Empat Fase Kehidupan Manusia yang Sangat Mirip Metamorfosis Kupu-kupu

Banjiremun.com - Metamorfosis adalah proses perubahan fungsi, struktur, dan penampilan tubuh hewan dalam melakukan pertumbuhan maupun perkembangan dari lahir atau penetasan hingga dewasa. Salah satu hewan yang melakukan metamorfosis secara sempurna yaitu kupu-kupu. Fenomena tersebut seringkali dikaitkan proses pendewasaan diri.


Sebagaimana makhluk lain, setiap manusia juga pasti melalui tahap-tahap dalam tumbuh dan kembang. Kalau fase dalam metamorfosis waktu yang dibutuhkan dan perubahannya hampir sama semuanya, hal berbeda dengan "metamorfosis" kehidupan manusia. Ada kalanya waktu yang dibutuhkan dalam satu tahap berbeda antara orang satu dengan lain.

Berikut ini empat fase kehidupan manusia yang diibaratkan seperti metamorfosis kupu-kupu:


1. Fase Telur

Pada tahapan ini manusia akan melakukan proses belajar. Belajar apapun itu baik tentang dirinya, orang lain, sampai lingkungan sekitar. Di fase ini seseorang akan mencari jati diri. Di bidang apa saja bakat dan bidang kecerdasan yang dia kuasai. Menjadi paham tentang bagaimana kebutuhan serta prinsip dari hidupnya. Dia tahu bagaimana cara hidup ideal.


Usia pada manusia biasanya antara 0 tahun hingga sekitar 25 tahunan.

Proses metamorfosi kupu-kupu (sumber gambar)

2. Fase Ulat

Di tahap ini manusia sudah sadar mesti hidup mandiri. Tidak lagi dilindungi di dalam cangkang telur. Mereka mulai mencari nafkah. Menjumputi dedaunan hijau yang sehat dan dibutuhkan oleh tubuh mereka. Pada tahapan ini akan banyak sekali ujian. Tidak cuma persaingan antar sesama ulat untuk memakan daun. Lebih dari itu bisa jadi mangsa predator.


Usia pada manusia biasanya antara 25 tahunan hingga sekitar 45 tahunan.


3. Fase Kepompong

Pada tahap ini manusia sudah tidak terlalu "serakah" lagi pada kehidupan duniawi. Telah merasa kenyang dan sudah terpenuhi semua kebutuhan. Kekuatan fisik sudah mulai melemah. Di sinilah tirakat untuk mendekat pada Tuhan biasanya dimulai. Terkadang ada juga yang justru makin sukses. Walau bekerja tak sekeras di saat muda dulu nyatanya uang makin banyak datang kepadanya.


Usia pada manusia biasanya antara 45-an tahun sampai sekitar 50 tahunan.


4. Fase Kupu-kupu

Pada fase terakhir ini manusia menuju puncak hidupnya. Dia sudah tidak akan dapat lagi kembali menjadi telur maupun ulat. Sebagaimana kupu-kupu yang ikut membantu penyerbukan bunga, seseorang pada tahap ini akan sangat terlihat nilai kebermanfaatannya. Kehadirannya menyejukkan dan membawa kebijaksanaan. 


Usia pada manusia biasanya antara 50 tahunan sampai meninggal dunia.

Komentar

Baca juga postingan berikut:

Visi dan Misi dalam Bekerja

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)