Sejarah, Latar Belakang, dan Kelemahan Wikipedia


Wikipedia merupakan situs populer yang sering nangkring di halaman pertama mesin pencarian Google. Bahkan kerap berada di urutan paling atas alias nomor satu. Bisa dikatakan ia merupakan situs sejuta umat.


Wikipedia adalah proyek ensiklopedia multibahasa berbasis web milik Wikimedia Foundation yang kontennya ditulis dan diedit oleh pengguna Wikipeda maupun akun anonim. Yayasan Wikimedia berkantor di Amerika Serikat.


Kata Wikipedia berasal dari gabungan dua kata yaitu wiki dan encyclopedia. Berbeda dengan ensiklopedia cetak, untuk Wikipedia bersifat luwes. Setiap orang dapat memulai, mengubah, atau memberi ide tambahan pada konten.


Sejarah Wikipedia

Wikipedia didirikan oleh dua orang. Yakni, Jimmy Wales dan Larry Sanger.  Mereka berdua telah mendirikan Nupedia sebagai cikal bakal Wikipedia. Sebuah ensiklopedia berbasis website yang ditulis oleh para ahli. 


Lantas Larry Sanger mengajukan ide untuk membuat ensiklopedia berbasis Wiki di milis Nupedia pada tanggal 10 Januari 2001. Perlu diketahui arti Wiki adalah sebuah situs web yang memperbolehkan penggunanya untuk ikut aktif mengedit dan menghapus konten situs tersebut.


Awalnya Wikipedia dibuat untuk melengkapi Nupedia. Ternyata sejak didirikan pada 15 Januari 2001 Wikipedia berkembang pesat melampaui Nupedia. Saking pesatnya pada 21 Januari 2003 Wikipedia setidaknya memiliki 100 ribu buah artikel.


Mulanya alamat situs atau URL wikipedia bukanlah Wikipedia.org seperti sekarang ini. Kata "org" pada alamat itu mengacu pada organisasi/yayasan. Dulu pertama kali dirilis situs yang awalnya hanya berbahasa inggris itu berdomain Wikipedia.com.


Tahukah kalian apa judul artikel pertama Wikipedia dalam bahasa Indonesia? Pada tanggal 30 Mei 2003 judul konten Wikipedia dalam bahasa Indonesia adalah "elektron". Ditulis oleh seorang pengguna bernama Paramita. Sejak saat itu sudah lebih dari 10 kali artikel itu direvisi oleh berbagai pihak.

Elektron, judul artikel pertama Wikipedia berbahasa Indonesia


Latar Belakang Wikipedia

Latar belakang dibuatnya situs wikipedia yaitu memberikan ilmu pengetahuan pada segenap manusia. Yups, yang namanya ensiklopedia pasti mampu memberi jawaban atas segala pertanyaan. Mulai dari definisi hingga gambar/foto.


Mengacu pada kenyataan bahwa ilmu pengetahuan bersifat terbuka pada website Wikipedia juga demikian. Pembuat kontennya tidak dimonopoli oleh "orang dalam". Siapapun yang berhasil mendaftar dapat menulis dan mengedit. Oleh sebab itu, tak heran bila jargon Wikipedia adalah "Ensiklopedia Bebas".


Tidak ada tulisan yang pernah selesai di Wikipedia. Sebab pengguna atau pemilik akun dapat merubah artikel disesuaikan dengan perkembangan zaman. Namun pihak Wikipedia mengklaim bahwa sistemnya mampu memperbaiki kualitas konten secara otomatis.


Terkecuali khusus untuk halaman yang "terlindungi", hanya pengelola Wikipedia yang dapat menyuntingnya. Dengan keterlibatan dan kolaborasi banyak orang situs Wikipedia diharapkan bisa terbangun dengan baik. Fanatisme dan rasisme tidak bisa bertahan lama di Wikipedia.


Kelemahan Wikipedia 

Wikipedia yang memiliki lebih dari 150 juta artikel dalam berbagai macam bahasa (lebih dari 200 bahasa dunia) bukanlah situs tanpa cela. Justru saking banyaknya akun pengguna yang terdaftar (lebih dari 1 juta akun) membuatnya jadi rentan.


Di antara berbagai kelemahan yang ditemui di web wikipedia sebagai berikut:


1. Rujukan atau sumber referensi yang ditunjukkan dalam setiap artikel harus memiliki tautan/link (pranala). Jadi tulisan cetak tidak boleh dijadikan sumber rujukan. Sangat jarang ditemui daftar literalur yang tanpa tautan.


2. Penulis atau pengedit konten dianjurkan untuk menyisipkan link (pranala) di dalam kalimat atau setidaknya paragraf. Siapapun yang memiliki akun dapat "menanam" tautan malware yang membahayakan bagi pengunjung.


3. Terjadinya pengeditan (penambahan atau pengurangan) dan penghapusan seluruh konten yang bertujuan menurunkan kualitas Wikipedia. Hal tersebut tentu sangat tidak mengenakkan bagi pembaca.


4. Wikipedia seringkali hanya digunakan pembaca untuk tujuan praktis. Sebab isi bacaannya memang "singkat" sehingga kadang walau bisa menjawab masalah pokok tapi untuk hal spesifik masih kurang.



Demikianlah tulisan bertajuk banjir embun wikipedia ini ditulis. Sebelum kami akhiri tulisan ini, agar lebih imajenatif berikut ini kami sertakan videonya:



Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece

Pernah Dengar Istilah "Kotak Pandora"? Inilah Kisah di Baliknya

Cara Memecah Sertifikat Tanah Hasil Hibah, Turun Waris, dan Bertujuan untuk Bisnis Tanah Kaveling Perorangan

Visi dan Misi dalam Bekerja