3 Ucapan "Selamat Ya" yang Semestinya Ditambahi dengan "Semoga Berkah"

Banjirembun.com - Ucapan "Selamat ya" biasanya diberikan pada seseorang yang telah mencapai dan meraih level tertentu. Setelah lama berjuang dan berusaha akhirnya mendapatkan apa yang diinginkan. Mengira bahwa capaian tersebut merupakan akhir dari kerja keras. Kenyataannya, itu adalah awal perjalanan kehidupan ke tingkatan berikutnya.


Alasan kenapa ucapan di atas mesti ditambahi dengan "Semoga berkah" yaitu sebagai bentuk mendoakan. Supaya makin bertambah kebaikan dan kebermanfaatan. Bukan malah kendor karena merasa puas. Seseorang wajib sadar bahwa pencapaian yang dilakukannya telah merubah dia jadi sosok baru. Dalam artian tanggung jawab, kewajiban, dan peran baru.

Berikut ini tiga capaian yang mesti diberi ucapan Semoga Berkah.


1. Wisuda Sarjana

Mahasiswa yang baru lulus kuliah merasakan kegembiraan luar biasa. Mereka akhirnya mendapatkan gelar sarjana dan bisa bikin bangga orang tuanya. Ucapan selamat tentu bakal makin membuat dia senang. Namun, hati-hati bisa terlena. Dilarang merasa hal itu sebuah prestasi luar biasa. Padahal, sekarang ini lulusan sarjana sudah banyak jumlahnya. Sangat membludak.


Sejatinya seorang sarjana mempunyai peran, kewajiban, dan tanggung jawa baru. Gelar tersebut selain untuk mencari uang juga digunakan dalam misi pengabdian. Buat apa menyandang embel-embel baru di namanya ketika apa yang dilakukan serta kualitasnya hampir sama dengan sebelum masa kuliah. Oleh sebab itu, saat prosesi wisuda berdoalah "semoga berkah".


2. Menikah

Pernikahan juga salah satu bagian yang sangat menggembirakan. Apalagi bagi mereka yang belum pernah merasakan yang namanya hubungan erat dengan lawan jenis sebelumnya. Mereka bakal memanen atas "puasa" yang dilakukan semasa muda. Tentu momen itu sungguh luar biasa dan tak akan terlupakan. Ucapan selamat kadang pantas dihaturkan.

Semoga Allah memberkahimu

Kendati demikian, angan-angan hubungan rumah tangga jangan cuma memikirkan senangnya. Justru dalam ikatan suci itu kedua mempelai akan punya peran, kewajiban, dan tanggung jawab baru. Lelaki menjadi suami dan wanita jadi istri. Dengan mendoakan semoga berkah berarti tamu di resepsi ingin hubungan pengantin membuat bertambahnya kebaikan-kebaikan.


3. Melahirkan Anak

Anak ialah anugerah terindah dari Allah SWT kepada hamba-Nya. Tidak semua pasangan dikaruniai anak. Wajar saja ketika orang tua yang baru melahirkan anak diberi ucapan selamat. Akan tetapi ucapan selamat itu juga ditambah do'a-doa yang baik bagi si anak maupun orang tuanya. Sebab, ucapan selamat saja terkesan hanya terpaku pada kuantitas tapi bukan kualitasnya.


Bagaimanapun, anak menjadi tanggung jawab orang tuanya. Dia bukanlah barang yang dapat dimiliki. Dia punya hak untuk hidup lebih baik. Bayi tidak punya pilihan untuk menentukan di perut mana dia akan dilahirkan. Itu pun, bukan berarti menjadi alasan bagi orang tua begitu semena-mena pada anak. Berikan doa pada mereka supaya hubungan anak dan orang tua itu kelak berkah.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Tanya Jawab Tentang Filsafat Pendidikan Islam dan Upaya Pembaruan Pendidikan Islam

Visi dan Misi dalam Bekerja

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece