Dua Cara Memasang Video dari YouTube ke Blogspot



Banyak alasan para blogger lebih memilih menempelkan video di YouTube ke blog dari pada diupload secara manual. Salah satunya karena video yang ingin ditampilkan ke Blogspot ternyata berukuran besar. Selain itu waktu yang dibutuhkan untuk memosting cukup lama.



Padahal platform blogging seperti Blogspot sendiri hanya membatasi ukuran video maksimal 100 Mb. Lebih dari itu dijamin bakal gagal dipubliskasikan. Nah, sebagai alternatif di sana telah tersedia menu "Add a video from YouTobe". Baik itu video dari channel pemilik blog maupun orang lain.


Keberadaan video di blog sekarang ini sangat penting. Sebab zaman "miskin" kuota internet telah berakhir. Wi-Fi sudah terpasang di mana-mana. Harga dan bonus kuota internet perusahaan telekomunikasi terjangkau. Akibatnya banyak pengguna internet yang tidak ragu memutar video online.


Dengan menyematkan video YouTube di blog juga meningkatkan peluang pengunjung blog makin besar. Mereka tidak akan merasa bosan karena hanya disuguhi tulisan. Ada video sebagai variasi dan daya tarik. Tentu itu akan menimbulkan kesan tersendiri bagi para pengguna.

Ilustrasi video Youtube (sumber gambar)

\
Lalu bagaimana cara menempelkan video YouTube ke blogger? Ada dua cara yang dapat dilakukan. Berikut selengkapnya.


Cara Memasukkan Video YouTube Melalui Menu "Add a Video"


1. Buat postingan atau entri artikel baru. Pilih mode Compose (bukan mode HTML). Ketik judul postingan. Lalu klik icon gambar "Insert a Video" seperti nampak di gambar bawah ini.



2. Setelah nampak pada gambar di bawah maka silakan pilih cara "tambah" video. Menu "From YouTube" berarti dari channel milik orang lain. Kalian hanya perlu mensearch judul video yang ingin dipasang. Sayangnya, berdasarkan pengalaman seringkali judul video dari channel yang diinginkan tidak ketemu. Adapun "My YoTube videos" artinya video dari channel pribadi kalian. Caranya hanya tinggal pilih video mana yang ingin disematkan.



3. Sebagai contoh kami ingin menemukan video-video koleksi dari channel Ayana Jihye Moon. Kami menengetik kata kunci "Ayana Jihye Moon". Namun pilihan video yang muncul mayoritas bukan dari channel yang diinginkan. Lebih lengkapnya silakan lihat gambar di bawah.

[Video hasil searching]


Untuk menyiasati agar video yang diinginkan bisa ketemu secara tepat kalian bisa langsung mencopy (salin) link/url video YouTube lalu dipastekan seperti nampak gambar di bawah.


Sayangnya ukuran "kotak" video tidak begitu lebar atau besar sebagaimana jika menggunakan cara kedua yang akan kami jelaskan. Berikut ini video yang telah kami masukkan ke postingan blog dengan menggunakan langkah di atas.






4. Setelah video yang diinginkan sudah berhasil diinsertkan ke postingkan blog, langkah terakhir adalah tekan tombol "Publikasikan".


Cara Memasukkan Video YouTube ke blog melalui embed kode THML

1. Buka video di YouTube yang diinginkan melalui tampilan desktop/laptop/komputer. Lalu pada menu di bawah video klik tombol "BAGIKAN". 



2. Tekan "Sematkan" seperti pada gambar di bawah.


3. Tekan tombol "SALIN" tanpa perlu copy-paste (salin tempel) secara manual. Sebab itu langsung otomatis menyalin kode html yang akan di tanam ke blog.




4. Paste (tempel) kode yang telah disalin ke postingan blog. Caranya buka menu "HTML" di samping kanan menu "Compose" lalu pastekan kode tersebut ditempat yang diinginkan. Contoh hasilnya seperti video di bawah.





Di atas adalah video Ayana bersama adik kandungnya. Keduanya merupakan warga asli Korea Selatan. Mereka memutuskan berhijrah di jalan Allah menjadi mualaf.


Kalian harus memblok video yang kodenya telah berhasil ditanam pada halama "HTML" lalu pilih tombol/menu "Aligment" lalu pilih "Align Center". Itu agar tampilan video kalian berada di tengah persis.




Bagi blogger pemula cara memasang video seperti di atas memang agak rumit. Terutama bila menggunakan kode HTLM untuk embed. Namun, bila kalian serius dan ingin berkomitmen blogging kalian akan mencari cara bagaimana menyisipkan kode HTML yang benar di halaman "HTML".



Komentar

Baca juga postingan berikut:

Visi dan Misi dalam Bekerja

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)