Bikin Bingung, Tomat dan Terung Buah atau Sayur

Orang sering mengatakan tomat dan terung sebagai sayuran. Pernyataan itu hadir di benak masyarakat bukan dilandaskan dari kaidah biologi. Melainkan muncul lantaran keduanya menjadi bahan olahan untuk kudapan maupun dimasak sebagai sayur. Sama seperti tanaman sayur pada umumnya.

Banjirembun.com

Ternyata perkiraan di atas salah total. Mulai sekarang tak boleh bingung lagi dalam membedakan buah dan sayuran. Sebab antara sayur dengan buah itu beda. Sayur adalah bahan makanan yang terbuat dari dedaunan, batang, dan akar tumbuhan. Adapun buah adalah organ tumbuhan yang berfungsi membungkus biji untuk berkembang biak.

Bisa dikatakan buah hakikatnya bukan "bagian" dari tumbuhan yang dinaunginya. Sebab ia tumbuh dengan bentuk unik hanya untuk difungsikan reproduksi (kembang biak). Dalam kondisi tertentu misalnya sudah matang dapat terlepas secara sendiri dari tumbuhan induknya.


Tak hanya tomat dan terong. Masih ada sejumlah bahan mentah maupun yang siap makan hasil petik dari tumbuhan mendapat kesalahan dalam mengartikan. Kenyataannya masuk kategori buah-buahan tapi dikatakan sebagai sayuran. Tak hanya ibu-ibu rumah tangga. Para pedagang pun demikian.


Secara lengkap berikut ini 5 contoh dari beberapa bahan makanan yang sering dikatakan sebagai sayuran padahal buah-buahan.


1. Tomat

Tomat adalah bahan makanan yang dihasilkan dari tumbuhan berjenis terong-terongan (Solanaceae). Ia berasal dari benua Amerika Selatan hingga Amerika Tengah. Dari Meksiko sampai peru. Buah ini tidak hanya dapat langsung dimakan sebelum dicuci. Tapi juga dapat jadi lalapan dan bumbu masak maupun sambal.

Tomat dan Terung adalah buah (sumber gambar)


2. Terung

Terung adalah bahan makanan yang dihasilkan dari tumbuhan yang hidup tanpa musim atau tahunan. Ada yang mengatakan terung bagian dari berry. Berasal dari India dan Sri Lanka. Buah ini termasuk paling sering dijadikan sayuran. Kadang sebagai kudapan dengan nasi goreng maupun sambal. Buah ini lebih enak diolah dulu baru dimakan.

Banjir Embun

3. Mentimun

Timun, ketimun, atau mentimun adalah bahan makanan yang dihasilkan dari tumbuhan menjalar ke atas. Ia tergolong tanaman suku labu-labuan (Cucurbitaceae). Berasal dari Benua Asia. Buah ini paling sering digunakan masyarakat Indonesia untuk dikonsumsi langsung maupun sebagai lalapan dan kudapan.


4. Labu

Waluh atau labu adalah bahan makanan yang dihasilkan dari tumbuhan merambat di permukaan tanah. Ia termasuk tanaman suku labu-labuan. Tumbuhan ini berasal dari Benua Amerika. Labu berdasar kajian ilmiah merupakan buah-buahan. Adanya biji di dalamnya sudah jadi bukti kuat.


5.Jagung

Jagung adalah bahan makanan berkarbohidat yang penting di dunia selain pada dan gandum. Warga benua Amerika Tengah dan Selatan menjadi jagung sebagai makanan pokok. Begitu pula sebagian penghuni benua Afrika. Jagung bukanlah tanaman biji-bijian. Ia merupakan jenis buah kering.


6. Buncis

Kacang polong atau bunci adalah bahan makanan yang kaya kandungan protein berasal dari tanaman berjenis polong-polongan. Tanaman tersebut berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Biji kacang polong yang terbungkus dapat disebut buah. Sebab di dalam buah itu terkandung biji yang dapat dijadikan untuk reproduksi.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Kumpulan Group WhatsApp Berbagai Komunitas Koleksi *Banjir Embun*

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)