5 Tips Supaya Nyeri Haid Bisa Mereda dengan Biaya Murah dan Tanpa Obat

Nyeri haid adalah keluhan pada daerah perut yang umum terjadi pada perempuan yang biasanya muncul sebelum dan di awal menstruasi. Pada sejumlah kaum hawa gangguan tersebut bikin tidak nyaman, mengganggu, sampai bikin pingsan. Bagi sebagian lain rasa nyeri cepat mereda dan dapat dikondisikan.

Banjirembun.com

Gangguan nyeri haid bisa terjadi secara wajar karena tingkat sensitif tinggi. Dapat pula disebabkan ada kondisi kesehatan tertentu. Sebut saja terkena sindrom prahaid, penyakit radang panggul, mioma uteri, adenomiosis, hingga endometriosis. Gejalanya hampir sama yaitu nyeri haid, kram, dan sakit perut.

Gejala di atas merupakan yang utama. Masih ada gejala lain seperti pusing, paha bagian dalam terasa ditarik, mual, nyeri di punggung bagian bawah, muntah, dan lain-lain. Umumnya keluhan tersebut dapat mereda tanpa pengobatan maupun tindakan medis lain. Namun tidak bagi wanita lain.

Ilustrasi gadis sedang nyeri haid (sumber gambar)

Selain menggunakan obat-obatan dan biaya mahal, sebenarnya masih ada tindakan lain yang lebih murah. Berikut ini tips supaya nyeri haid bisa mereda tanpa mahal dan obat.


1. Mengatur pola makan dan minum

Tubuh yang sakit merupakan "kode" peringatan bahwa ada sesuatu makanan yang tak sehat tetap dikonsumsi. Meski itu sehat bila berlebihan dan tak cocok sesuai kesehatan tubuh juga tak baik. Hal itu sesuai dengan ungakapan "Dirimu adalah apa yang kamu makan." Apabila makanan yang dikonsumsi sembarangan maka tubuh juga jadi "sembarang".


Beberapa jenis makanan yang dapat mengurangi kram yaitu sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, protein tanpa lemak, dan asam lemak omega-3. Selain itu minumlah air putih dalam jumlah memadai (lebih dari cukup) supaya terhindar dari dehidrasi ringan maupun berat. Sebab dehidrasi menjadi penyebab umum rentan terkena kram.


Sebagai tambahan yang tak kalah penting hindari garam berlebih, kafein (misal kopi dan teh), minuman berkarbonansi, dan makanan berlembah. Itu semua dapat menyebabkan retensi air dan kembung. Serta tentunya dapat meningkatkan efek dehidrasi dalam tubuh.


2. Konsumsi kunyit

Kunyit mengandung bahan kimia alami yang bernama kurkumin. Zat tersebut dapat meredakan gejala PMS (sindrom pramenstruasi). Konsumsilah kunyit beberapa hari sebelum haid maupun sesudahnya. Kandungan kurkumin di dalamnya dapat menghambat produksi prostaglandin berlebih di rahim. Dengan begitu rasa nyeri akibat kram dapat dicegah.


3. Terapi air hangat

Menstimulasi daerah perut, punggung bawah, dan kaki dengan air hangat sangat baik. Caranya menggunakan handuk yang direndam air panas, menyeka dengan botol isi air hangat, atau dengan alat pemanas listrik dapat meredakan nyeri. 


Kehangatan tersebut juga mampu meredakan kram karena otot bakal mengendur. Otot perut dan sekitarnya menjadi rileks.


4. Pijatan disertai minyak esensial

Minyak esensial atau minyak asiri dapat membantu meredakan nyeri haid secara signifikan. Penggunaannya secukupnya sambil dicampurkan dengan minyak pijat untuk memijat perut. Pijatan lembut di area atas perut dapat membuat otot tidak tegang. Dengan begitu kram bisa segera diatasi.


5. Olah raga ringan

Olah raga tidak berat sangat baik untuk para gadis yang sedang menstruasi. Tujuannya meregangkan otot-otot supaya tidak kaku dan mudah kram. Cukup melakukan gerakan pemanasan, jalan-jalan kecil, dan gerakan yoga. Lebih dari itu ternyata dengan olah raga hormon endorfin (pembuat bahagia atau nyaman) bakal terproduksi. Dengan begitu rasa sakit menjadi hilang atau terabaikan.


Disclaimer: Apabila sudah melakukan salah satu, beberapa, atau semua terapi di atas akan tetapi nyeri haid tetap menyerang maka temuilah dokter terpercaya kalian. Tips di atas bukan untuk mengobati maupun mencegah penyakit tertentu. Melainkan hanya untuk mengurangi rasa nyeri dan kram akibat mengalami menstruasi.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Kumpulan Group WhatsApp Berbagai Komunitas Koleksi *Banjir Embun*

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)