Arti dan Fungsi Tanda @ Pada Alamat Email


Surat elektronik atau electronic mail (disingkat e-mail) adalah media pengiriman surat menggunakan alamat pengirim maupun penerima khusus dalam format elektronik melalui koneksi internet. Email dalam bahasa Indonesia juga disebut surel yang merupakan singkatan dari surat elektronik.



Pada setiap alamat pengirim maupun penerima terdapat tanda @. Simbol @ yang berada ditengah-tengah alamat email itu dibaca atau diucapkan "et". Pengucapan tersebut berasal dari istilah "at" dalam bahasa inggris. Artinya di, pada, dengan, atas, kepada, untuk, atau yang semacamnya.


Penggunaan tanda @ sebelum digunakan dalam alamat email memiliki sejarah panjang. Banyak pendapat mengenai asal-usul pertama kali tanda tersebut digunakan. Baik untuk kepentingan dagang hingga urusan agama. Salah satunya meyakini bahwa "@" sudah dikenali sejak abad 14. 


Baru pada tahun 1971 yaitu dua tahun setelah jaringan komputer mulai dikenali manusia, seorang programmer bernama Ray Tomlinson menggunakan simbol "et". Ia membuat program komputer berjuluk SNDSMG. Itu merupakan singkatan dari Send Message. Artinya pengiriman pesan.


Program SNDSMG memungkinkan seseorang bisa saling kirim pesan dari komputer satu ke komputer lain. Lalu ia memutuskan menggunakan tanda @ untuk diujicobakan dengan mengirim pesan pada dirinya sendiri. Alasannya sederhana karena pada saat itu di keyboard hanya ada simbol itu untuk digunakan.


Alasan lainnya, ia memilih tanda @ sebagai alamat email karena dianggap mudah diingat. Huruf "a" yang tergambar pada simbol itu sangat terkait dan dianggap menjadi singkatan dari address. Artinya alamat. Di mana, alamat sangat penting dalam pengiriman surat menyurat.


Berhubung pada saat itu belum ada jaringan internet yang secanggih pasca tahun 1990, maka koneksi yang digunakan masih manual. Yakni, dengan cara menggunakan jaringan komputer. Menghubungkan komputer satu dengan komputer lain menggunakan kabel.


Penggunaan simbol @ dalam alamat email dipandang perlu. Salah satu peran pentingnya adalah untuk memberi "kekhususan" pada alamat email. Dengan itu alamat email mudah dibedakan dengan nama orang maupun nama atau istilah lainnya yang tidak mungkin menyelipkan "at".

Ilustrasi tanda "at" pada email


Dengan adanya tanda "et" pada alamat email pengguna jaringan komputer akan tahu bahwa itu adalah alamat email. Itu juga agar mereka tidak kebingungan atau kesulitan menghafal maupun mencari alamat email di buku hingga catatan di komputer. Lagipula gambar @ sangat unik sehingga mudah dikenali.


Contohnya saja seperti alamat email Banjir Embun yaitu banjirembun@banjirembun.com. Cara mengucapkan banjirembun(et)banjirembun(dot)com. Alamat email tersebut bisa untuk membedakan mana alamat situs atau url serta mana alamat email. Hanya dengan diberi tanda @ sebuah kata bisa bermakna beda.


Fungsi lain tanda @ pada email adalah untuk memisahkan nickname atau nama pengguna dengan domain pemilik/pengelola server email. Perlu diketahui bahwa satu huruf saja sebuah alamat email salah maka email tidak dapat dikirim. Sangat kecil kemungkinan terjadi salah kirim alamat.



Komentar

Baca juga postingan berikut:

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Kumpulan Group WhatsApp Berbagai Komunitas Koleksi *Banjir Embun*

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)