2 Hal yang Paling Banyak Membawa Manusia Masuk Neraka

Banjirembun.com - Neraka ada tingkatan atau levelnya. Penghuni neraka bermacam dan berbeda bentuk siksaannya. Disesuaikan dengan dosa yang diperbuat. Begitu pula penyebab manusia masuk neraka amat beragam alasannya.


Sejumlah amalan yang dapat mengarahkan ke neraka meliputi memakan harta riba, memakan harta anak yatim, meninggalkan sholat, gemar menggunjing, pemimpin tak amanah, kikir, syirik, membunuh, curang, dan lain-lain. 


Selain tingkatannya yang berbeda, khusus bagi setiap Muslim yang masuk neraka memiliki durasi siksaan berbeda-beda. Lama tidaknya mendekam di neraka ditentukan seberapa berat timbangan dari dosa yang diperbuat.


Dengan demikian, orang kafir serta munafik pun meski kekal di dalam neraka tetap dibedakan kualitas azabnya. Tergantung pada seberapa parah amal buruk yang mereka lakukan. Orang kafir yang memusuhi umat Islam tentu beda dengan yang netral.


Dari sekian banyak cara masuk neraka ternyata ada 2 hal yang paling banyak jadi penyebab manusia masuk neraka. Yakni, menyangkut dua anggota bagian tubuh yang sering tak dikendalikan. Lebih detail berikut ini rinciannya:


1. Lisan

Banyak umat Islam maupun manusia pada umumnya yang kelihatannya baik, rajin ibadah, sopan, dan dermawan tapi lisannya rusak. Meski barangkali mampu menjaga tutur kata saat di keramaian, nyatanya busuk ketika di pertemuan kecil.


Mungkin saja di hadapan manusia kehormatan manusia nampak wajar serta baik. Namun, di mata Allah SWT  sungguh hina. Disebabkan suka mengadu domba, fitnah, ghibah, merendahkan orang, mengelabuhi, menyesatkan, dan sebagainya.


Bagaimana tidak mendapat murka dari-Nya, mulut yang tak terjaga telah merusak hubungan antar sesama. Tentunya juga menjatuhkan martabat orang yang dijadikan sasaran tajamnya lidah. Serta membuat manusia lain jadi salah paham.


Dalam konteks era digital seperti sekarang yang mana terdapat media sosial, barangkali tulisan (ketikan jari) di internet dapat disejajarkan dengan lisan. Artinya, lisan dan tulisan dapat dengan mudah menyebabkan umat Islam masuk ke neraka.


Baca juga: 5 Dosa Besar yang Bersumber dari Lisan dan Tulisan


2. Kemaluan

Mungkin ada orang yang mampu menjaga lisannya. Tak pernah menzalimi manusia lain melalui omongan yang disuarakan. Sayangnya, dia tidak sanggup menahan kemaluannya. Mudah tergoda untuk mengumbar nafsu birahi.

Ilustrasi siksaan menggunakan api yang menyala-nyala (sumber gambar)

Apalagi di tengah perkembangan teknologi canggih seperti sekarang. Cukup sendirian di dalam kamar siapapun dapat menonton video tak pantas. Menelepon maupun chatting dengan lawan jenis secara berlebihan tanpa batas.


Menganggap bahwa tak apa-apa "berzina" di kamar sendirian maupun secara virtual dengan lawan jenis. Alasannya, daripada zina beneran masih mendingan dilampiaskan tanpa sentuhan fisik. Padahal keduanya sama-sama dosa. Dibenci oleh Allah SWT.


Baca juga: Lakukan Perjalanan "Kecil" untuk Menghindari Bermaksiat Saat Sendirian di Kamar


Terlihat alim, suci, atau sholeh saat di area publik tapi berbuat dosa tatkala sendiri sungguh termasuk dosa besar. Terlebih, itu terkait dengan dosa yang melibatkan kemaluan. Oleh sebab itu, senantiasalah selalu ingat Allah dan berzikir di kala sendiri.

Komentar

Baca juga postingan berikut:

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia