5 Level YouTuber, Ternyata Gold Play Button YouTube Punya Kandungan Emas

Selain memberikan transferan uang ke rekening pribadi para konten kreator, YouTube juga memberikan penghargaan dalam bentuk lain. Yakni, dikirimi play button lewat jasa pengiriman paket yang jadi simbol atas keberhasilan mencapai tingkatan tertentu. Setidaknya ada 5 level capaian bagi YouTuber.


YouTube Play Button adalah deretan hadiah yang diberikan secara berjenjang pada channel tertentu yang memenuhi kibajakan YouTube serta jumlah subscriber-nya telah mencapai syarat. Tingkatan penghargaan tersebut sekaligus untuk mengenali seberapa populer sebuah channel (saluran).

Sebelum menerima hadiah Play Button para content creator yang telah memenuhi syarat jumlah subscriber (pengikut) akan ditinjau pihak YouTube dulu. Segala keputusan tetap ada di tangan YouTube. Adapun setelah ditinjau ternyata dinyatakan tak layak karena melanggar aturan atau kebijakan maka tak diberikan.


Hadiah yang diberikan YouTube tersebut dapat menjadi motivasi bagi para kreator konten video untuk terus berkarya. Agar fair (adil) dan suportif pihak YouTube melarang memperjualbelikan maupun memberikan secara cuma hadiah yang telah diterima itu pada siapapun di luar anggota tim channel.


Bisa dikatakan 5 level hadiah bagi YouTuber sebagai cara pihak YouTube menghargai dan mengakui karya kreator di channel-nya.Setidaknya ada 5 tingkatan penghargaan yang berbeda bisa diterima para YouTuber bila memenuhi syarat. Di antara 5 Level YouTuber itu adalah sebagai berikut.


1. The Silver Creator Award (Silver Play Button)

Penghargaan tahap awal ini diberikan bagi pengreasi konten YouTube yang pengikutnya telah mencapai 100 ribu subscribers.  Silver Play Button berupa lencana logam yang terbuat dari paduan logam nikel (92%), karbon (5%), seng (2,5%), dan sisanya jejak logam lainnya.

Silver Play Button berbentuk seperti plakat (papan tulisan berupa lempengan logam) yang dibubuhi nama channel YouTube yang mendapatkan penghargaannya. Di mana tulisannya dibuat timbul (menonjol). Untuk level ini sudah teramat banyak YouTuber Indonesia memperolehnya. 


2. The Gold Creator Award (Gold Play Button)

Penghargaan tahap selanjutnya ini diberikan bagi YouTeber yang telah memiliki pengikut lebih dari 1 juta. Logam play button level ini terbuat dari kuningan berlapis emas. Ukurannya lebih besar daripada silver play button. Serta juga ada tulisan timbul tentang channel yang mendapatkannya.


3. The Diamond Creator Award (Diamond Play Button)

Penghargaan yang diberikan bagi pemilik Channel yang setidaknya memiliki 10 juta subscribers. Logam play button tingkatan 3 ini terbuat dari loga berlapis perak. Di tengah lempeng logo YouTube diberi kristal bening (seperti intan) yang berbentuk segitiga sama kaki yang miring. 


4. The Custom Creator Award (Custom Play Button)

Level hadiah yang diberikan bagi pemilik saluran YouTube yang mempunyai pengikut minimal 50 juta. Bentuk penghargaan yang diberikan YouTube pada tingkatan ini sangat spesial. Tak seperti tahapan hadiah sebelumnya untuk kali ini kreator boleh meminta hadiah sesuai keinginan. 


5. The Red Diamond Creator Award (Red Diamond Play Button)

Tahapan penghargaan yang diberikan YouTube pada kreator video memiliki pengikut lebih dari 100 juta. Plakat yang diterima berupa logo YouTube yang terbuat dari lapisan kristal merah gelap besar. Baik Custom Play Button dan Red Diamond Play Button keduanya masih sangat jarang.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Visi dan Misi dalam Bekerja

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)