Arti Slintat-slintut dan Slintutan dalam Bahasa Jawa

Banjirembun.com - Istilah slintat-slintut terdengar sangat mirip dengan plintat-plintut. Perbedaan di antara keduanya cuma di huruf s dan p.


Kendati begitu, meski konotasi kedua kata itu cenderung negatif lantaran berbau intrik atau siasat, ternyata maknanya lumayan beda.


Baca juga: Arti Plintat-plintut dan Plintutan dalam Bahasa Jawa


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) slintat-slintut artinya sembunyi-sembunyi. Sayangnya, di sana tidak ditemukan kata "slintutan".


Setelah mencari di Kamus Bahasa Jawa - Bahasa Indonesia II karya Sri Nardiati dkk diterbitkan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 1993. Tepatnya berada di halaman 255 untuk kata slintut diartikan sembunyi.




Dari sini dapat dipahami, saat kata slintut mendapatkan imbuhan -an akan memiliki arti sesuatu yang bersifat tersembunyi menyebabkan sulit diikuti dan dicari tahu kebenarannya.


Baik plintat-plintut maupun slintat-slintut, penyebutan keduanya sering kali disandangkan pada orang yang sedang "bermain" aman. Terutama dalam urusan sosial politik.


Kerapkali pihak yang sedang berbuat slintat-slintut juga bisa jadi karena takut. Dia malu untuk terus terang sehingga memilih berperilaku senyap. Agar tak menanggung risiko lebih berat.


Sebaliknya, dapat pula slintutan dilakukan oleh orang yang posisinya sedang di atas dan dominan. Namun, lebih memutuskan sembunyi agar perbuatannya leluasa.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia

Tanya Jawab Tentang Filsafat Pendidikan Islam dan Upaya Pembaruan Pendidikan Islam

Visi dan Misi dalam Bekerja

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece