Teknologi Quick Shifter pada MotoGP Sudah Dipakai pada Motor Komersial, Ini Videonya


Quick shifter atau disingkat QS berasal dari bahasa inggris. Artinya kurang lebih "penggeser atau pemindah secara cepat". Teknologi QS yang biasa digunakan motor pada lomba MotoGP di tahun 2020 sekarang ini lagi jadi buah bibir. Hal itu lantaran sepeda motor komersial sudah mulai mengadopsinya.
Banjirembun.com

Quick shifter adalah satu paket perlengkapan teknologi canggih yang mampu memindahkan atau menggeser gigi pada transmisi manual tanpa menggunakan kopling. Pengguna sistem QS ini bukan sepeda motor bebek atau sejenisnya. Akan tetapi sejauh ini masih motor gede 250 CC.


Sepeda motor yang baru-baru ini memakai fitur canggih sepeda motor MotoGP itu yaitu Kawasaki Ninja ZX-25R dan Honda CBR 250RR SP. Walau sebenarnya ada sedikit perbedaan penerapan QS pada keduanya. Teknologi gigi tersebut dapat memanjakan pengendara karena meningkatkan kenyamanan sekaligus keamanan saat berkendara. 


Tak hanya itu, kelebihan lain yaitu akselerasi motor jadi lebih cepat. Hal tersebut lantaran putaran mesin tidak banyak naik-turun secara sering. Motor tidak bakal kehilangan tenaga saat akselerasi. Sungguh wajar bila sepeda MotoGP dilengkapi dengan teknologi QS. Supaya ajang balapan bisa terjadi secara seru. Laju motor tetap kencang. Anti kendor.


Perlu diketahui dalam satu kali sesi kejuaraan MotoGP para pembalap setidaknya melakukan 500 kali pergantian gigi. Agar lebih efisien dan efektif serta supaya kaki mereka tak capek perpindahan gigi dibuat secara terbalik. Cara memindahkan gigi cukup seperti motor bebek. 


Para pembalap hanya menambah gigi dengan cara menekan dan mengurangi dengan cara dicukit. Itu dilakukan demi memanjakan pembalap. Mereka jadi lebih mudah berkonsentrasi dan leluasa mengatur perpindahan gigi saat di tikungan, pengereman, maupun hendak menyalip. Lebih lengkap silakan lihat video di bawah.


Agar performa tetap gahar di lintasan digunakanlah sistem quick shifter. Pengendara motor tidak perlu memakai kopling yang perlu banyak jeda waktu. Cukup menginjakkan batang perseneling saja. Dengan begitu kecepatan tetap terjaga walau sering memindahkan gigi. Bisa dikata kopling menyebabkan kecepatan menurun karena mesin harus mati dalam waktu sepersekian detik.


Waktu satu detik saja dalam dunia balap sangat berarti. Waktu yang terbuang dan tak diperlukan semakin sering dipangkas akan membuat peluang kemenangan makin besar. Sudah jelas QS sangat efektif dalam mempertahankan laju motor balap. Tak perlu khawatir, QS juga dapat digunakan secara harian pada jalan raya. 


Berikut ini video-video tentang Quick Shifter.








 


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Tanya Jawab Tentang Filsafat Pendidikan Islam dan Upaya Pembaruan Pendidikan Islam

Visi dan Misi dalam Bekerja

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece