Bagaimana Cara Mendapat Uang di Blog? Ini Pengalaman Para Blogger Dapat Uang dari Adsense


Ingin mendapatkan uang dari blog sungguh tidak mudah. Bila ada Blogger yang mengatakan gampang mendapat minimal 1,3 juta perbulan maka ia sudah pantas disebut ahli. Terlebih tatkala ngeblog itu bukan jadi pekerjaan utamanya.


Minimal satu juta tiga ratus ribu rupiah setiap bulan bukanlah nominal kecil. Apalagi bagi siswa, mahasiswa, maupun yang baru lulus belajar. Sungguh suatu kebanggan tersendiri memiliki penghasilan rutin secara mandiri.


Agar kalian makin ngiler, pengen, dan berhasrat berkarya dengan cara menulis di blog simaklah cerita dan pengalaman para blogger sukses di bawah.


1. Blogger 1

Dia memulai ngeblog sejak bulan April tahun 2012. Saat itu tulisan yang ia posting kebanyakan makalah miliknya sendiri serta milik teman-temannya. Sejak saat itu hampir setiap bulan memposting. Paling tidak satu bulan satu tulisan.


Dia sungguh naif, sungguh konyol, atau memang benar-benar tulus. Walau sudah tahu blog bisa dapat dipasangi iklan sehingga memperoleh uang, tapi dia tetap kekeh tak mau pasang. Hingga pada awal 2018 hasrat untuk itu ada.


Sungguh tak diduga. Ternyata syarat, cara, dan langkah untuk memasang iklan di blog melalui Google Adsense tidak mudah. Apalagi saat itu ia memang benar-benar butuh pendapatan rutin tiap bulan. Guna menyokong kehidupan rumah tangga.


Singkat cerita ia pernah merasa putus asa dan ingin menyerah. Sudah menulis banyak artikel, memperbaiki kekurangan, dan terus mencoba tapi belum juga dapat ACC dari Google Adsense.

Ilustrasi dapat uang dari Google Adsense (sumber gambar)



Tak dinyana. Akhirnya tanpa ada angin dan hujan tiba-tiba blognya sudah ada iklannya. Ia sungguh gembira. Padahal saat itu ia tak sengaja menyuruh temannya untuk kunjungi blog tersebut. Sungguh di luar dugaan.



Satu tahun pertama penghasilan blognya tidak tentu. Awalnya 50 ribuan, menjadi seratus ribuan, hingga paling mentok 600 ribuan per perbulan. Gaji pertama 1,3 juta ia peroleh 9 bulan semenjak iklan tayang di blog.


Setelah itu penghasilan 1,3 juta kedua ia peroleh tidak langsung bulan depannya. Melainkan butuh 2 bulan untuk mengumpulkannya. Setelah ia rajin menulis, promosi, mencari tips agar nilai klik (CPC) besar gaji minimal 1,3 juta perbulan ia peroleh.


Hingga kini penghasilan ia perbulan bisa mencapai minimal 5 juta. Kadang tembus 7 juta. Padahal ia hanya cuma menulis setiap hari dan mempromokan blognya. Cara promo juta tidak asal-asalan. Ada trik tersendiri.


2. Blogger 2

Tak sedikit blogger sukses yang memulai karirnya berangkat dari sekadar iseng-iseng. Seperti halnya master blogger satu ini. Pada saat itu ia tidak terlalu serius menggeluti bidang internet. Hingga ia sadar ternyata blog bisa jadi sumber uang.


Semenjak ia ingin mencari duit dari blog ia serius menggeluti. Pada saat merintis pertama kali ia banyak mengorbankan waktu, pikiran, dan tenaga untuk belajar mati-matian tentang blog dan Adsense. Paling tidak butuh waktu 8-12 jam sehari.


Kini sesudah ia mapan ilmu dan praktiknya dalam sehari cukup butuh 4-6 jam untuk "bekerja online" alias ngeblog. Blogger satu ini memiliki blog yang fokus pada satu tema tulisan. Bukan bertopik banyak ragam alias gado-gado.


Sekarang ia sudah memiliki 10 blog yang dikelola. Semuanya ada iklannya. Trik mempunyai blog lebih dari 3 dilakukan agar penghasilan semakin besar. Alasannya sederhana 10 x 2 = 20, tapi 3 x 4 = 12.


Dari pendapatan yang diperoleh ngeblog ia mampu jalan-jalan, menginap di hotel cukup mewah, membeli sepeda motor 250 cc, dan lain-lain. Malah dalam waktu dekat ini ia akan membeli tanah kavling untuk dibangun sendiri.


3. Blogger 3

Kisah terakhir mengulas tentang sosok yang berangkat dari keluarga miskin. Ia bertekad tak ingin mati dalam keadaan miskin. Walau seperti itu, ia juga tak ingin kerja keras untuk menjadi kaya. Keinginannya, cukup kerja di rumah tapi uang terus mengalir.


Sejak SMA ia sudah tahu apa itu Google Adsense. Apalagi guru TIK di sekolahnya jug mengajari tentang blog. Namun, saat itu belum terlalu menggelutinya karena masih asyik dengan dunia remaja.


Setelah lulus baru ia serius fokus mencari uang lewat blog. Siang jadi malam, malam jadi siang. Ia tak kenal waktu dan jarang tidur demi menguasai cara mendapat uang banyak lewat Google Adsense. Menurutnya banyak uang yang ia keluarkan untuk itu.


Ia beli jajan untuk cemilan, kopi, rokok, laptop, dan hand phone demi bisa menguasai ilmu yang diidamkan. Harus hutang ke teman dan saudara-saudaranya. Mau minta sama orang tua sudah malu karena sudah bantu sekolah.


Pria muda yang suka online ia setidaknya betah bekerja 10 jam setiap hari mengurusi blog dan adsense. Kerja selama itu tidak rugi. Setiap bulan dari Google Adsense bisa diterima minimal 15 juta rupiah. 


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Tanya Jawab Tentang Filsafat Pendidikan Islam dan Upaya Pembaruan Pendidikan Islam

Visi dan Misi dalam Bekerja

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece