5 Fakta Tak Terduga Tentang Ratu Inggris Elizabet II

Inggris merupakan negara kesatuan yang disebut Britania Raya atau Inggris Raya. Ia merupakan negeri dengan sistem pemerintah parlementer yang kepala pemerintahannya disebut Perdana Menteri. Di mana, parlemen memiliki hak dominan dalam menentukan urusan kepemerintahan (eksekutif).


Adapun, Bentuk pemerintahan Inggris adalah monarki konstitusional. Dengan demikian, Ratu atau Raja kedudukannya masih diakui secara resmi berdasar Undang-undang Dasar. Secara spesifik, salah satunya Ratu Inggris punya hak eksklusif atau hak absolut terutama bidang hukum.


Sebagai Kepala Negara, kedudukan Ratu Inggris hanya sebagai simbol negara. Ia tidak aktif atau memilih bersikap netral dalam urusan politik negara Inggris. Meski demikian, secara sosial ia tetap memiliki kedudukan tinggi di Britania Raya atau bahkan dunia.

Ratu Elizabeth diabadikan dalam mata Uang (sumber gambar pixabay)



Dari sekelumit tentang Ratu Inggris di atas, ternyata masih ada fakta lain yang mencengangkan. Secara lengkap berikut ini uraiannya:


1. Tidak Punya Paspor

Satu-satunya manusia di Inggris yang tidak perlu paspor saat ke luar negeri hanyalah sang Ratu. Hal itu wajar, sebab paspor Inggris dikeluarkan atas nama dirinya. Jadi, buat apa Ratu harus mengeluarkan paspor untuk dirinya sendiri. Namun, anggota kerajaan lain termasuk calon pewaris tahta tetap punya paspor.


2. Masa Pemerintahan Terlama Sepanjang Masa

Di tahun 2019 ini usia Ratu Elizabet II sudah menembus angka 93 tahun. Ia memerintah selama 67 tahun. Mengalahkan nenek buyutnya Ratu Vicotria yang menjabat selama 63 tahun. Dalam masa itu Sang Ratu sudah melantik 14 perdana menteri. Mulai dari Sir Winston Churchill (tahun 1940) hingga Boris Johnson di tahun 2019 ini.


Ratu Elizabeth II (sumber gambar pixabay)


3. Tidak Punya SIM

Ratu Elizabet tidak jarang didapati mengemudi sendiri mobil mini miliknya. Meski demikian ia tidak punya Surat Izin Mengemudi. Namun, ia tetap bebas tanpa khawatir terjerat pidana saat berkendara di jalan raya. Tak hanya itu, Ratu yang dinobatkan sebagai ratu tertua sepanjang sejarah ini juga tidak perlu memiliki dokumen-dokumen penting lain yang seharusnya dimiliki warga Inggris.


4. Kebal Hukum

Ratu mempunyai hak mutlak yang tidak bisa digugat secara hukum. Hak tersebut salah satunya seperti tidak bisa dituntut di pengadilan. Bahkan dalam kasus pembunuhan sekalipun, bila terbukti atau terlihat jelas Ratu telah membunuh maka ia akan kebal dari tuntutan hukum. Begitu pula dalam urusan pajak. Ia punya hak terbebas dari kewajiban membayar pajak.


5. Bukan orang Paling Kaya di Inggris

Menjadi Ratu yang punya segudang hak yang bisa dikatakan hampir tak terbatas tentu wajar punya harta banyak. Namun, nyatanya ratu yang dinobatkan sebagai ratu pertama kali yang menjabat di usia 25 tahun ini hanyalah orang terkaya di urutan ke-257 di Inggris Raya. Namun, demikian di antara Ratu lainnya Elizabeth II merupakan Ratu paling kaya di dunia.





Komentar

Baca juga postingan berikut:

Visi dan Misi dalam Bekerja

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)