8 Pekerjaan Berpenghasilan Tinggi Tahun 2022 Tanpa Gelar Sarjana

Banjirembun.com - Mencari pekerjaan sungguh tidak mudah. Kendati seperti itu tak boleh sembarangan dalam memburu kerja. Sebuah profesi selain disesuaikan dengan bakat, kemampuan, atau kecerdasan yang dimiliki juga mesti dipertimbangkan pula minat dan tujuan seseorang bekerja.


Ada kalanya seseorang melamar pekerjaan memang lantaran butuh uang. Di sisi lain terdapat pula orang ingin kerja bertujuan cuma ingin cari pengalaman. Lebih "enteng" lagi alasannya yaitu dari pada menganggur lebih baik kerja, toh biaya hidup masih ditanggung penuh oleh orang tua.

Apapun maksudnya, siapapun yang ingin mendapat pekerjaan sangat tepat membaca artikel ini. Di sini akan dibahas 8 jenis profesi berpenghasilan tinggi tapi bukan pekerjaan yang dapat diremehkan. Justru, bagi pemula yang akan terjun di dalamnya akan mendapat hal-hal berharga.


Baca: Tak Perlu Merantau ke Kota, ini 5 Jenis Usaha yang Menggiurkan di Pedesaan


Berikut ini 8 pekerjaan berpenghasilan tinggi 2022 tanpa gelar sarjana:


1. Manajemen Jasa

Bagi lulusan SMK sangat cocok masuk ke sebuah perusahaan kecil yang mengelola atau memanajemen jasa. Di antaranya jasa pertukangan untuk renovasi, pembangun rumah, dan kebutuhan tukang lain. Serta bisa juga membuka jasa service AC, kulkas, mesin cuci, hingga alat elektronik lainnya.


Perbedaan antara manajemen jasa di atas dengan bengkel biasa yaitu adanya digitalisasi. Pengelolanya akan mempromosikan usahanya secara luas dan terbuka di internet. Menggarap secara serius dan penuh tanggung jawab. Di mana, pihak manajemen tak cuma jadi penengah.


2. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah jenis pemasaran berbasis kinerja. Di mana, perusahaan akan memberi bonus (persenan) di luar gaji tetap pada pihak yang telah membawa pelanggan, pengunjung, atau pembeli  produk tertentu. Jadi, ini sangat berbeda dengan marketing freelance yang fleksibel tanpa ikatan.

Ilustrasi affiliate marketing (sumber gambar)


Perusahaan agen properti juga dapat masuk dalam kategori jenis profesi ini. Para marketing memasarkan properti yang akan dijual atau disewakan. Sales yang berhasil menjual atau menyewakan produk akan mendapat pemasukan tambahan. Tentu kinerjanya jauh lebih profesional ketimbang makelar.


3. Pengedit Video

Di zaman sekarang ini akses internet sangat murah dan mudah. Menonton video di dunia maya bukan lagi sesuatu hal yang mewah dan sulit dijangkau. Permintaan tayangan menghibur, inspiratif, informatif, sampai yang meneduhkan jiwa mulai meningkat tajam.

Penonton tentu lebih memilih melihat tontonan yang berkualitas. Terutama dari segi pengeditannya. Dengan begitu seorang editor profesional sangat diperlukan. Bukan cuma membuat konten. Melainkan juga membuat video pendek sebagai iklan. Bisa pula hanya untuk koleksi pribadi di medsos.


4. Konten Kreator

Pembuat konten adalah seseorang yang berkontribusi sekaligus mengaktualisasi diri di media digital melalui beberapa bentuk publikasi serta distribusi video, tulisan, foto kamera, atau pun gambar. Semakin banyak peminat karya tersebut makin besar peluang dapat penghasilan.


5. Pebisnis Online

Jual beli online merupakan kegiatan yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Baik itu penjual online yang mengandalkan aplikasi marketplace terkenal maupun yang hanya memakai akun medsos pribadi seperti facebook, whatsapp, dan instagram semuanya punya peluang besar.


6. E-tutor

E-tutor adalah pelatih, pendamping, pengajar, tutor, atau pembimbing yang melakukan pembelajaran secara elektronik. Artinya, proses belajarnya dilakukan secara personal (privasi) yang melibatkan penggunaan teknologi jaringan internet. Dalam catatan bukan cuma seperti les privat anak sekolah.


Seorang tutor online biasanya dapat mendampingi atau melatih para pebisnis pemula. Mereka bakal memberi rekomendasi, arahan, solusi, atau rancangan tertentu agar masalah yang dihadapi klien teratasi. Tentu tutor tersebut sudah pengalaman dan handal dalam bidang bisnis.


7. Freelancer

Freelancer atau pekerja lepas merupakan profesi yang fleksibel tanpa ikatan dengan pihak-pihak tertentu. Bekerja sendiri tanpa berkomitmen pada partner atau rekan maupun pada majikan. Dengan begitu dia sangat leluasa sehingga tak tergantung pada waktu dan tempat.


8. Digital Marketing

Digital marketing adalah aktivitas pemasaran serta promosi produk, merk (brand), atau jasa yang menggunakan media online. Orang yang pandai digital marketing dituntut tidak cuma pandai dalam strategi promosi online. Lebih dari itu dia juga harus bisa membuat aplikasi, website berbayar, email berbayar, sampai alat-alat tertentu agar produknya bisa terkenal di internet.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia