7 Tips Agar Semua Kegiatan dan Perbuatan Apapun Bernilai Pahala

Banjirembun.com - Sungguh beruntung jadi umat Islam. Seluruh perbuatan dan kegiatan yang niatnya lurus dan benar untuk Allah SWT bakal mendatangkan pahala. Tak ada yang sia-sia. Bahkan diamnya lisan serta tidur pun bisa pula berpahala.

Ilustrasi bangun tidur (sumber gambar)

Sayangnya, amat sulit untuk memastikan sebuah niat sudah tepat atau belum. Kerapkali godaan duniawi seperti musibah, masalah, nafsu syahwat, harta, jabatan, hingga popularitas menjadikan sebuah niat tiba-tiba berubah.


Misalnya niat awal bersedekah untuk memanen pahala di bulan suci Ramadan. Seseorang berangkat ke Masjid untuk menghantarkan takjil. Di tengah jalan ketemu lawan jenis yang disukai. Sekita runtuhlah iman. Jadilah dia unjuk diri.


Supaya niat baik tetap terjaga sehingga mendatangkan pahala dalam setiap kegiatan atau perbuatan berikut ini tujuh tipsnya:


1. Cari Perhatian pada Allah

Percuma cari perhatian pada manusia. Seringkali makhluk bikin kecewa tatkala diharapkan. Carilah perhatian pada Allah SWT. Apapun yang dilakukan semata-mata ingin diperhatikan oleh-Nya.


2. Cari Muka pada Allah

Manusia begitu sedih ketika kehilangan muka di hadapan sesama. Namun, tanpa begitu khawatir saat mukanya tak pantas dihadapkan pada Allah. Mudah malu pada orang, tapi tak tahu malu pada-Nya.


3. Cari Nama Baik di Hadapan Allah

Selama ini banyak orang tidak menyadari bahwa ibadahnya seperti menolong, senyum, maupun akhlak mulia lain semata-mata masih ingin mencari nama baik pada manusia. Bukan ingin jadi baik di hadapan Allah SWT. 


4. Niatkan Mencari Ridho Allah

Tidak semua perbuatan bakal mendapat ridho Allah SWT. Butuh niat yang benar dan tak melanggar aturan agama. Contohnya sebaik apapun perilaku orang kafir tak akan mendapatkan ridho-Nya. Sebab niatnya sudah salah.


5. Meyakini Ketetapan atau Takdir Allah

Setiap tindakan pasti punya motif (pendorong) dan tujuan. Boleh saja bekerja ingin dapat gaji. Toh itu halal serta uangnya digunakan secara patut sesuai perintah-Nya. Akan tetapi, selalu ingat harus siap ketika gaji telat. Yakinlah, itu sudah jadi ketetapan-Nya.


6. Berprasangka Baik pada Allah

Perbuatan yang dilakukan terkadang di tengah jalan ada rintangan. Malah lebih parah lagi hasilnya tak sesuai rencana. Agar usaha yang dilakukan tersebut bernilai pahala yang lebih, seyogyanya berprasangka baiklah pada Allah SWT.


7. Bertawakal

Tawakal adalah berusaha secara serius, sungguh-sungguh, atau totalitas yang disertai keyakinan penuh bahwa apapun hasilnya sudah menjadi kehendak Allah SWT. Tawakal merupakan tindakan menyerahkan, mewakilkan, atau mempercayakan urusan pada-Nya.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Kumpulan Group WhatsApp Berbagai Komunitas Koleksi *Banjir Embun*

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)