Sebelum Beli GoPro 9, Baca Dulu 7 Kelebihan dan Kelemahannya Agar Fungsinya Maksimal

Ada yang bilang bahwa GoPro 9 tidak memiliki perbedaan jauh dari seri sebelumnya yaitu GoPro 8. Pernyataan tersebut sungguh sembrono. Jangan mudah percaya provokasi. Sebab di Indonesia sendiri GoPro 9 belum banyak yang punya.

www.banjirembun.com

Apalagi mereka belum tahu sendiri bagaimana pengalaman yang beda antara GoPro 9 dengan generasi-generasi sebelumnya. Sejauh ini para pengguna kamera itu yang masih sedikit jumlahnya masih terus mengevaluasi kinerjanya.

Bagi yang belum pernah menggunakan merk GoPro sama sekali, bila disuruh memilih antara GoPro 8 dengan 9 maka lebih baik pilih mana? Kalau ada anggaran cukup lebih baik langsung beli Go Pro 9. Tak perlu ragu. Dari pada tanggung.


Kelebihan GoPro 9

Barangkali suatu kelebihan barang pada segi tertentu dapat menjadi kelemahan bagi sebagian pihak. Ada alasan tertentu yang kasuistik dan bersifat personal. Akan tetapi secara umum GoPro 9 memiliki kelebihan sebagai berikut:


1. Layar Monitor

Kapasitas baterai yang lebih besar dari semu jenis GoPro dapat mendukung menghidupkan dua layar. Satu berada di depan ukurannya lebih kecil berfungsi untuk mendukung saat selfi. Sedang layar belakang berteknologi layar sentuh dan zoom.


Tidak perlu khawatir, layar depan saat mode merekam dapat dimatikan. Dengan begitu siapapun yang dalam keadaan direkam tidak tahu pasti kondisi kamera masih hidup atau mati. Selain itu tentu mencegah pemborosan baterai.


2. Resolusi

Rekaman video kamera GoPro 9 beresolusi tajam hingga 5 ribu. Setiap detik rekaman dapat menampung 30 frame sekaligus. Kualitas fotografinya pun cukup memuaskan yaitu 20 MP. Adapun sensornya mencapai 23,6 MP.


Stabilisasi video HyperSmooth berlevel generasi 3.0 (sebelumnya cuma 2.0). Menjadikan guncangan parah saat lari tidak akan menghasilkan rekaman goyang-goyang. Disertai peningkatan HDR+SuperPhoto.


3. Fleksibilitas

Cover lensa GoPro 9 dapat dicopot. Jadi semisal terjadi pengembunan (rabun) pada kaca tak perlu ke tukang service. Di bagian bawah kamera juga sudah ada sabung pemasang (mounting buckle). Tanpa perlu dipasang casing lagi.


GoPro 9 dapat disambungkan ke aplikasi resmi GoPro. Pengaturan, pengambilan gambar, atau semacamnya dapat dikendalikan dari ponsel. Tak cuma itu ia juga disertai GPS, Wifi, Bluetooth, sampai reduksi suara angin.


4. Daya Tahan

Kapasitas baterai GoPro 9 mencapai 1720 mAh. Ia mampu bertahan pada terpaan air hujan bahkan terhadap kedalaman air sekalipun. Pabrik mengklaim daya tahan airnya maksimal menembus 10 meter (33 kaki). Casing Waterproof sudah tiada guna.

5. Penjadwalan Nyala dan Mati Otomatis

Fitur GoPro 9 memungkinkan pengguna dapat menjadwal tanggal dan jam perekaman. Pada waktu yang telah diatur tersebut kamera aksi tersebut mampu menyala secara otomatis. Tentu seketika mulai juga melakukan perekaman.


Baca: 5 Cara Merawat Action Camera untuk Traveling Agar Tahan Lama


Pengaturan durasi nyala action camera dan melakukan perekaman juga dapat ditentukan dari awal. Hal yang mencengangkan yaitu kamera Gopro 9 sudah mulai merekam video selama 30 detik setelah dinyalakan. Meski pengguna belum menekam tombol "rekam".


Kelemahan GoPro 9

Sebagai produk inovasi baru dari versi terdahulu dan terjadi beberapa perubahan ekstrim, boleh di bilang ini merupakan produk "uji coba". 


1. Suku Cadang Masih Susah Dicari

Ukuran baterai GoPro 9 memiliki dimensi lebih besar. Apabila ingin mengganti atau punya baterai ganda mesti beli yang khusus untuk GoPro 9. Hal tersebut supaya saat dipasang bisa pas dengan lubang baterai di kamera.

Box GoPro Hero 9 (sumber foto dari pribadi)


GoPro Hero 9 mempunyai body yang bentuk dan ukurannya berbeda dari pendahulunya. Dampaknya, ketika dibawa ke tukang service dan butuh ganti suku cadang bakal sulit didapat. Kalaupun ada harganya masih selangit.


2. Kegunaan Resolusi 5K Dipertanyakan

Mode slowmotion di GoPro 9 (gerakan lambat) cuma dapat dipakai pada pengaturan resolusi 4K. Dengan durasi 1 detik video mampu menyimpan hingga 60 frame. Artinya saat ingin menggunakan 5K, hilangkan harapan pakai mode slow-mo.


Selain itu keberadaan resolusi 5K belum begitu penting dan diperlukan dalam waktu sekarang. Lebih dari itu nyatanya perangkat maupun media streaming jumlahnya masih sedikit yang mendukung di atas 4K. 


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Tanya Jawab Tentang Filsafat Pendidikan Islam dan Upaya Pembaruan Pendidikan Islam

Visi dan Misi dalam Bekerja

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece