Cara Pasang Iklan Penelusuran Khusus atau CSE Google




Iklan untuk penelusuran pada Google Adsense di blog merupakan salah satu trik mendapatkan tambahan penghasilan yang tak bisa diremehkan. Terlebih bila si pemilik mampu memakai trik tertentu yang tetap memperhatikan syarat, ketentuan, dan aturan Google Adsense.


Iklan penelusuran khusus adalah salah satu produk Google yang memungkinkan publisher (pemilik blog) memiliki kendali mesin telusur sendiri sekaligus mendapat penghasilan dari halaman hasil penelusuran itu. Sayangnya, tidak semua pemilik blog atau akun Google Adsense berkesempatan untuk memasang mesin telusur ini di blog mereka.




Para pemain Google Adsense lama lebih cenderung menyebut penelusuran khusus dengan Custom Search Engine (CSE). Istilah tersebut merupakan istilah asli bawaan dari Google berbahasa Inggris. Di mana dalam bahasa Indonesia berarti mesin pencarian khusus. Pihak Google mengartikannya dalam bahasa Indonesia lebih dipersingkat menjadi "penelusuran khusus". 


Ada beberapa keuntungan bila kalian mengoptimalkan mesin telusur khusus Google Adsense. Di antaranya mampu membuat pengunjung yang mencari kata kunci di kota telusur khusus itu memiliki pengalaman berkesan. Terutama bagi pengunjung yang tak terlalu paham atau tak peduli dengan dunia periklanan di internet.


Pengunjung akan terpana dengan fitur penelusuran tersebut. Hingga pada titik tertentu bisa saja akan menganggap blog kalian itu dikelola secara profesional. Kelebihan lainnya adalah untuk membantu kalian memahami perilaku pengguna. Dengan begitu, pengembangan blog bisa difokuskan pada data penelusuran tersebut.
Contoh kotak Penelusuran Khusus Google

Langsung saja berikut ini cara pasang mesin telusur khusus di akun blog kalian:


1. Pastikan dulu bahwa kalian diberi kesempatan oleh Google untuk menggunakan produk penelusuran ini. Cara mengeceknya: Buka akun Google Adsense > pilih menu Akun > pilih Informasi Akun. Bila tampilannya seperti di bawah ini berarti lolos tahap selanjutnya.


Bila ada tulisan "penelusuran 51% bagi hasil penayang" maka penayang berhak menggunakan penelusuran khusus


2. Masih dii Dashboar Google Adsense kalian pilih menu "Iklan untuk penelusuran". Pilih "Mesin telusur khusus". 



3. Tekan tombol "+Mesin penelusuran khusus baru". Lantas beri nama mesin telusur kalian. Lalu tentukan jangkauan telusur hanya di situs milik kalian sendiri atau seluruh web. Serta berbagai pilihan lainnya yang saya yakin kalian sudah paham maksudnya. Kemudian diakhiri dengan tekan tombol "Simpan dan dapatkan kode".


4. Langkah selanjutnya kunjungi link berikut ini: www.cse.google.com


5. Pilih menu "Edit mesin telusur". Selanjutnya buka daftar "mesin telusur" kalian yang sudah didaftarkan di Google Adsense tadi.


6. Atur beberapa hal yang sesuai dengan kebutuhan kalian baik di sub menu "Penyiapan", "Tampilan dan nuansa", "Fitur dan penelusuran", dan "Statistik dan log".


7. Pada anak sub menu "Edisi" tekan tombol "Dapatkan kode". Selanjutnya salin kode tersebut lalu pasang di Blog kalian. Untuk melihat contoh peletakannya silakan tekan tombol "Lihat contoh HTML".


8. Hal terpenting untuk monetisasi mesin telusur kalian pada sub menu "Penyiapan" ada tombol "Iklan". Tekan tombol itu lalu aktifkan monetisasi mesin telusur.


9. Silakan lihat tampilan kotak penelusuran khusus di blog kalian. Lalu uji coba dengan menggunakan HP teman. 



Kini blog kalian tampil lebih keren karena ada asesoris baru berupa kotak penelusuran khusus. Tidak hanya memperindah dan berkesan profesional kalian juga akan berkesempatan untuk menambah pemasukan. Selamat mencoba.



Komentar

Baca juga postingan berikut:

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Kumpulan Group WhatsApp Berbagai Komunitas Koleksi *Banjir Embun*

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)