Cara Melaporkan Atau Report Akun Channel, Komentar, dan Konten Pada YouTube yang Mengandung Unsur Dewasa

Banjirembun.com - Melaporkan konten tidak pantas pada Channel YouTube caranya sangat mudah. Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu langkah tersebut. Lebih parah lagi ada pula yang tidak memahami bahwa ternyata di aplikasi YouTube ada menu pilihan yang salah satu fungsinya dapat mereport pemilik channel yang nakal.


Tak perlu khawatir pihak YouTube menjamin keamanan dan privasi para pelapor yang membidik channel bermasalah. YouTube sendiri sangat menghargai bahkan mengandalkan para pelapor. Di mana, pelaporannya bersifat anonim. Dengan begitu siapapun termasuk pengguna lain tidak mengetahui siapa yang telah melapor.

Hal yang perlu diketahui bahwa setiap pengaduan tidak langsung membuat channel terlapor otomatis terhapus. Pihak YouTube terlebih dahulu menindaklanjuti pelaporan itu. Oleh sebab itu, agar mendapat perhatian pihak YouTube ajak orang-orang lain pemilik akun Google melaporkan channel tertentu yang meresahkan dan bikin gaduh.


Jika report itu membuahkan hasil maka YouTube akan memberi dua keputusan. Pertama, menghapus konten tertentu yang dianggap melanggar kebijakan. Konten yang dianggap tidak pantas bagi semua usia akan dikenai pembatasan usia. Artinya, hanya usia minimal yang ditentukan yang dapat mengakses konten itu.


1. Cara Melaporkan Video

Buka aplikasi YouTube di android kalian lantas ikuti langkah ini:

a. Buka video yang ingin dilaporkan.


b. Ketuk tanda titik tiga bertingkat di pojok kanan atas layar.



c. Pilih "Laporkan" yang posisinya paling atas.


d. Centang atau tandai bulatan di sebelah kiri untuk alasan laporan yang dipilih.



2. Melaporkan Komentar

Semakin banyak komentar yang dilaporkan sebagai spam membuat peluang komentar tersebut "ditandai sebagai spam" secara otomatis oleh YouTube semakin terwujud. Sayangnya, pemilik channel atau uploader mempunyai wewenang untuk menghapus tanda spam itu sehingga komentar seperti apapun dilaporkan dapat dianggap bukan spam lagi.


a. Ketuk komentar yang ingin anda laporkan. 


b. Setelah komentar yang dipilih terbuka secara khusus pilih tanda titik tiga bertingkat di sisi bawah sebelah kanan komentar.

c. Ketuk lagi "Laporkan".



d. Centang atau tandai bulatan di sebelah kiri untuk alasan laporan yang dipilih.



c. Cara Melaporkan Channel

Khusus untuk pelaporan pada channel kalian mesti melakukannya di laptop, komputer, atau layar desktop. Lebih detailnya caranya seperti berikut:

1. Pastikan kalian sudah login ke YouTube menggunakan desktop.

2. Buka halaman channel yang ingin dilaporkan (Bukan membuka video atau konten tapi buka akun channel yang dilaporkan).

3. Pilih menu "Tentang" lokasinya di sebelah paling kanan.




4. Klik tanda gambar bendera yang letaknya paling bawah sebelah kanan.




5. Pilih "Laporkan Pengguna".

6. Centang atau tandai bulatan di sebelah kiri untuk alasan laporan yang dipilih.



Itulah cara ampuh supaya channel tak bermanfaat, merusak generasi bangsa, hingga melanggar moral dapat merasakan imbas dari kekuatan netizen.

Komentar

  1. Bang klo dia gk da video dichannelnya dia tpi dia suka spam di akun channel yg kita tonton trus kita koment gimana itu bang??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Untuk mereport atau melaporkan akun tertentu bisa dilakukan di video manapun walau bukan di video milik yang dilaporkan.... Maaf, jawaban ini barangkali tak memberi jalan keluar secara teknis, tapi semoga untuk jiwa (psikis) dapat membantu.... Caranya silakan baca artikel ini https://www.banjirembun.com/2022/05/baca-ini-agar-tak-lagi-dongkol-akibat.html

      Hapus

Posting Komentar

Silakan kunjungi website Banjirembun.com lagi di lain waktu untuk mendapat tulisan berkualitas terbaru dari kami. Komentar dari pembaca kami tunggu.🙏😁

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Tanya Jawab Tentang Filsafat Pendidikan Islam dan Upaya Pembaruan Pendidikan Islam

Visi dan Misi dalam Bekerja

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece