Jangan Pelit Berkorban Uang untuk 5 Hal Berikut, Supaya Tetap Sehat dan Berumur Panjang

Berhemat tidak ada salahnya. Asal dilakukan dalam porsi wajar dan pada hal-hal tepat. Justru tindakan pelit mengeluarkan uang untuk sesuatu yang penting bakal bikin merugi. Yakni, usia dan kualitas hidup jadi taruhan.


Tidaklah elok pelit berkorban demi investasi kesehatan dan berumur panjang. Siapa sih yang ingin di usai 50 tahun ke atas sakit-sakitan. Ada gangguan sedikit saja mudah terserang sakit. Kebergunaan hidup jadi menurun.

Sayangnya, agar tetap sehat dan panjang umur tidaklah gratis maupun mudah. Diperlukan anggaran keuangan tersendiri. Digunakan untuk memenuhi gaya hidup sehat dan berkualitas. Bukan yang sekadar hidup tanpa perhitungan matang.


Berikut ini 5 hal yang uang di kantong jangan pelit dikorbankan supaya terjaga kesehatan dan panjang usia.


1. Berwisata

Terlalu sering berada di ruangan seperti sekolah, kampus, kantor, rumah, tempat belanja, dan lain-lain tidaklah baik. Secara naluri manusia ialah makhluk yang tercipta bersatu dengan alam. Memisahkan keduanya adalah kesalahan.

Ilustrasi berwisata di pantai bersama cucu (sumber gambar)


Memang lebih dianjurkan untuk berwisata di tempat hijau, udara bersih, segar, dan sejuk. Tidak hanya menyehatkan pikiran dan jiwa tapi juga bagi paru-paru. Dengan begitu otak jadi refresh serta paru-paru termanjakan.


2. Selektif Pilih Makanan

Selalu mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang sangat baik untuk kesehatan dan umur panjang. Bijak memilih makanan jadi kunci utama. Sebagaimana pepatah "Dirimu adalah apa yang kamu makan." 


Hindari makanan maupun minuman tinggi garam, tinggi gula, berminyak (goreng-gorengan), berlemak jenuh, gosong, bakar, berpewarna kimia, alkohol, rokok, berpengawet kimia, dan berkarbonansi. Sesekali mungkin tak masalah tapi awas ketagihan.


Baca: 5 Alasan Penting Tak Sering Membeli Makan di Luar Rumah, Lebih Baik Masak Sendiri


Diutamakan pilihlah makanan berbahan nabati. Sayur mayur segar, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, jamu buatan sendiri, dan obat herbal. Mengonsumsinya dapat mencegah dari hipertensi, sakit jantung, stroke, hingga kanker.

3. Hindari Lembur

Maksud hati ingin menambah penghasilan dengan cara lembur. Namun, yang terjadi malah melakukan penimbunan sumber penyakit. Mungkin hasilnya tidak dirasakan saat itu juga. Butuh waktu dan pemicu lain sehingga jadi malapetaka.


Jam biologis manusia didesain untuk istirahat saat malam. Sebab manusia bukan makhluk hidup nokturnal. Memaksakan diri untuk tetap beraktivitas saat malam hari apalagi yang berat sungguh celaka. Otak dan tubuh dipaksa bekerja.


Idealnya setiap malam manusia butuh tidur selama 7-8 jam. Tidur yang cukup dan berkualitas dapat meningkatkan daya tahan (imunitas) tubuh. Selain itu orang yang kurang tidur gampang terserang depresi dan mudah tersinggung.


4. Olah raga

Olah raga yang murah ialah jalan kaki dan lari berjarak jauh. Kendati demikian, kadang orang enggan melakukannya. Alasannya yaitu malu karena tak punya sepatu, kaos, atau peralatan penunjang lainnya untuk olah raga.


Tak boleh pelit berkorban uang untuk olah raga. Apalagi ketika olah raga itu dilakukan berkelompok. Tentu butuh anggaran untuk menyewa lapangan serta beli hal-hal lain yang terkait langsung maupun tidak langsung padanya.


Untuk berenang misalnya tentu butuh kolam renang, baju renang, kaca mata renang. Sebagaimana diyakini bahwa berenang juga merupakan salah satu olah raga yang baik untuk kesehatan tubuh dan jiwa.


5. Menggeluti Hobi

Ada hobi yang murah meriah atau bahkan tak perlu uang sama sekali. Akan tetapi ada juga hobi yang mesti berkorban uang untuk menyalurkannya. Tak perlu khawatir, ketika dilakukan benar suatu hobi malah dapat untung besar.


Keuntungan menggeluti hobi tidak hanya masalah kesehatan mental. Orang jadi lebih bahagia dalam menjalani hidup. Lebih dari itu, terkadang justru hobi mendatangkan hoki. Mendapatkan sumber penghasilan dari hobi yang ditekuni.


Jangan siksa diri terus-terusan untuk melakukan hal-hal serius. Beri waktu untuk kebahagiaan diri. Menyalurkan hobi merupakan salah satu cara supaya hidup jadi lebih berwarna. Tidak hanya melulu bergelut soal kerasnya kehidupan.


Disclaimer: Tentu masih ada faktor lain supaya tetap sehat dan berumur panjang. 5 Hal yang disebutkan di atas merupakan bagian kecil. Ada penentu lain yang tak boleh dihindari seperti selalu berpikir positif (kendalikan stres), hindari gelisah, rutin minum kopi tanpa tambahan apapun dengan porsi tepat, menghabiskan waktu bersama orang tercinta, olahraga otak (isi TTS, main puzzle, dan lainnya),  banyak senyum, menjaga berat badan ideal, hindari make up, dan faktor pendukung lainnya.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Kumpulan Group WhatsApp Berbagai Komunitas Koleksi *Banjir Embun*

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)