Bukan Paus Biru Maupun Gajah Afrika, Jamur ini Jadi Makhluk Hidup Terbesar Dunia

Memang benar paus biru merupakan binatang terbesar dan terberat di planet bumi. Ukuran usia dewasa paling tidak punya panjang 25-30 meter. Dengan berat antara 50 -180 ribu kilogram. Mereka berhabitat di belahan bumi sebelah utara.


Begitu pula dengan gajah semak afrika dinobatkan sebagai binatang darat paling besar serta terberat. Hewan tersebut menghuni sabana. Memiliki tinggi badan setidaknya 3 meter. Dengan bobot hingga mencapai 8.150 Kg atau 8,15 ton.

Sayangnya dua makhluk hidup di atas hanya memecahkan rekor untuk kategori fauna. Sedangkan dalam lingkup luas seluruh makhluk hidup, mereka masih kalah telak dengan jamur madu. Penghuni asli kawasan benua amerika utara.

Disebut jamur madu karena warnanya mirip madu (sumber gambar)


Berat jamur madu dapat mencapai 605 ton. Adapun luasnya tak kurang dari 9 kilometer persegi. Jamur yang bernama latin armillaria ostoyae tersebut ternyata juga menjadi hama. Musuh utama bagi para petani. Bakal jadi mimpi buruk.


Jamur madu yang berukuran jumbo dapat membahayakan dan membunuh tanaman lain. Hal itu wajar sebab jamur-jamuran bukanlah jenis tumbuhan. Sebab ia tidak punya klorofil untuk produksi makanannya sendiri.


Menurut catatan beberapa sumber jamur madu yang memiliki rekor paling besar berada di Blue Mountains, Oregon, Amerika Serikat. Ukurannya mencapai 1.665 kali lapangan bola. Itu sama dengan 965 hektar. Sungguh mencengangkan.

Ukuran jamur begitu masif disebabkan karena bagian serupa dengan akar dan benang-benang menjulur di bawah tanah. Melakukan pergerakan aktif mengekspansi ke seluruh penjuru. Rambatan maut untuk juga menjajah ladang petani.


Bukan cuma wilayah pertanian. Jamur yang dapat berusia hingga ribuan tahun itu tak luput dari tuduhan kasus kematian masal pohon di Hutan nasional wilayah Origon, Amerika Serikat. Diprediksi jamur di sana umurnya sudah 2.400 tahun.

Jamur yang "menduduki" pohon (sumber gambar)


Itu juga menjadi data menakjubkan bahwa ternyata jamur madu di daerah Origon merupakan makhluk hidup paling tua di bumi. Rahasia panjang umurnya ialah mampu tidur di bawah tanah saat musim-musim tertentu.


Ketika musim gugur dan hujan jamur madu memunculkan diri pada permukaan tanah. Selain itu, ia bakal hidup pasif di dalam tanah. Dari ukuran jamur yang paling besar mampu terpendam hingga kedalaman 3 meter.

Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Tanya Jawab Tentang Filsafat Pendidikan Islam dan Upaya Pembaruan Pendidikan Islam

Visi dan Misi dalam Bekerja

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece