5 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Blogger Pemula

Kalau tidak serius menjadi penulis blog lebih baik jangan coba-coba. Kreator konten blog bukan pekerjaan main-main. Harus dilakukan serius dan punya komitmen tinggi.


Sebelum menjadi Blogger, pastikan kalian punya tekat rutin menulis. Syukur-syukur setiap hari minimal satu tulisan utuh. Intinya jangan biarkan blog menganggur lama.

Sayangnya, masih ada saja sejumlah kesalahan yang sering dilakukan Blogger. Terutama para pemula yang hanya mengandalkan kepercayaan diri dan kenekatan.


1. Menyebarkan Tautan Blog

Link atau tautan blog hidup (siap klik berwarna biru) hukumnya haram untuk disebarluaskan. Apalagi tatkala itu dikirim pada keluarga atau teman dekat.


Link yang telah dipromosikan tersebut dapat mempengaruhi posisi blog di mesin pencarian. Bukannya makin sering muncul di halaman awal, malah bikin tenggelam.


Tak hanya itu. Link yang telah kalian promosikan tersebut membuat nilai klik iklan jadi turun. Alhasil, potensi pendapatan juga turun. Lebih baik lakukan secara alami.


Jangan meniru media besar yang menyebarkan tautan mereka di semua lini media sosial. Sebab, jumlah tulisan mereka saban hari banyak. Puluhan atau bahkan ratusan.


2. Meminta Klik Iklan

Mengemis atau meminta-minta siapapun mengklik iklan di blog merupakan perbuatan bodoh. Apalagi dilakukan setiap hari. Serta pula meminta pada orang sama.


Termasuk juga mengklik iklan sendiri di warnet atau perangkat lain bukan milik sendiri. Sama saja bakal berakibat fatal. Masih untuk akun AdSense ditangguhkan. Bagaimana kalau langsung diblokir total.


Google terlalu pintar untuk kalian bodohi. Google terlalu canggih untuk kalian akali. Ia tahu mana kreator pejuang sejati dan mana yang hanya pecundang cari cara curang.


3. Terlalu Pasif

Tak ada yang perlu diharapkan dari satu tahun pertama menjadi Blogger. Kecuali kalian punya tim hebat yang mampu membuat tulisan ratusan judul tiap bulannya.



Menjadi Blogger janganlah hidup menyendiri. Ikutilah grup atau komunitas blog atau Google AdSense di media sosial. Di sana kalian jangan malu bertanya.


Percayalah, membaca dan menonton tips cari uang lewat blog tak akan cukup. Kalian butuh pengalaman orang lain. Hal itu penting karena di grup itu selalu ada info terbaru.


4. Tak Gemar Menulis

Masih ada benarnya perkataan "Menjadi Blogger tak harus pintar menulis." Buat apa mahir menulis tapi seseorang tak punya kesenangan di bidang itu.


Kunci utama menjadi Blogger sukses ialah harus hobi menulis. Ketika akan atau sedang menulis tak ada rasa terbebani. Justru menganggap ada sesuatu yang kurang saat belum menulis. 


5. Blog jadi Sumber Uang Utama

Bagi siapapun yang tak punya modal hidup satu tahun ke depan dilarang keras menjadi Blogger. Adapun, bagi kalian yang makan dan tinggal ikut orang tua tak ada salah mencoba.


Sebuah kekeliruan besar mengandalkan blog untuk jadi pusat penghasil uang. Hampir semua Blogger hebat dari pertama buat blog hingga punya penghasilan jutaan perbulan butuh waktu 6-12 bulan


Para Blogger sukses memulai debutnya tidak gampang. Kerja keras, banting tulang, dan jarang tidur jadi kebiasaan harian. Mereka selalu belajar, latihan, melakukan uji coba, dan tak putus dalam berkarya.


Menjadi Blogger itu sulit. Kalau dirasa tak mampu. Lebih baik jangan mencoba. Daripada membuang waktu, tenaga, dan pikiran tiada hasil. Fokuskan diri pada bakat atau kemampuan yang dipunyai.




Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Hutangmu Menunjukkan Seberapa Besar Harga Dirimu

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece

Ngeri! Indonesia Punya DENHARIN, Pasukan Elit dari Terelit yang Ditakuti Dunia

Pernah Dengar Istilah "Kotak Pandora"? Inilah Kisah di Baliknya

Visi dan Misi dalam Bekerja