Tol di Indonesia Punya Jalan Bernada Lagunya "Selamat Ulang Tahun", Berikut 5 Video Berbedanya


Selama enam tahunan terakhir negara Indonesia tengah gencar-gencarnya membangun tol. Baik itu di jawa maupun luar jawa. Ada banyak cerita unik dan menarik terkait keunggulan tol di titik tertentu. Salah satunya jalan tol bernada.
Banjirembun.com

Bunyi beraturan yang menyuarakan lagu "ulang tahun" itu bisa muncul akibat gesekan ban dengan aspal. Di mana, permukaan jalan tol dimodifikasi sedemikian rupa berupa gundukan tipis. Di mana, setiap tonjolan ketinggiannya berbeda.


Sayangnya, lebar permukaan jalan tol yang direkayasa tak menutupi semua aspal. Hanya dibuat dua garis membujur dengan panjang 20-an meter. Lokasinya berada di lajur kanan. Dekat dengan pagar tengah sebagai pembatas jalur berlawanan.


Akibatnya ketika pengemudi kendaraan tidak memosisikan dengan tepat bannya sejajar dengan garis lurus itu nada bersuara tidak keluar. Bahkan sangat mungkin tidak keluar sama sekali disebabkan ban tidak menapak tonjolan singing road itu.


Keberadaan jalan tol bernada di KM 644+200 B. Yakni, jalur dari arah Surabaya menuju Jakarta. Sekitar 4 kilometer menuju arah barat sebelum rest area tol Bagor, Nganjuk di Km 640 B. Sekitar 3 Km setelah gerbang tol Nganjuk ke arah Jakarta.


Berikut videonya.








Komentar

Baca juga postingan berikut:

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja