengiriman pesan. Itupun kalian bisa menghapus file hasil download. Lantas di lain waktu mengunduh lagi di milis.


2. Data yang dikirim dan diterima bersifat permanen

Apapun yang dikirim ke milis baik berupa teks, foto, dokumen, video, dll bisa tersimpan permanen. Tanpa perlu khawatir dihapus server. Hal itu berbeda dengan aplikasi media sosial yang apabila memori ponsel sudah penuh seringkali "reset" otomatis sehingga beberapa data hilang.


3. Menampung ribuan anggota grup

Mailing list mampu menghimpun ribuan anggota bahkan lebih dari itu. Seperti halnya grup di media sosial ada beberapa milis yang bersifat terbuka dan tertutup. Tak pelak untuk berlangganan/ikut/bergabung di grup kadang ada seleksi ketat dari moderator.


4. Terkesan resmi

Milis lebih menimbulkan kesan formal dan dapat dipertanggungjawabkan. Lebih-lebih lagi bila email milis yang digunakan merupakan email resmi milik lembaga. Baik itu lembaga organisasi besar, pendidikan, hingga pemerintahan. Apalagi alamat email milis itu tidak dapat diubah-ubah.




5. Menghemat kuota internet

Apabila kalian memiliki puluhan grup milis maka itu tak akan berpengaruh pada peningkatan penggunaan data/paket internet. Berbeda dengan aplikasi medsos zaman sekarang. Semakin banyak anggota grup aktif yang diikuti maka biaya penggunaan akses internet semakin boros.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Hutangmu Menunjukkan Seberapa Besar Harga Dirimu

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece

Ngeri! Indonesia Punya DENHARIN, Pasukan Elit dari Terelit yang Ditakuti Dunia

Pernah Dengar Istilah "Kotak Pandora"? Inilah Kisah di Baliknya

Visi dan Misi dalam Bekerja