9 Makanan yang Menyehatkan Ginjal, Dapat Mencegah dan Memperbaiki Kerusakan

Banjirembun.com - Ginjal merupakan salah satu organ vital di dalam tubuh. Mengalami gangguan ginjal sedikit saja dapat mempengaruhi kinerja tubuh secara umum. Terlebih ketika kerusakannya parah sehingga terjadi yang namanya gagal ginjal. Sudah pasti risiko yang dihadapi mesti cuci darah tiap pekan atau pun operasi cangkok ginjal.


Di antara jenis-jenis penyakit ginjal yang perlu diketahui meliputi batu ginjal, gagal ginjal akut, ginjal kronis, radang ginjal (glumerulonefritis), kista ginjal (polikistik), hingga infeksi ginjal. Masing-masing punya gejala serta penyebab kemunculan tersendiri. Ada yang murni bersumber dari ginjal. Ada pula akibat dampak gangguan bagian tubuh lainnya.

Ilustrasi penyakit kista ginjal atau polikistik (sumber gambar)

Kendati demikian, seberapa sehat pun kondisi tubuh tatkala ginjal mengalami gangguan bakal berbahaya. Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Salah satu caranya yaitu mengonsumsi hidangan yang ramah serta menyehatkan bagi ginjal. Berikut ini sejumlah makanan yang terbukti ampuh memperbaiki fungsi dan mencegah penyakit ginjal:


1. Meniran Hijau

Meniran hijau termasuk tanaman liar yang tumbuh bebas di sekitar rumah. Tanaman ini berdasarkan praktik masyarakat dipercaya mengatasi penyakit batu ginjal. Sejumlah masyarakat yang baru pertama mengkonsumsi kapsul ekstrak meniran langsung menunjukkan reaksi beda saat buang air kecil. Timbul rasa sakit seperti anyang-anyangan.


2. Daun Kelor

Daun kelor alias moringa oleifera mampu membantu dalam merawat organ ginjal. Dengan meminum ekstrak maupun teh daun kelor berarti ikut andil dalam menjaga kesehatan ginjal. Sebab meringankan kerja organ vital tersebut. Bahkan, menurut sejumlah sumber menyebutkan daun kelor dapat mengobati gagal ginjal akut dan kronis.


3. Bunga Rosela

Bungan rosella bisa membantu kinerja ginjal yang berat dalam membersihkan limbah di dalam tubuh. Salah satu di antaranya mengurangi kadar natrium, asam urat, fosfat, hingga kalsium yang berlebihan menumpuk di badan. Dengan meminum teh rosela kandungan tersebut dapat terbuang bersama urin saat kencing.

4. Anggur

Buah anggur punya kandungan vitamin C dan vitamin K yang ampuh menurunkan risiko penyakit ginjal. Dengan catatan khusus yaitu sebagaimana dengan yang lainnya, penyakit ginjal yang dialami belum parah. Dapat dikatakan, bila ingin mengobati ginjal maka buah anggur tak boleh dilewatkan. Anggur juga dapat melindungi ginjal dari kerusakan lebih parah.


5. Daun Pegagan

Selain bagus untuk kulit, daun pegagan mampu diandalkan untuk kesehatan ginjal. Daun pegagan juga dapat mencegah kerusakan ginjal. Termasuk di antaranya dapat mengobati batu ginjal. Dari sejumlah penelitian perguruan tinggi menunjukkan daun pegagan terbukti ampuh merawat ginjal pada tikus percobaan di laboratorium.


6. Teh Hijau

Teh hijau berdasar penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering meminumnya punya risiko lebih rendah terkena batu ginjal. Sayangnya, beredar isu atau mitos bahwa teh hijau dapat menyebabkan batu ginjal. Padahal itu semua salah total. Kendati seperti itu tetap hindari minum teh hijau berlebihan serta dibarengi dengan obat parasetamol.


7. Makanan dan Minuman Mengandung Probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme yang dapat memberikan efek baik bagi manusia yang dijadikan inangnya (tempat tinggal). Beberapa makanan yang mengandung probiatik yaitu yogurt, kefir, asinan kubis, tempe, kimchi, miso, kombucha, acar, serta beberapa jenis keju. Probiotik dapat menghambat batu ginjal. Bakteri baik di dalamnya juga dapat menurunkan risiko batu ginjal kambuhan.


8. Jahe 

Jahe berperan penting membantu ginjal dalam menyaring racun lantas segera dibuang menuju saluran kemih. Jahe memperlancar aliran darah di sekitar ginjal sehingga proses pembersihan darah tidak tersendat. Jahe juga dapat menyeimbangan tingkat keasaman dalam darah. Intinya darah dalam tubuh sebelum masuk ginjal sudah dibersihkan dulu oleh jahe.


9. Bawang Merah

Bawang merah dapat membantu menjaga fungsi ginjal. Sebab, dia bisa menurunkan kadar asam urat maupun kadar kreatinin di dalam tubuh. Dengan begitu ginjal dapat termanjakkan karena mendapat bantuan bawang merah. Bisa dikatakan bawang merah mampu menjaga ginjal dalam kondisi prima karena tak perlu kerja keras.


Disclamer:

Perlu diketahui bahwa semua jenis makanan atau minuman di atas memiliki tingkat efektifitas berbeda dalam membantu menyehatkan ginjal. Serta tidak serta merta dapat menyembuhkan penyakit ginjal. Apalagi kalau sudah pada tingkat parah. Dalam tahap awal sangat mungkin penyakit ginjal diperbaiki dan dicegah agar tidak lebih parah. Salah satunya dengan cara mengkonsumsi makanan atau minuman yang disebutkan di atas sesuai takaran (tak berlebihan). Sebelum itu sangat disarankan konsultasikan dulu kepada dokter kesayangan kalian.

Komentar

Baca juga postingan berikut:

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia