Ubah Hobi Menulis di Blog Menjadi Penghasilan

Hobi adalah aktivitas menyenangkan, bermanfaat, bahkan produktif yang dikerjakan pada waktu senggang untuk relaksasi pikiran. Dengan demikian hobi sama sekali bukanlah pekerjaan. Dalam artian kerja untuk mata pencaharian. Sebaliknya, sebagian hobi malah mengeluarkan uang.




Ada beberapa macam jenis hobi yaitu meliputi membuat (berkarya), mengoleksi, memelihara, memperbaiki, olah raga, hingga bermain. Semuanya itu dilakukan dengan tujuan untuk mengaktualisasikan minat sekaligus menghibur diri. Tidak hanya minat, kadang hobi juga untuk menyalurkan bakat yang tak tersalurkan di sekolah hingga tempat kerja.


Baca juga:



Bagi kalian yang hobi menulis di blog tak ada salahnya untuk mengubah hobi itu jadi penghasilan. Perlu digarisbawahi bahwa hobi menulislah yang diubah menjadi pendapatan. Bukan sebaliknya, tetap menulis walau sebenarnya tidak hobi tapi memaksanya menjadi pundi uang. Jadi, menulis didudukkan sebagai kegemaran bukan sumber penghasilan.


Sebagaimana diketahui bersama, yang namanya hobi tidak boleh mengganggu pekerjaan utama. Justru dengan berhobi, semestinya para pehobi pikirannya menjadi segar sehingga saat bekerja lebih giat. Kalau begitu, bagaimana bisa menulis itu disebut hobi? Bukannya dengan menulis malahan jadi bikin pusing. Nah, inilah yang harus diluruskan dulu.


Setiap orang punya hobi masing-masing. Tentu disesuaikan dengan anggaran uang, efek rileks pada pikiran, hingga waktu yang dibutuhkan. Kalian tidak bisa memfonis suatu kegiatan tidak pantas disebut hobi lantaran bagi kalian itu kegiatan rumit alias memusingkan. Perlu diingat, suatu kegiatan bagi satu orang sangat menyenangkan tapi belum tentu dipandang sama bagi orang lain.


Jargon Google Adsense



Jangan berharap banyak tentang berapa besaran penghasilan dari menulis. Akan tetapi berharaplah dengan menulis kalian jadi lebih bahagia. Dengan begitu rasa senang muncul di hati. Di sisi lain juga memperoleh pendapatan dari hasil menulis. Walau uang yang didapat tidak seberapa tidak apa-apa. Anggap saja itu sebagai bonus.

Baca juga:



Setidaknya sebelum memutuskan bergabung dengan Google Adsense sebagai pihak pemberi uang para penulis blog, kalian sudah pernah menulis karya sendiri sebanyak beberapa kali. Baik di lembaran kertas maupun di dunia maya. Bisa tulisan pribadi maupun tulisan untuk dikonsumsi orang banyak. Itu sebagai bukti bahwa menulis benar-benar merupakan dunia kalian. 


Baca juga:



Terkecuali bila menulis adalah pekerjaan kalian. Maka posisi menulis itu bukan sebagai hobi tapi pekerjaan. Kalau memang menulis sebagai pekerjaan maka resikonya tentu harus all out. Kudu diseriusi agar benar-benar bisa menghasilkan. Kalian harus memutar otak agar setiap tulisan yang dibuat bisa mendatangkan pembaca sehingga peluang memperoleh pendapatan makin besar.


Kalau menulis diputuskan sebagai profesi maka teruslah menulis. Sambil diselingi melakukan aktivitas lain yang menjadi hobi. Sampai di sini kalian tentu sudah tahu apa tujuan kalian menulis. Yakni, untuk menyenangkan hati atau untuk mencari uang.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece

Pernah Dengar Istilah "Kotak Pandora"? Inilah Kisah di Baliknya

Cara Memecah Sertifikat Tanah Hasil Hibah, Turun Waris, dan Bertujuan untuk Bisnis Tanah Kaveling Perorangan

Visi dan Misi dalam Bekerja