Suka Menulis? Ini 8 Pekerjaan yang Cocok untuk Ditekuni

Menulis memang bukan pekerjaan yang gampang. Akan tetapi bagi sebagian yang lain walau sulit menguasai berhubung ada keseriusan, terus belajar, dan menyukai hal tersebut akhirnya bisa juga. Sumber penghasilan keluarga hanya dari menulis.


Jenis pekerjaan apapun itu, senyampang disukai serta membuat bahagia yakinlah kelak bakal jadi ahlinya. Orang yang suka menulis, lantas rutin belajar menulis jangan heran nanti hidup keluarga ditopang dari karya tulisan yang dibuat.


Profesi apapun itu ketika digeluti dengan tekun akan membuahkan. Tentu harus diselingi dengan kemampuan lain. Misalnya mampu melakukan strategi personal branding dengan baik. Serta taktik lain yang tak boleh disepelekan.

Bagi kalian yang cuma mampu dan suka menulis jangan berkecil hati. Sebab, ada beberapa banyak pilihan pekerjaan yang dapat ditekuni. Setidaknya ada 8 bidang kerja bagi kalian yang suka menulis. Secara rinci sebagai berikut.


1. Blogger

Jangan remehkan pendapatan seorang penulis blog (blogger). Satu blog saja, kalau ditekuni dan senantiasa aktif menulis tiap hari hingga artikelnya ribuan judul memiliki potensi komisi besar dari pengiklan. Kurang lebih antara 3-6 juta perbulan.


2. Penerjemah Teks

Memang penerjemah harus ahli bahasa asing. Namun, tidak semua ahli bahasa asing mampu menerjemahkan teks bahasa asing yang dikuasai. Untuk menulis dengan cara alih bahasa masih diperlukan kemampuan menulis yang baik.


3. Jurnalisme Koran Online

Jurnalis merupakan salah satu pekerjaan dalam bidang tulis-menulis yang paling tua. Pada zaman dulu, penulis memang sangat jarang sekali. Bukan karena pekerjaannya tidak menghasilkan. Melainkan karena faktor teknis dan non teknis.


4. Penulis Cerita

Buku yang bisa dikerjakan oleh siapapun ialah buku kumpulan cerita pendek (cerpen) dan novel. Tak perlu gelar, kepakaran, dan kuliah. Berbeda dengan buku kedokteran yang kalian dituntut menjadi ahli di bidang kesehatan.

5. Bidang Relasi Media

Pegawai bidang relasi atau hubungan media (media relations) bertugas melakukan kerja sama antara perusahaan tempat bekerja dengan media massa yang bertujuan untuk membangun citra. Tentu ia mesti jago merangkai kata-kata.


Zaman dulu relasi media dilakukan bekerja sama dengan surat kabar. Caranya membuat tulisan atau ulasan positif tentang organisasinya. Tentu tujuan akhirnya ialah sebagai upaya membentuk reputasi unggul tentang perusahaannya.


6. Penulis skenario/naskah

Menulis skenario bukan perkara mudah. Malah lebih sulit dari menulis cerita pendek maupun novel. Penulis naskah dituntut jago menyusun dialog yang bagus ketika diucapkan di dalam sandiwara, film, sinetron, teater, atau semacamnya.

(sumber gambar)


7. Penulis Bayangan

Penulis bayangan atau penulis siluman (ghostwriter) adalah orang yang jago menulis yang hak terbit dan hak cipta karya tulisnya diberikan pada pihak lain dengan ganti berupa imbalan tertentu. Jadi, ia menulis tapi tak diakui sebagai penciptanya.


8. Copywriter

Copywriter adalah pekerjaan yang fokus pada bidang menulis teks promosi, materi publikasi, dan artikel informatif terkait sesuatu bahasan yang diinginkan klien. Berbeda dengan media relations, copywriter seringkali dituliskan pada blog/website, brosur, dan reklame milik perusahaan sendiri.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Kumpulan Group WhatsApp Berbagai Komunitas Koleksi *Banjir Embun*

Contoh Visi dan Misi Pribadi