Arti Bucin dan Ciri-cirinya

Bagi kalian yang belum pernah tahu maupun mendengar tentang istilah atau kata "bucin" berarti hidup kalian terselamatkan. Maaf bercanda he he.. Bucin adalah bahasa gaul yang tergolong baru. Ia singkatan dari sebutan "budak cinta". Dimana, bucin memiliki arti orang yang rela menjadi hamba dan dipermainkan oleh siapapun yang dicintainya. Orang yang menjadi bucin mau melakukan apapun termasuk mengabaikan selain orang yang dicintainya.



Budak cinta tingkat "kebutaannya" hampir sama dengan cinta buta. Kalau cinta buta masih bersifat umum dan ada juga yang masih berpikir rasional. Tidak mau dijadikan budak. Sedangkan budak cinta ini sudah kehilangan rasionalitas dan mau melakukan apapun meski orang yang dicintainya tak meminta. Rela menderita atau rugi. Baik itu harta, tenaga, pikiran, bahkan semuanya demi orang yang dicintai.


Kata budak cinta seringkali digunakan untuk meledek orang lain yang telah berubah total setelah jatuh cinta. Kadang bukannya intropeksi, orang yang dikatakan bucin malah tersinggung. Namanya juga jiwanya jadi "budak", tentu ia tak memiliki kemerdekaan untuk berpikir jernih. Sebab logika atau rasionalitasnya telah terkungkung dalam kurungan yang mengatasnamakan cinta. Jadi, budak cinta itu mungkin secara fisik tak seperti budak tapi secara kejiwaan adalah budak sejati.


Ciri-ciri Orang Jadi Bucin

Berikut ini beberapa ciri budak cinta yang wajib kalian ketahui agar tahu bagaimana cara mengantisipasinya.


1. Mabuk Cinta

Namanya juga lagi mabuk cinta, selain "teler" juga menjadi tak sadarkan diri tentang adanya realita lain. Dalam keadaan itu seseorang tentu hidupnya hanya fokus untuk, dengan, dan hanya pada pasangan. Ia ingin membahagiakan dan tak ingin mengecewakan orang yang dicintai. Orang yang jadi bucin merasa bahwa perbuatan seperti itu wajar. Tak perlu untuk diperdebatkan dan dipermasalahkan. Walau terkadang juga sadar perbuatan itu menjengkelkan.


Ilustrasi remaja jatuh cinta (sumber gambar pixabay)



2. All Out Berkorban untuk Orang yang Dicintai

Tanpa disuruh atau diminta orang yang sedang terkena virus bucin akan rela membela mati-matian orang yang dicintai. Dia bahkan mau berkorban mengeluarkan harta, tenaga, pikiran, dan waktu demi agar orang yang dicintai bahagia. Selain itu ia juga menjadi manusia fanatik. Salah satu cirinya akan ikut-ikutan memusuhi pihak yang menjadi musuh orang yang dicintai. Tanpa terlebih dulu melakukan kroscek atau mencari kebenaran yang sesungguhnya.


3. Mengalami Perubahan Drastis

Orang yang baru saja berstatus sebagai bucin biasanya hidupnya akan menjadi bertolak belakang. Biasanya enak diajak ngobrol dan jalan menjadi tak lagi peduli pada teman. Saat sekolah atau bekerja juga tidak dilakukan seserius sebelumnya. Rasa malas dan gangguan konsentrasi menghinggapinya. Tak hanya itu, orang tuanya pun juga ikut menjadi korban karena merasa gelisah atas perubahan anaknya. Uang yang diberikan orang tuannya bukan untuk dimanfaatkan sebaik mungkin malah "dibakar" demi orang yang dicintai.



ilustrasi budak cinta yang rela menghangatkan salju dengan gelas


Itulah ciri-ciri utama orang yang terkena sindrom budak cinta. Orang jatuh cinta tidak salah, tapi mencintailah dengan sewajarnya agar perilaku juga tetap wajar. Dan janganlah sekali-kali jadi budak cinta. Sebab jika kalian jadi budak cinta maka orang yang kalian cinta akan menjadi "majikan cinta".

Komentar

Baca juga postingan berikut:

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Kumpulan Group WhatsApp Berbagai Komunitas Koleksi *Banjir Embun*

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)