Awas Terlalu Sering di Rumah Berbahaya untuk Kesehatan, Berikut 5 Cara Antisipasinya

Masa sekarang ini merupakan masa tersuram dalam sejarah modern manusia. Awal abad 21 (tahun 2001-2100) menjadi tanjakan perubahan manusia. Tidak tanggung-tanggung, pesatnya perkembangan teknologi teramat nyata.

Banjirembun.com

Semenjak ditemukan internet dan gampangnya akses membuat kehidupan sosial berubah. Tatanan peradaban manusia telah mengalami lompatan luar biasa. Pola interaksi, komunikasi, dan kerja sama antar manusia semakin gampang.

Kecanggihan fasilitas dan layanan untuk keperluan bekerja, hiburan, dan memenuhi kebutuhan harian telah membuat manusia terlelap. Terlebih lagi di saat semua orang dianjurkan bahkan diwajibkan untuk tetap di rumah. Tak ke mana pun.


Aktivitas bekerja, belajar, dan bersosial dari rumah membuat orang terdiam tanpa gerak tubuh banyak. Jarang ke luar rumah menjadikan tubuh tak sehat. Gumpalan sumber penyakit yang seharusnya terbuang jadi tertimbun.


Maunya ingin terbebas dari penyakit flu yang mematikan itu. Akan tetapi justru terkena penyakit lain yang tak kalah bikin ngilu. Oleh sebat itu, bersempatlah menggerakkan tubuh meski hanya ringan. Terpenting rutin serta bikin hati terhibur.


Lakukan 5 hal ini cukup sering supaya tubuh tetap sehat walau sering di rumah.


1. Bersepeda Motor

Balap motor tergolong olah raga otomotif. Tentu bakal membuat tubuh jadi sehat. Namun, bagi kalian yang bukan atlit, balap motor tak perlu diterapkan. Cukup bersepeda motor. Hal tersebut bisa melatih kinerja organ pernapasan.


Naik sepeda motor minimal 30 menit sehari dengan tingkat kemacetan wajar, sudah teramat bagus bagi kesehatan tubuh dalam jangka pendek daripada tak melakukan aktivitas apapun. Kecuali cuma tiduran, berbaring, dan duduk.


2. Menyetir Mobil

Sama seperti bersepeda motor, menyetir mobil juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Otak memiliki peranan utama ketika pengendara sedang mengendalikan mobilnya. Itu termasuk olah raga, daripada tak melakukan apapun.


Bertanding catur juga menjadi salah satu bagian olah raga. Tepatnya olahraga ketangkasan otak. Apalagi menyetir mobil yang bukan hanya melibatkan otak, melainkan pula ketangkasan tangan maupun kaki. Tak boleh disepelekan.

3. Berjalan

Masih tidak percaya naik sepeda motor dan mobil disebut olah raga? Silakan lihat pemain pesepak bola. Untuk sehat seperti mereka kalian tak perlu bermain sepak bola seperti atlit. Cukup jalan kaki, jalan cepat, hingga lari kecil yang lebih cepat.


Perbanyak berjalan. Kalau malu keliling komplek atau kampung, gunakan sepeda motor menuju taman dan sekolah/kampus. Silakan lakukan gerak jalan di area tersebut. Tak perlu malu, itu demi kesehatan dan hiburan ringan.

Ilustrasi balkon untuk aktivitas di rumah (sumber gambar)


3. Angkat-angkat

Mengangkat tas, barang belanjaan, galon, dan yang lainnya mampu bikin otot terlatih untuk beraktivitas. Tak perlu yang berat-berat, agar tak menimbulkan cidera otot maupun saraf terjepit. Bawaan ringan tapi sering itu lebih dari cukup.


Mengistirahatkan otot terlalu lama dapat berdampak buruk. Tidak hanya bagi otot itu sendiri tapi menjalar ke organ-organ sekitarnya. Memanjakan tubuh itu tak baik. Secara alami tubuh manusia harus digunakan bukan "dimatikan".


4. Pola Makan Sehat

Sering di rumah biasanya jarang beraktivitas berat. Walaupun aktivitas itu tidak akan mengeluarkan banyak kalori. Apabila pola makan tak diatur dapat berakibat fatal. Makanan yang disantap bukannya menyehatkan malah jadi racun/penyakit.


Kurangi makanan berkarbohidrat tinggi dan mengandung gula. Kalau perlu kurangi juga porsi atau takaran makanan. Sebab saat sering di rumah kebutuhan makan akan jauh lebih berkurang daripada mobilitas tinggi dan banyak gerak.


5. Hindari Stress, Tak Cukup di Rumah

Menghindari stres, cemas, dan tekanan batin tak cukup cuma di rumah. Kendatipun hiburan di rumah melimpah. Ada televisi kabel/satelit, jaringan internet tanpa batas (wifi), atau hiburan-hiburan lain. Masih butuh hiburan di luar rumah.


Tontonan di layar TV dan ponsel hanyalah hiburan sementara. Efek "riang" dalam tubuh juga sebentar. Setelah itu rasa bosan muncul kembali kalau mata jauh dari mereka. Berbeda dengan hiburan di luar rumah yang lebih menyehatkan.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece

Pernah Dengar Istilah "Kotak Pandora"? Inilah Kisah di Baliknya

Cara Memecah Sertifikat Tanah Hasil Hibah, Turun Waris, dan Bertujuan untuk Bisnis Tanah Kaveling Perorangan

Visi dan Misi dalam Bekerja