6 Manfaat Besar Ngulet atau Molet

Ngulet atau molet/mulet (dalam bahasa jawa) ternyata bukanlah gerakan tanpa arti. Gerakan tersebut selain menjadi tanda tubuh sedang bugar, ternyata melakukannya punya manfaat besar. Salah satunya dapat merileksasi tubuh.

Banjirembun.com

Seringkali ngulet dilakukan secara reflek tanpa perencanaan. Saat terbangun dari tidur atau setelah badan berbaring dan duduk cukup lama. Gerakan molet itu muncul tiba-tiba bahkan meski tubuh masih dalam keadaan berbaring.

Manfaat ngulet tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh. Lebih dari itu juga dapat menjaga kesehatan jiwa. Sesudah mulet biasanya orang akan tersenyum, merasa optimis, dan perasaan lain yang sulit digambarkan.


Perilaku ngulet tidak hanya dilakukan oleh manusia. Umumnya hewan bertulang belakang juga terbiasa molet. Contohnya seperti kucing, kuda, dan masih banyak lagi. Nah, apa perbuatan menggeliatkan tubuh tersebut hanya sia-sia tanpa makna?


Bagaimanapun, menggeliat tidak hanya membawa nikmat. Akan tetapi juga memiliki manfaat sebagai berikut.


1. Meredakan Stress

Rasa bosan, gabut, dan tekanan pekerjaan seringkali membuat mental terganggu. Ketika otak sedang mati gaya bingung mau bertindak apa secara refleks ia memerintahkan tubuh untuk ngulet agar hormon anti stress terproduksi.

Ilustrasi bayi sedang ngulet (sumber gambar)

2. Mengatasi Otot Tegang

Otot besar merupakan otot yang dikendalikan otak secara sadar. Saraf atau saluran-saluran antara otot ke otak atau sebaliknya ketika tegang mengalami gangguan. Dengan mulet saluran tersebut kembali lancar sehingga mudah dikendalikan.


3. Melancarkan Peredaran Darah

Setelah lama dalam posisi menetap bahkan tegang cukup lama (tidur atau duduk) membuat peredaran darah tak lancar. Ngulet merupakan langkah awal sebelum pergerakan besar supaya darah mengalir lancar dalam tubuh.


4. Pasokan Oksigen Melimpah

Oksigen dalam tubuh dapat menjadi energi. Dengan mulet otot diafragma (bawah paru-paru) bakal terbuka lebar. Akibatnya oksigen yang dihirup jadi lebih melimpah. Kemudian oksigen itu diedarkan ke seluruh tubuh oleh darah.


5. Menambah Energi

Menggeliatkan tubuh sangat penting dilakukan. Sebagian ahli mengatakan bahwa molet di pagi hari berdampak pada peningkatan energi tubuh sepanjang hari. Dengan begitu rasa malas, tak bergariah, letih, dan lesu dapat dicegah.


6. Menghangatkan Tubuh

Rasa dingin membuat orang merasa malas. Apalagi saat suhu dingin sesaat terbangun tidur. Supaya tubuh siap untuk beraktivitas otak memerintahkannya ngulet. Alhasil, oksigen dalam darah meningkat sehingga tubuh juga jadi hangat.

Disclaimer: Walau ngulet sudah menjadi kebisaan manusia sejak bayi, tetaplah hati-hati dalam melakukan. Lakukan dengan pelan-pelan. Latih tubuh saat melakukan molet tidak secara brutal. Agar tidak terjadi cidera otot maupun gangguan kesehatan lainnya.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja