5 Manfaat Besar Mentraktir Makan Teman

Salah satu cara pamer secara elegan tentang "kelebihan" uang yaitu mentraktir teman. Selain mendapat sejumlah manfaat yang diterima baik yang nampak maupun tak nampak, si pentraktir juga mendapat kepuasan tersendiri.

Banjirembun.com

Buat apa menunjukkan keunggulan harta benda tapi cuma menimbulkan rasa iri dan sakit hati terhadap orang lain. Lebih baik tunjukkan kekayaan tersebut secara santun. Misalnya dengan banyak memberi dan mengajak makan bersama.

Kendati demikian, dalam kacamata agama Islam tindakan apapun itu seyogyanya senantiasa disandarkan hanya pada Allah. Segala amal baik yang diperbuat diniatkan guna mencari ridha-Nya. Bukan untuk urusan duniawi yang semu.

Ilustrasi mentraktir makan teman (sumber gambar)


Secara spesifik inilah 5 manfaat besar mentraktir makan teman.


1. Bernilai Sedekah

Sedekah tidak hanya untuk orang teraniaya atau yang membutuhkan bantuan. Perbuatan baik itu bisa dilakukan pada siapapun dan apapun. Sebut saja seperti orang kaya, non Muslim, hewan, alam lingkungan, dan lain-lain.


Baca: Kisah Nyata: Sedekah Satu Tetes Air Gula, Bisa Berangkatkan Si Mbok Umroh


Bersedekah juga tidak harus berupa menghibahkan materi. Memberi bantuan, memasang muka senyum dan ramah, hingga mengajarkan ilmu juga bagian dari hal tersebut. Sangkut paut tentang sedekat sangat luas dan fleksibel.


2. Menjaga Silaturahim

Mempererat hubungan pada kerabat dan teman merupakan perbuatan mulia. Agama melarang penganutnya melakukan putus silaturahim. Nah, salah satu cara untuk menjaga kekerabatan salah satu cara yang ditempuh yaitu mentraktir.

Makan-makan bersama di tempat yang memadai dapat membangun kembali dan mencairkan suasana kaku. Menu kuliner merupakan salah satu media ampuh mempersatukan bangsa. Pesta atau hiburan bakal hampa tanpa ada hidangan.


3. Didoakan Manusia dan Malaikat

Mengajak teman makan bersama lantas membayarinya dapat mempermudah terkabulnya doa. Bahkan, dibonusi doa-doa terbaik lain yang dilontarkan para penerima. Serta doa dari para malaikat yang mengawasi semua gerak-gerik manusia.


Ditambah lagi tatkala disertai pula mengasih makanan yang dibingkis untuk keluarga mereka. Tentu keluarga yang menerima hadiah itu juga bakal itu mendoakan kebaikan bagi pemberi. Makin berlipat-lipat potensi memperoleh doa.


4. Menjadi Amal Jariyah

Amal jariyah adalah perbuatan manusia yang terus mengalir pahalanya atau kemanfaatannya meskipun yang melakukan telah meninggal dunia. Mentraktir makan teman juga dapat menjadi bagian dari amal jariyah yang tak boleh diremehkan.


Baca: Ternyata Tak Selamanya Amal Jariyah itu Terus Mengalir Pahalanya, Berikut ini 3 Penyebabnya


Jika kalian mentraktir makan orang yang rajin menjalankan ibadah maka kalian juga mendapat bagian pahala. Makanan yang dicerna manusia tak semuanya keluar dalam bentuk pipis, kotoran, serta keringat. Sebagian ada yang jadi daging.


5. Penghapus Dosa-dosa

Setiap manusia pasti pernah melakukan dosa. Sekecil apapun itu. Namun, Allah SWT sudah memperingatkan supaya makhluk-Nya mengiringi setiap perbuatan dosa itu dengan perbuatan baik. Termasuk salah satunya banyak beristighfar.


Salah satu cara menghapus dosa-dosa kecil ialah mentraktir teman. Hal yang perlu ditegaskan bahwa tidak semua dosa dapat dihapus dengan mudah. Terutama dosa besar. Untuk dosa-dosa tertentu ada cara lain dalam menghilangkannya.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Kumpulan Group WhatsApp Berbagai Komunitas Koleksi *Banjir Embun*

Contoh Visi dan Misi Pribadi