12 Penyebab Gugurnya Dosa-dosa Besar dan Kecil

Banjirembun.com - Setiap manusia pasti berdosa. Tak ada satupun insan yang terbebas darinya. Namun, dari sekian dosa tersebut tidak semua langsung gugur begitu saja. Salah satunya lantaran kelalaian.


Jangan merasa paling berdosa sehingga menganggap terlambat. Sebaliknya, hindari perasaan percaya diri bahwa dosa-dosa telah terampuni. Sebab, hanya Allah SWT yang berhak memutuskan.


Berikut ini beberapa sebab gugurnya dosa:


1. Terkena Musibah

Umat Islam yang sakit pasti mendapatkan fadhilah tersendiri. Salah satunya menggugurkan dosa. Begitu pula pada musibah lainnya. Misalnya bangkrut, kehilangan, tertusuk duri, hingga apapun yang menimbulkan kepenatan hati.


2. Mendapat Rahmat Allah

Allah menghendaki memberikan ampunan dosa pada hamba-Nya yang terpilih. Tanpa perlu manusia ketahui apa alasan Dia mengasih rahmat. Inilah kenapa sebaiknya umat Islam senantiasa mengharap rahmat-Nya serta cinta dari-Nya.


3. Meperjuangkan Hidup

Rasa capek, kesusahan, atau kepedihan fisik maupun batin dalam menjalani kehidupan dapat melunturkan dosa. Tingkatan perjuangan yang hebat penuh letih membuat peluang dosa gugur jadi lebih besar.


4. Syafaat

Syafaat Rasulullah maupun dari kalangan Muslim lainnya dapat menghilangkan sebagian atau malah seluruh dosa. Safaat diterima oleh pemilik dosa besar dari orang-orang yang mereka kenal atau tidak.


5. Ibadah Rutin

Sholat lima waktu, tarawih, dan puasa Ramadan mampu mengurangi dosa-dosa. Apa syarat dan ketentuan mendapatkan ampunan secara pastinya hanya Allah SWT yang berhak mengaturnya. Manusia tetap berusaha.


6. Mendirikan Sholat pada Lailatul Qadar

Lailatul qadar adalah malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Barangsiapa yang mendirikan sholat malam pada lailatul qadar dosanya yang telah lalu diampuni. Jadi kata kuncinya pada salat malam bukan di siang hari.


7. Zakat Fitrah

Zakat fitrah juga dapat jadi sebab memperoleh ampunan Allah SWT. Sebagian ulama mengatakan zakat fitrah dapat menutupi kekurangan yang ada. Mensucikan sebagian dosa. Misalnya akibat kata-kata kotor dan sia-sia.

Sumber gambar 


8. Istighfar dan Taubat

Zikir berupa lafal Istighfar mampu menggugurkan dosa-dosa, terutama yang kecil. Adapun taubat bisa meleburkan dosa besar. Keduanya memiliki tujuan utama yang sama yaitu minta ampun pada Allah SWT.


9. Doa Sesama Mukmin

Doa orang beriman dapat melunturkan dosa jenazah yang dishalati. Tentu ini adalah doa yang dilakukan setelah orang yang didoakan sudah meninggal. Di mana, tidak hanya dosa kecil tapi dosa besar yang diampuni.


10. Amal Saleh untuk Mayit

Sedekah, infaq, wakaf, atau amal sholeh lain yang pahalanya ditujukan pada mayat bisa menjadi sarana penghapusan dosa. Begitu pula hutang puasa Ramadan yang belum dibayar lantas ditunaikan oleh ahli waris.


11. Amal Kebaikan

Iringilah perbuatan buruk dengan perbuatan baik. Sesungguhnya berbuat kebaikan dapat menghapuskan dosa dari perbuatan buruk. Termasuk memerdekakan seorang budak merupakan bagian amal baik.


12. Haji Mabrur

Terkait haji mabrur silakan baca tulisan ini "3 Amalan yang Melebur Semua Dosa Sehingga Seperti Baru Dilahirkan Kembali". Di sana kalian juga akan mendapati 2 penggugur dosa lain yang tak disebutkan di sini.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Kumpulan Group WhatsApp Berbagai Komunitas Koleksi *Banjir Embun*

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)