Apa Saja yang Harus Dilakukan Sebelum dan Sesudah Bangun Tidur

Tidur bukan hanya kebiasaan hidup sehari-hari tapi merupakan kebutuhan dasar manusia. Guna menjaga kesehatan, setiap hari manusia harus tidur minimal 7-8 jam. Sayangnya, walau jadi rutinitas tidak setiap orang tahu apa saja yang boleh dilakukan atau bahkan harus dilakukan sebelum dan sesudah bangun tidur.

Banjirembun.com

Banyak yang mengira mau tidur maupun terbangun darinya tak perlu ada ketentuan tertentu. Padahal pemikiran seperti itu salah. Seperti halnya benda "penggerak" lain, baik itu mesin maupun peralatan elektronik, tubuh manusia butuh perawatan dan perlakukan khusus. Ada "buku panduan" dalam menggunakannya.

Menerapkan prinsip kebiasaan sehat sebelum tidur maupun sesaat setelah bangun ditekankan salah satunya supaya kualitas dan kuantitas tidur terjaga baik. Pola tidur yang bermutu bakal membuat tubuh menjadi ringan, segar, bugar, serta jiwa atau emosi jadi lebih stabil. Dengan kata lain kesehatan tubuh akan terpelihara.


Apa yang harus dilakukan sebelum tidur agar kita tetap sehat?

Setidaknya ada beberapa kebiasaan sehat sebelum tidur yang harus dilakukan.


1. Mandi air hangat

Sejatinya mandi air hangat tidak hanya untuk membersihkan tubuh. Melainkan juga sebagai alat rileksasi otot-otot tegang yang digunakan seharian. Tak hanya itu, air hangat dapat menyesuaikan suhu tubuh agar nyaman saat mau tidur. Badan jadi mudah mengantuk dan tertidur. Dengan begitu kualitas tidur akan tercapai.


2. Konsumsi minuman pilihan

Air putih sebelum tidur sangat penting dikonsumsi. Selain air putih ada pilihan lain yang dapat digunakan yaitu air lemon hangat. Secangkir air lemon hangat dapat menciptakan keseimbangan pH (tingkat keasaman) dalam tubuh. Di mana, waktu malam hari sangat tepat untuk mengusahakan hal tersebut. Ketika pH tubuh seimbang maka tak mudah sakit.

Banjir Embun

3. Konsumsi makanan pilihan

Makan sebelum tidur berguna untuk "menenangkan" gejolak perut yang tiba-tiba muncul. Kalau tetap dipaksa tak makan justru akan sulit tidur. Selain itu makanan tepat sebelum tidur dapat mengatur kadar gula darah. Lebih baik konsumsilah makanan ringan seperti kacang almond, buah kiwi, dan pisang. Makanlah itu semua setidaknya 1 hingga 2 jam sebelum tidur.


4. Matikan perangkat elektronik

Menonaktifkan TV, laptop, hingga ponsel 30 menit sebelum tidur teramat perlu dilakukan. Bukan hanya karena cahaya birunya yang mampu mengganggu mata dan otak sehingga merusak siklus tidur. Lebih dari itu, ketika tetap menyalakan alat elektronik mata akan tetap tergoda untuk terus menonton dan menikmatinya. Akhirnya lupa untuk tidur.

5. Lakukan perenungan

Refleksi dan muhasabah diri sendiri sangat penting. Memaafkan dan mengikhlaskan kesalahan orang lain hingga tanpa ada satu cuil pun sisa. Ridho atas segala takdir atau kehendak Tuhan setelah berusaha mati-matian juga penting. Intinya lakukan penenangan pikiran sehingga otak benar-benar istirahat.


Apa yang harus dilakukan saat bangun tidur?

Setelah mata melek karena terbangun dari tidur tidak boleh serta merta menggerakkan badan. Hal pertama kali yang harus dilakukan setiba bangun tidur adalah menenangkan diri. Secara lengkap berikut uraiannya.

Ilustrasi sedang tidur (sumber gambar)

1. Duduk sebentar

Bangun dan dudukkan tubuh secara perlahan. Lakukan peregangan. Sangat tidak boleh setiba bangun tidur langsung menggerakkan tubuh dengan agresif. Sebab bila kalian bangun terlalu cepat lalu berdiri maka akan merasakan pusing. Sebab antara otak dengan peredaran darah tubuh belum sejalan. Beri waktu 1 hingga 2 menit tubuh untuk menyesuaikan diri.


2. Minum air putih

Saat tidur merupakan waktu yang tak sebentar bagi manusia untuk mengeluarkan uap air khususnya melalui hembusan nafas. Apalagi saat di tengah malam atau sesaat bangun langsung pergi ke kamar mandi. Setelah bangun tidur badan membutuhkan cairan pengganti. Lebih baik minumlah air putih agar tubuh terhidrasi. 


3. Berdo'a dan bersyukur

Dalam tidur kadang disertai mimpi yang terngiang hingga bangun. Baik mimpi buruk maupun mimpi indah lebih baik berdo'a pada Tuhan agar tetap diberi kebahagiaan hidup. Tak lupa untuk bersyukur karena telah dibangunkan dari tidur untuk memulai hidup lagi seperti biasa. Mulailah hidup penuh semangat dan optimis. Ucapkanlah kata-kata positif setulus hati.


4. Tonton dan baca hal-hal positif

Membaca dan menonton berita negatif setelah bangun tidur dapat mempengaruhi mood (suasana hati) satu hari penuh. Lebih berguna ketika kalian menonton atau membaca hal-hal positif seperti motivasi, cerita inspiratif, hingga kisah sukses orang-orang besar. Sebagai alternatif agar otak rileks tidak ada salahnya memutar musik sambil membaca dan menulis.


5. Menyantap buah dan sayuran

Sebelum melahap makanan berat atau menu utama lebih baik awali hari setiba bangun tidur dengan mengonsumsi buah dan sayuran. Selain untuk memasok vitaman ke tubuh, makanan yang penuh serat alami itu dapat bermanfaat bagi sistem pencernaan. Salah satunya membersihkan organ pencernaan dari racun.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Tanya Jawab Tentang Filsafat Pendidikan Islam dan Upaya Pembaruan Pendidikan Islam

Visi dan Misi dalam Bekerja

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece