4 Makanan Termahal di Dunia, Terendah Seharga 50-an Juta Rupiah

Banjirembun.com - Sebuah makanan yang harganya bisa tembus selangit kadangkala disebabkan oleh faktor "nyleneh". Misalnya, ditaburi emas. Tentu lapisan atau toping emas pada makanan tersebut asli logam mulia. Namun, emas tersebut sangat layak untuk dikonsumsi sehingga tak membahayakan bagi tubuh.


Selain ditentukan oleh alasan di atas, suatu kuliner bisa berharga tinggi dikarenakan penyebab lain. Sebut saja seperti bahannya langka (sulit didapat), cara mengolahnya sulit, hingga cara membudidayakannya rumit (butuh waktu lama). Pada intinya barang tersebut mewah lantaran memang dibutuhkan khasiat dan lezatnya. Bukan untuk "bergaya" semata.

Berikut ini empat makanan termahal di dunia:


1. Melon Yubari King

Melon Yubari King adalah varietas khusus buah melon yang ditanam pada rumah kaca di Yubari, Hokkaido, Jepang. Yubari King merupakan produk persilangan (hibrida) dua varietas  unggul lainnya. Yakni, jenis Earl's Favorite dan Burpee's Spicy Cantaloupe. Yubari King disebut sebagai buah termahal di dunia yang pernah dilelang seharga mobil mewah 600 jutaan.

Melon Yubari King (sumber gambar)


Satu pasang buah melon Yubari King harga termurah saja dihargai sekitar enam puluh juta. Sedang untuk kelas yang lebih tinggi dapat mencapai harga sekitar 250 juta rupiah. Entah nominal itu sebanding dengan rasa yang didapat atau tidak sejumlah orang yang pernah makan mengatakan buah ini lebih berair, renyah, dan manis.


2. Caviar Almas

Sudah tidak asing lagi kabar tentang caviar (telur ikan sturgeon) masuk kategori kuliner paling mahal di dunia. Akan tetapi untuk Caviar Almas ini sangat spesial. Satu kilogramnya dibandrol 500 juta rupiah. Hal itu disebabkan karena almas caviar ini diperoleh dari ikan albino (sturgeon beluga) yang amat langka. Di mana, usianya dapat mencapai 60-100 tahun.

Sturgeon beluga albino (sumber gambar)


3. Jamur Truffle Putih

Jamur Truffle putih dikenal sebagai makanan mewah dan mahal di dunia. Alasan jamur ini bisa mahal karena di alam liar sangat sulit ditemukan. Sebab jamur ini tumbuh di dalam tanah dekat dengan akar pohon. Adapun dalam proses budidaya membutuhkan kemampuan khusus lantaran sangat sulit tumbuh. 

Jamur turffle putih (sumber gambar)


Jamur seharga sekitar 31 juta per 0,45 Kg ini hanya tumbuh subur dalam kondisi cuaca tertentu. Membutuhkan cuaca dingin tapi tak bersalju. Maklum saja jamur asal Italia ini lebuh suka hawa sejuk khas eropa. Tak cuma itu, daya simpan jamur ini juga sangat pendek. Untuk mendapat kualitas rasa jamur ini mesti segera diolah dalam kurun 7 hingga 10 hari.


4. Safron

Safron atau kuma-kuma adalah istilah atau nama untuk rempah-rempah yang berasal dari bunga Crocus sativus. Satu kilogram safron berkualitas super harganya dapat mencapai 2,3 milliar rupiah. Harga tak masuk akal itu disebabkan karena masa tumbuhnya singkat, kualitasnya ditentukan oleh komponen kimia mahal, proses panen masih manual, sampai permintaan di pasaran sangat tinggi.

Zafron (sumber gambar)



Komentar

Baca juga postingan berikut:

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Kumpulan Group WhatsApp Berbagai Komunitas Koleksi *Banjir Embun*

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)