5 Spesies Kucing Termahal di Dunia



Kucing adalah salah satu hewan yang paling banyak dipelihara oleh manusia. Salah satu tujuannya untuk menghibur sang majikan sehingga bisa menghilangkan stress. Berbeda dengan anjing. Kucing merupakan hewan yang sulit ditebak. Hewan itu mampu membangkitkan rasa haru, empati, "gemes", dan perasaan lain yang tak bisa dijelaskan dengan kata-kata.


Kucing termasuk hewan yang memiliki banyak jenis. Ada kucing kampung, kucing hutan (liar) yang dijinakkan, kucing hasil persilangan (hibrid), hingga kucing hias. Semuanya memiliki arti dan peran sendiri bagi majikannya. Ada yang hanya difungsikan untuk mengusir tikus, ada yang memang khusus dijadikan "teman", ada yang diternak, ada yang diikutkan lomba, dan ada juga yang kombinasi di antara itu. 


Caracal, salah satu kucing berhabiat di afrika, timur tengah, dan india (sumber gambar)


Dari sekian peran kucing bagi manusia seperti di atas, ternyata itu bukan satu-satunya penentu seberapa besar harga jual atau beli kucing. Harga kucin ditentukan oleh ketersediaan spesies kucing. Selain itu juga dipengaruhi oleh motif/corak kucing. Di mana, biasanya kucing hybrid (hasil persilangan) memiliki harga tinggi karena tergolong langka dan memiliki corak yang unik.


Secara lengkap berikut ini berapa jenis kucing yang memiliki harga fantastis.


1. Persia

Kucing persia merupakan salah satu jenis kucing mahal yang paling pertama ditemukan (sekitar tahun 1871). Kucing ini sangat populer di kalangan pecinta kucing hias, khususnya di tanah air. Hidung yang pesek, bulu yang lebat, dan perilakunya yang elegan membuat semua mata khususnya kaum hawa jadi kepincut. Sayangnya, kucing ini dianggap sudah tidak "hits" lagi.


kucing persia (sumber gambar pixabay)

Berhubung jumlahnya yang sudah banyak bahkan anak hasil persilangan "alami" dengan kucing kampung juga bertebaran menyebabkan harga kucing ini anjlok. Namun, untuk kucing persia jenis tertentu yang masih asli atau murni harganya masih tembus puluhan juta (10-50 juta). Tergantung pada usia, kondisi tubuh, dan warna kucing tersebut.


2. Peterbald

Peterbald merupakan kucing hasil persilangan antara kucing Sphynx (gundul) dengan kucing berbulu pendek (Short Hair). Meski wajah dan hampir semua penampilannya menyeramkan kucing ini tetap banyak penggemarnya. Bahkan di kalangan pecinta kucing, bagi siapa saja yang memiliki kucing ini dianggap bergengsi.


anakan peterbald (sumber gambar)


Kucing peterbald (sumber gambar)


Kehadiran kucing ini masih tergolong baru. Yakni, sekitar tahun 1994 di Rusia. Oleh sebab itu, kucing ini butuh perawatan khusus. Sebab secara genetis kucing ini tidak memiliki habibat asal. Ia merupakan kucing yang energik, suka perpetualang, dan lincah. Bagi kalian yang ingin memimilikinya persiapkan uang antara 15-70 juta.


3. Bengal

Kucing ras bengal merupakan kucing yang postur tubuh dan bentuk wajah hampir mirip seperti kucing kampung. Bedanya, pada motif kucing bengal sangat eksotik. Berupa tutul-tutul ukuran besar di seluruh tubuh kecuali kaki, leher, dan kepala. Hal itu wajar karena ia merupakan hasil kawin silang antara kucing lokal berambut pendek Amerika dengan macan tutul liar asia (sekitar tahun 1970). Harga kucing ini berkisar antara 20 hingga 110 juta.


Anak kucing bengal



Kucing bengal

Kucing bengal baru bisa dijadikan hewan peliharaan (domestik) setelah melalui regenerasi tiga turunan. Baru setelah itu sifat liar dari induknya bisa sedikit berkurang. Namun, sifat aktif dan sulit diam tetap ada. Kucing ini senang sekali melompat dari satu dahan ke dahan lain. Oleh sebab itu, kucing ini akan sangat merasa tersiksa bila oleh majikannya hanya dikurung dalam rumah atau bahkan hanya dalam kandang/kurungan kecil.



4. Savannah

Savannah merupakan jenis kucing bertutul. Hampir mirip dengan Bengal. Bedanya, kucing Savannah memiliki tutul yang lebih kecil dan jarak antar tutulnya juga renggang. Kucing ini merupakan hasil perkawinan silang antara kucing afrika dengan kucing domestik persia (sekitar tahun 1986). Kucing ini termasuk salah satu ras kucing terbesar di dunia.



anak kucing savannah


kucing savannah



Kucing ini sifatnya mirip seperti anjing. Sangat setia pada majikan, pintar, dan berperilaku hampir mirip anjing. Ia mudah bersosialisasi dengan hewan lain yang dimiliki oleh majikan. Layaknya anjing, hewan ini sangat sulit menerima kehadiran orang asing. Namun, harga hewan satu ini ditentukan bukan dari perilakunya. Akan tetapi dari seberapa mirip ia dengan induk yang berasal dari afrika. Harganya berkisar antara 100-500 juta.


5. Ashera

Kucing Ashera merupakan jenis yang paling langka di dunia. Ia merupakan peliharaan paling ekslusif. Seperti kebanyakan spesies kucing unggul lainnya, Ashera merupakan kucing hasil persilangan. Induknya berasal dari jenis kucing afrika, kucing domestik berambut pendek, dan macan tutul asia. Oleh sebab itu, tak mengagetkan bila tampilannya mirip dengan indukannya.



kucing ashera


Ras kucing Ashera dikembangkan oleh perusahaan Lifestyel Pets dari Amerika Serikat. Sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang peliharaan eksklusif. Perusahaan tersebut hanya mengembangbiakan 5 ekor Ashira setiap tahun. Tidak hanya kelangkaan saja yang membuat harga kucing ini fantastis. Akan tetapi perilaku, kesetiaan, dan kepintarannya juga bikin kepincut.


kucing ashera

kumpulan foto kucing ashera


Saking pintarnya kucing ini lehernya mau diberi tali layaknya anjing. Selain itu kucing ini juga penuh dengan kasih sayang terhadap majikannya. Meski corak tutulnya tidak begitu jelas, kucing ini memiliki warna kulit dan postur tubuh yang tidak terlalu jelek-jelek amat. Jangan kaget harga kucing ini sangat mahal. Lebih mahal dari harga mobil. Siapkan uang antara 200 juta hingga 1,5 miliar untuk mendapatkan kucing Ashera.


Perlu diperhatikan bahwa harga yang kami tunjukkan di atas bukanlah harga pasti. Hanya perkiraan. Selain itu masih sangat dimungkinan terdapat jenis kucing lain yang harganya jauh lebih mahal dari yang disebutkan di atas. Sebab setiap harga tergantung pada kondisi daerah. Semakin langka jenis kucing tertentu dan semakin tinggi peminatnya maka harga kucing juga semakin mahal. Selain itu, seiring bergantinya gaya hidup pecinta kucing bisa jadi akan muncul trend ras kucing tertentu yang lagi booming atau hits.




Komentar

Baca juga postingan berikut:

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Kumpulan Group WhatsApp Berbagai Komunitas Koleksi *Banjir Embun*

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)