5 Tips Bagi Muslim Agar Tidak Iri Hati, Dengki, atau Hasad

Banjirembun.com - Iri, dengki, dan hasad merupakan istilah yang sama. Ketiganya memiliki arti menghendaki hilangnya kenikmatan yang ada pada orang lain. Bahkan, cuma benci lantaran melihat atau mendengar orang lain dapat nikmat juga tergolong hasad. Terlebih lagi menginginkan nikmat tersebut pindah padanya.


Sedangkan orang yang ingin mendapatkan kenikmatan sama persis seperti yang dipunyai pihak lain tanpa ada keinginan nikmat orang lain itu hilang atau pindah bukan termasuk iri dan dengki. Melainkan itu sebuah motivasi atau penyemangat untuk memperoleh sesuatu.


Baca juga: Pengen Seperti Dia Boleh, Tapi Iri Hati atau Malah Ngrecokin Jangan


Berikut ini tips agar menjadi orang yang tak mudah iri:


1. Kuatkan Aqidah

Agar tidak iri hati perlu penguatan akidah. Meyakini dengan sungguh-sungguh bahwa semua hal telah ditakdirkan oleh Allah SWT. Manusia wajib menerima ketentuan itu. Jangan merasa pintar sehingga menyalahkan-Nya lantaran dianggap keliru membuat keputusan dan tak adil.

Ilustrasi iri hati (sumber gambar)


2. Pahami Akibat Dengki

Iri hati dapat melahirkan dosa baru berupa ketamakan (serakah), perpecahan (termasuk mudah diadu domba), ghibah, fitnah, hingga perbuatan zalim lain. Sifat iri saja sudah dosa apalagi ada tindaklanjutnya. Selain itu, hasad merupakan salah satu pintu bisikan iblis ke dalam hati manusia.


Baca juga: 7 Jalan Pintu Masuk Bisikan Iblis ke Dalam Hati Manusia


3. Bersyukur dan Bersabar

Bersukurlah saat di atas dan bersabarlah saat di bawah. Syukuri apa yang ada di tangan dan sekitarnya. Sabarlah tatkala ada orang yang menunjukkan kelebihan harta, jabatan, maupun popularitas. Entah itu karena memang sengaja pamer maupun tidak.


4. Ikhlas dan Ridho

Ikhlas menjalani tugas-tugas hidup dari Allah SWT merupakan kunci diterima amal seseorang. Tak akan ada artinya alias tak berpahala sebuah tindakan ketika niatnya sudah salah. Begitu pula mendapat ridho-Nya pada setiap perilaku sebagai tujuan satu-satunya amatlah penting.


5. Berdoa

Mendoakan kebaikan pada sesama Muslim ibaratnya seperti berdoa untuk diri sendiri. Doakan supaya orang yang diberi keunggulan senantiasa dapat hidayah. Kalau sulit, hendaknya berdoa untuk diri sendiri memohon agar  terhindar dari sifat iri hati.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Kumpulan Group WhatsApp Berbagai Komunitas Koleksi *Banjir Embun*

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)