5 Pengeluaran Rutin Mobil, Sebelum Beli Baca ini

Banjirembun.com - Mobil bukan cuma kendaraan untuk menghindari panas dan hujan. Lebih dari itu juga menjadi bagian gaya hidup. Seakan orang yang punya mobil dipandang hidupnya sudah mapan.


Kendati demikian, sepertinya cara pandang generasi sekarang terhadap mobil mulai berubah. Anak zaman sekarang lebih butuh berwisata atau hiburan ketimbang memamerkan kendaraan.


Mereka lebih canggih dan cerdas dalam mengelola uang. Bagi mereka mobil bukan tolok ukur kesenangan satu-satunya. Untuk menyenangkan diri menikmati naik mobil, bagi mereka cukup naik taksi online.


Ada banyak pertimbangan generasi muda menunda atau bahkan tak punya rencana beli mobil. Salah satunya lebih pilih membeli rumah harga 150-an juta kelas subsidi pemerintah ketimbang belanja mewah.


Alasan lain yaitu banyaknya pengeluaran yang mesti ditanggung. Baik itu untuk aksesori, perawatan, perbaikan, hingga biaya operasional. Daripada uang dikeluarkan untuk itu lebih baik ditabung. Itulah jalan hidup mereka.


Berikut ini 5 jenis pengeluaran rutin mobil:


1. Biaya Operasional

Bahan bakar, oli, baterai (aki), pompa ban, hingga cuci mobil tentunya membutuhkan anggaran tersendiri. Kalau ada kendala dari semua hal tersebut mobil bakal tidak nyaman atau malah tak bisa jalan.


2. Beli Suku Cadang

Ban merupakan salah satu suku cadang yang sering diganti. Belum komponen vital maupun pendukung lain yang terkadang perlu diperbaiki serta diganti. Misalnya seperti lampu, radiator, busi, dan lain-lain.

Ilustrasi mobil (sumber gambar)


3. Jasa Perawatan

Servis mobil sangat penting dilakukan berkala. Meski pada mobil baru diklaim gratis selama periode tertentu nyatanya kadang pelanggan masih ditarik biaya administrasi 50-150 ribu oleh bengkel resmi.


4. Pajak Kendaraan

Dari sekian bentuk pengeluaran uang untuk mobil, dari lini pajak merupakan yang paling rutin dan pasti. Dalam satu tahun setidaknya bisa membayar antara 1-5 jutaan. Tergantung umur dan jenis mobil.


5. Biaya Perbaikan

Ban bocor, body lecet, AC tak normal, lampu pecah, spion lepas, sampai kerusakan lain sangat pantas dimasukkan dalam daftar pengeluaran rutin. Terlebih ketika mobil itu sering dipakai. Peluang butuh perbaikan makin tinggi.


Dalam hitungan kasar uang yang harus dikorbankan dalam setahun untuk penggunaan mobil setidaknya antara 5-20 juta. Tergantung spesifikasi mobil, usia, transmisi/gigi, jarak penggunaan, gaya berkendara, dan faktor lainnya. 


Nominal di atas tentu tidak sedikit. Ketimbang seakan menguap begitu saja lebih bijak dipakai untuk hal penting. Sebagai gantinya gunakan sepeda motor atau transportasi umum ketika bermobilitas harian maupun jarak jauh.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Tanya Jawab Tentang Filsafat Pendidikan Islam dan Upaya Pembaruan Pendidikan Islam

Visi dan Misi dalam Bekerja

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece