Bukti-bukti Kekuasaan Allah SWT pada Seekor Nyamuk

Banjirembun.com - Sebagaimana sapi, lebah, semut, laba-laba, gajah, dan beberapa hewan lain yang disebutkan di al Quran ternyata nyamuk juga diabadikan di sana. Lebih detailnya tercatat dalam QS al Baqarah ayat 26. Di mana maknanya yaitu "Sesungguhnya Allah tidak segan membuat perumpamaan nyamuk atau yang lebih kecil dari itu."


Di dalam sebuah hadits pun ternyata binatang nyamuk ikut pula disebutkan oleh Rasulullah yang artinya kurang lebih "Pada hari kiamat datanglah seorang lelaki gemuk, yang bobotnya bahkan tak mampu menandingi berat sayap nyamuk." Serta masih ada sejumlah hadits-hadits lain yang menggunakan nyamuk sebagai perumpamaan.

Perlu diketahui bahwa hanya nyamuk berkelamin betina yang menghisap darah. Sedang jantannya tidak. Darah dihisap bukan untuk makanan. Sebab pada dasarnya mereka pemakan nektar bunga. Sebab, darah dipakai guna "mematangkan" telur yang dikandung nyamuk betina. Tentu untuk dapat menghisap hewan itu dilengkapi organ tubuh luar biasa.


1. Di kepala nyamuk terdapat 100 mata. Mulut ada 48 gigi. Pada dada ada 3 buah jantung terdiri dari 2 bilik jantung, 2 antrium, dan 2 katup jantung. Organ-organ yang jumlahnya sebanyak itu tidak dimiliki oleh makhluk hidup lain dalam satu tubuh yang sama.


2. Memiliki cairan khusus "pembius". Tidak cuma menghilangkan rasa sakit lantaran manusia jadi mati rasa, tapi berperan pula untuk memudahkan darah disedot karena tercegah dari pembekuan.

Ilustrasi eksperimen pada nyamuk (sumber gambar)

3. Kaki nyamuk tidak cuma memiliki pengait seperti cakar untuk menempel. Lebih dari itu ternyata pada bagian kakinya itu ada pula organ yang berfungsi sebagai penempel layaknya mangkok yang menghisap kulit untuk bekam.


4. Nyamuk punya alat pendeteksi atau radar. Bau keringat manusia mengundang nyamuk untuk menghisap darahnya. Begitu pula nyamuk dilengkapi sensor panas tubuh untuk mengetahui titik lokasi calon korban. Oleh sebab itu, jangan heran di tengah kegelapan nyamuk tetap bisa menghisap.


5. Belalai atau moncong panjang nyamuk punya 6 pisau. Dua pisau berguna untuk membentuk lubang sesuai tabung/moncong penghisap darah. Sedang empat lainnya digunakan membuat luka berbentuk segi empat.


Itulah bukti keagungan dan kekuasaan Allah SWT pada nyamuk. Sungguh al Quran itu tidak cuma berisi soal akidah, akhlak, cerita-cerita, ancaman neraka, iming-iming surga, dan lain sebagainya. Melainkan juga ada kandungan lain seperti nyamuk yang patut direnungi. Baik itu perenungan secara keimanan maupun ilmu pengetahuan.

Komentar

Baca juga postingan berikut:

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Kumpulan Group WhatsApp Berbagai Komunitas Koleksi *Banjir Embun*

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)