Alasan Rasional Kenapa Inspirasi Kerap Muncul Tiba-tiba di Kamar Mandi

Banjirembun.com - Inspirasi adalah petunjuk yang datang begitu tiba-tiba yang mampu mendorong individu untuk berkreativitas, mengambil pilihan, dan membuat keputusan tanpa perlu menguras pikiran.  Terkadang, supaya mendapatkan pencerahan dan ide solusi atas masalah di kala sedang jeda (istirahat) bekerja, berkreasi, atau berkarya cukup dengan merenung terdiam. Lantas, inspirasi datang dengan sendirinya.


Inilah barangkali arti dari sebuah ungkapan "Berhenti sejenak bukan berarti menyerah". Sebab, mundur sementara itu dilakukan justru untuk merangsang alias memancing akal serta hati agar benar-benar tenang dalam menghadapi tantangan. Bahkan, cukup dijeda dengan pergi ke kamar mandi guna berkeramas telah berpotensi gampang melahirkan inspirasi sehingga kembali produktif.


Hasil dari setiap inspirasi yang didapat individu pasti berbentuk daya cipta. Baik itu penciptaan berupa teori atau gagasan yang bisa diucapkan serta dituliskan, maupun cara-cara praktis tertentu yang sanggup menghasilkan produk nyata. Oleh sebab itu, janganlah sombong diri. Kemungkinan seseorang dilahirkan "berangkat" dari inspirasi di toilet tetaplah ada.

Sedang keramas di kamar mandi (sumber gambar)

Bukan hal yang berlebihan apalagi patut disalahkan untuk bertanya pada para penulis, sutradara, seniman, ilmuwan, pengusaha, atau orang-orang produktif lainnya yaitu tentang apakah inspirasi mereka pernah didapatkan ketika "terdiam", mandi, dan keramas di dalam kamar mandi? Meski jarang dan tidak menghasilkan karya besar, pasti jawabannya pernah.


Semestinya, suatu inspirasi akan memotivasi seseorang untuk berbuat positif atau kebaikan. Kalau terjadi sebaliknya, amat cocok dikatakan sebagai "bisikan setan" dan gejolak hawa nafsu ketimbang disebut inspirasi. Dengan demikian, inspirasi tidak cuma diraih dengan berimajenasi. Lebih dari itu, inspirasi didapat saat melihat peristiwa maupun sosok manusia tertentu yang "sempurna".


Dari proses mengamati tersebut, bikin individu memperoleh gagasan dan cara yang aplikatif (mudah dipraktikkan). Namun, hal itu sama sekali tentu berbeda dengan meniru. Alasannya, seringkali inspirasi yang diperoleh hanya berupa serpihan petunjuk yang tak utuh. Kemudian, orang yang terinsipirasi tersebut akan melengkapi "metode" atau menjelaskan memakai langkahnya sendiri.


Kenapa inspirasi kerap muncul tiba-tiba di kamar mandi? Jawabannya, lantaran otak tengah berada di fase rileks tanpa terbebani sesuatu demi fokus buang hajat dan bersih-bersih diri. Di kala itulah, akal manusia berada dalam ketenangan. Efek menenangkan tersebut terkadang kadarnya melebihi dibanding pada waktu sedang mendengarkan musik, olah raga jalan kaki, serta berbaring.


Ketika dalam kondisi santai di atas, otak manusia berkurang beban-bebannya. Tak lagi terlalu aktif dipaksa berpikir kritis dan analitis yang sangat serius sehingga berisiko tertekan mentalnya. Nah, dengan seperti itu akan banyak ruang kosong di alam pikiran untuk berkelana bebas. Alhasil, kebebasan itu berbuah pada daya kreatif dan imajinasi yang tajam. 


Seakan, serta-merta begitu saja menemukan jawaban dari pertanyaan sulit yang tengah menghadang. Padahal, sebenarnya ide-ide brilian itu sudah ada di otak. Akan tetapi, solusi tersebut sulit untuk dikeluarkan akibat tertutupi oleh keadaan yang bikin tegang. Alih-alih terpompa untuk menemukan jalan keluar, malahan yang ada jalan buntu yang gelap gulita.


Otak memang gampang diajak berpikir tatkala pekerjaan yang dilakukan sangat lancar. Saat terjadi kendala, bakal sangat buruk kinerjanya. Walaupun hal itu telah diterapkan langkah demi langkah. Akhirnya, semakin dipaksa justru makin hilang kemampuan berkreativitas. Sebaliknya, memilih rileksasi membuat bagian otak lainnya menjadi aktif kembali. 


Mengistirahatkan otak agar terbebas dari pikiran apapun, malah memberi keleluasaan baginya untuk memikirkan sesuatu yang tak disadari sebelumnya. Dari itulah, ide-ide muncul seketika. Salah satu alasannya, cara pandang menjadi luas. Serta, tidak terjebak lagi pada benang kusut yang bikin stres dan penuh kecemasan akibat dikejar target.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia