Video Perbedaan Teknologi Pengereman Sepeda Motor Berbasis ABS dan Non ABS

Sepeda motor zaman sekarang telah banyak ditaburi fitur teknologi canggih. Tak hanya motor gede (moge), sport, atau yang sejenisnya. Bahkan, sepeda motor matik harga 20-an juta sudah banyak yang menggunakan teknologi pengereman berbasis ABS.

Banjirembun.com

ABS atau Anti-lock Bracking System merupakan salah satu fasilitas penting untuk pengendara. Teknologi tersebut tidak hanya sekadar untuk menaikkan pamor sepeda motor. Lebih dari itu pengguna bakal dapat jaminan kenyamanan dan keselamatan ekstra.

Model pengereman seperti apapun yang dilakukan pengendara baik yang keras, panik, maupun lembut bakal diatasi oleh sistem ABS. Resiko motor terselip dan kehilangan keseimbangan dapat dikurangi. Bahkan saat kondisi jalan tidak memadai seperti licin dan berlubang sekalipun.


Teknologi ABS mampu menghindarkan roda terkunci akibat pengendara melakukan pengereman keras, kuat, dan mendadak. Sistem anti-kunci pengereman tersebut menjadi standar keselamatan sepeda motor di Eropa. Uniknya, ABS sangat cocok digunakan di jalan raya tapi tidak untuk di arena balap.


Motor Balap MotoGP tak Menggunakan ABS

Perlu diketahui ABS tidak boleh dipasang pada sepeda motor MotoGP. Bukan karena penyelenggara balapan itu ingin menyelakai para pembalap. Perlengkapan para pembalap sudah lengkap dan teramat canggih. Tanpa adanya ABS mereka tetap aman meski jatuh berkelimpangan.


Namanya olah raga balapan, pasti para atlet dituntut untuk mengandalkan keterampilan mereka. Termasuk skill dalam pengereman dan mengendalikan sepeda motor saat dalam mode pengereman darurat. Lagian Federasi FIM melarang penggunaan ABS. Pengereman harus secara manual.


Alasan lain dengan adanya teknologi ABS malah membuat pembalap tidak leluasa mengendalikan sepeda motor. Dengan adanya ABS sepeda motor seringkali melakukan pengereman sendiri (otomatis) secara "pelan-pelan" sehingga butuh jarak jauh. Itu tentu bakal memperlambat laju motor.


Ketika ada gejala gangguan aneh pada kendaraan ABS bakal bereaksi. Misalnya apabila jalan licin kehujanan dan ada selip karena gaya bersepeda pembalap maka serta merta ABS bakal mengerem secara lembut. Itu dilakukan agar pengendara tidak terjungkal karena motor roboh.


3 Video Perbedaan Penggunaan Sepeda Motor ABS dan Non ABS

Amat nyata dan tak terbantah perbedaan rem ABS dan non ABS saat dipakai. Pengereman mendadak motor berbasis non ABS sangat membahayakan bagi pengguna, para pengendara lain, maupun penumpang. Silakan kalian lihat sendiri bukti kehebatan motor berbasis ABS dalam menstabilkan kendaraan.







Itulah video perbedaan teknologi pengereman sepeda motor berbasis ABS dan Non ABS. Kalian sudah puas bukan tahu sendiri buktinya betapa teknolog ABS itu sungguh luar biasa. Sebarkan link atau tautan tulisan ini ke teman kalian biar mereka juga jadi tahu.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Tanya Jawab Tentang Filsafat Pendidikan Islam dan Upaya Pembaruan Pendidikan Islam

Visi dan Misi dalam Bekerja

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece