Jangan Fokus pada Capaian Uang di Awal Bangun Bisnis, Kuatkan Dulu 3 Pondasi Utama ini

Kesalahan utama pebisnis pemula yaitu terlalu menggebu dapat untung atau malah ingin kembali modal secepat mungkin. Padahal fokus pada capaian uang di awal bisnis justru membebani mental. Lebih baik kuatkan dulu pondasi.

www.banjirembun.com

Modal harta besar bukanlah satu-satunya pondasi dari bisnis. Bahkan, tak perlu angka fantastis. Terpenting masih ada "pegangan" untuk back up sudah cukup mendirikan sebuah bisnis. Sebab yang namanya bisnis itu tak harus skala besar.

Sebelum memulai dan mengembangkan bisnis, lebih baik bangun dulu 3 pondasi berikut supaya pijakan jadi kuat.


1. Kredibilitas

Integritas diri sangat penting. Pastikan orang lain percaya tanpa ragu tentang kebaikan, kejujuran, keramahan, keamanahan, dan keprofesionalan kalian. Ketika orang lain sudah menaruh keyakinan itu dapat memudahkan langkah.


Membangun kredibilitas itu tidak mudah. Sebab mesti dilakukan secara alami, tulus, dan dari bawah sadar. Bukan dengan cara berpura-pura, menjilat, pilih kasih pada pelanggan, hingga hanya beroreintasi pada profit.


2. Kerja Sama

Membangun network (jaringan) itu sangat penting. Bukan cuma untuk diambil manfaatnya seperti pepatah "Habis manis sepah dibuang". Melainkan sebuah hubungan yang sama-sama menguntungkan dan saling membawa manfaat.

Strat your business (sumber gambar)


Semua bisnis dari yang skala teri sampai paus pasti butuh kerja sama. Bedanya mekanismenya mungkin beda. Ada yang harus dilakukan secara resmi alias hitam di atas putih. Ada pula yang cukup mengandalkan prinsip saling percaya.


3. Skill

Keterampilan dalam mengelola bisnis dari hulu dan hilir harus mesti dimatangkan. Jangan merasa puas terhadap skill yang sudah ada. Sebab zaman selalu berkembang. Skill di masa lalu bisa saja tidak terlalu berguna lagi di masa datang.


Skill dapat berguna tidak cuma saat membangun usaha atau bisnis sendiri. Keterampilan atau keahlian yang teruji bakal banyak dicari orang. Dengan itu tawaran gaji yang diajukan dapat bernilai tinggi. Teruslah belajar, berlatih, dan berinovasi.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Kumpulan Group WhatsApp Berbagai Komunitas Koleksi *Banjir Embun*

Contoh Visi dan Misi Pribadi