5 Alasan Negara ini Resmi Disebut Paling Bahagia di Bumi oleh PBB

Banjirembun.com - Bagi kalian yang perhatian tentu tahu bahwa Finlandia merupakan negara paling bahagia di bumi dibanding negara-negara lain yang juga masuk jajaran negara bahagia. Bahkan, selama empat tahun terakhir berturut-turut negara berjuluk "negeri seribu danau" itu menduduki peringkat pertama berdasar catatan World Happiness Report.


Laporan kebahagian dunia tersebut diterbitkan langsung oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Di mana, upaya pengukuran kebahagiaan tersebut dimaksudkan untuk solusi dari sistem pembangunan fisik dan non fisik suatu bangsa yang berkelanjutan. Temuan-temuan tentang itu diharapkan dapat jadi pedoman dalam menetapkan kebijakan publik negara.

Di antara parameter penilaian yang dilakukan yaitu tertuju pada angka GDP perkapita, dukungan sosial, harapan hidup sehat, kebebasan bermasyarakat, kemurahan hati individu, dan saling mempercayai. Tentu semua indikator itu secara tidak langsung juga menyasar pada keamanan, kenyamanan, fasilitas umum layak, hingga karakter unggul manusianya.


Lantas apa saja alasan negara Finlandia menjadi negara paling bahagia di dunia. Berikut ini ulasannya:


1. Sistem Pendidikan Ideal

Menghargai serta memposisikan guru maupun murid secara seimbang adalah salah satu ciri pendidikan ideal. Satu sama lain tidak merasa paling dibutuhkan. Gaji guru diberikan secara manusiawi begitu pula biaya pendidikan digratiskan. Walau gratis, kualitas pendidikan di Finlandia juga masuk kategori paling baik di dunia.


2. Pandai Mengatur Waktu 

Kebiasaan masyarakat di Finlandia sangat teratur. Mereka pandai mengatur waktu. Jika waktu sedang bekerja maka sungguh-sungguh dan fokus untuk menjalankan tugasnya. Sebaliknya, untuk waktu-waktu selain pekerjaan juga dapat dialokasikan secara tepat pada keluarga, hiburan, teman, dan lainnya.


3. Lingkungan yang Bersih

Kehijauan, kebersihan, dan keindahan merupakan barang mahal di era sekarang. Umumnya suatu daerah dikatakan bersih lantaran mampu menyembunyikan sampah di gorong-gorong, selokan, atau tempat lainnya. Berbeda dengan Finlandia yang di mana air danaunya saja sangat bersih sehingga ketika musim panas dipakai untuk berenang. 

Salah satu danau di Finlandia (sumber gambar)

4. Fasilitas Praktis dan Serba Digital

Di negara Finlandia terdapat banyak fasilitas umum yang memadai. Termasuk pendidikan dan kesehatan. Tentu semua itu dapat diakses secara gratis. Hebatnya lagi saat musim dingin yang saljunya tebal masyarakat di sana masih bisa menikmati fasilitas hiburan, transportasi, komunikasi, dan yang lainnya.


5. Tingkat Kejahatan Rendah

Jam malam tidak ada karena keamanan terjamin. Mau pergi hiburan ke mana pun termasuk alam terbuka secara gratis untuk menyalurkan hobi juga tak perlu khawatir dan risih.  Keamanan bisa terjamin lantaran selain memang akhlak manusianya yang baik juga disebabkan para pengangguran di sana hidupnya dijamin dan dapat gaji bulanan.

Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Tanya Jawab Tentang Filsafat Pendidikan Islam dan Upaya Pembaruan Pendidikan Islam

Visi dan Misi dalam Bekerja

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece