8 Ciri Kepribadian yang Cocok Jadi Wirausahawan

Wirausaha adalah seorang pengusaha yang mengelola usahanya secara mandiri mulai dari permodalan, produksi, manajemen operasi, hingga pemasaran. Tak melibatkan orang lain kecuali hanya memanfaatkan tenaga dan keterampilan.



Menjadi wirausahawan itu tak mudah. Tak cuma dituntut memahami betul terkait barang yang diproduksi lalu dijualnya. Lebih dari itu juga harus handal dalam bidang lain. Serta tentunya punya tekat, kerja keras, dan keuletan luar biasa.


Setidaknya ada 8 ciri yang menandakan seseorang cocok jadi pengusaha.

1. Memilah Prioritas Masalah

Orang yang merintis usaha sendiri dari bawah atau titik nol akan paham betul tentang apa yang penting dengan yang tidak. Dia lebih memilih untuk menuntaskan masalah-masalah mudah lebih dulu baru yang lebih rumit.


2. Peka dalam Mengambil Peluang

Mengetahui peluang saja untuk memulai usaha tak pernah cukup. Mesti ditindaklanjuti dengan tindakan nyata. Hal tersebut bukan berarti segala keputusan dilakukan dengan terburu-buru. Semua dilandasi dari pertimbangan matang.


3. Pintar dalam Banyak Bidang

Seorang pengusaha harus punya kecakapan dalam manajemen keuangan, kepemimpinan, pemasaran, hingga komunikasi. Produk yang bagus bisa saja gagal dipasarkan gara-gara cara komunikasi yang amburadul.


4. Inovasi dan Eksperimen

Pengusaha sukses tak akan terlena pada keberhasilan yang diraih sekarang. Justru, ia malah jadi waspada lantas mengantisipasi suatu saat produknya tidak diminati lagi. Oleh sebab itu, ia berinovasi dan sering bereksperimen.

(sumber gambar)


5. Tak Ragu Mengambil Risiko

Setiap tindakan yang dilakukan pasti ada dampaknya. Entah itu besar maupun kecil. Setiap pengusaha ulung seringkali mengeksusi rencana yang dibuat tanpa takut menyesal. Dengan tegas ia bakal menghadapi risiko yang ada.


6. Gemar Berkarya

Hal utama yang ditawarkan oleh pengusaha adalah karya atau produk. Entah itu berupa barang, jasa, layanan, atau semacamnya. Tanpa ada kegemaran dalam berkarya mustahil seorang pengusaha akan mengembangkan bisnisnya.


7. Bertindak Efektif dan Efisien

Efektif adalah melakukan sesuatu dengan tepat sasaran, sesuai tujuan, atau manjur. Adapun efisien adalah melakukan sesuatu secara cepat dan hemat. Seorang pengusaha harus melakukan sesuatu dengan tepat dan cepat.


8. Jago Mengurus Uang

Menahan diri supaya tak tergoda membelanjakan uang sembarangan merupakan kunci utama dalam membuka usaha baru. Mesti pandai membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Memisahkan uang untuk usaha dengan yang lain.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Tanya Jawab Tentang Filsafat Pendidikan Islam dan Upaya Pembaruan Pendidikan Islam

Visi dan Misi dalam Bekerja

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece